Profil Bisnis

Sejarah SAP, Pengembang ERP Terbesar di Dunia

FILE PHOTO: The logo of German software group SAP is pictured at its headquarters in Walldorf, Germany, May 12, 2016. REUTERS/Ralph Orlowski/File Photo/File Photo

Di tengah semakin banyaknya perusahaan software secara internasional, Anda pasti penasaran, manakah perusahaan software terbesar di dunia?

Mungkin SAP adalah salah satu kandidat terbaik untuk kategori ini. Berawal dari inisiatif sekelompok mantan pegawai perusahaan teknologi terbesar di dunia, SAP kini menjadi pemain besar di industri perangkat lunak.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui sejarah SAP dan perkembangannya dari waktu ke waktu hingga menjadi salah satu perusahaan terbesar abad ini.

Sejarah SAP

SAP adalah hasil karya lima orang mantan pegawai IBM, yaitu:

  1. Dietmar Hopp
  2. Hasso Plattner
  3. Claus Wellenreuther
  4. Klaus Tschira
  5. Hans-Werner Hector
Sejarah SAP: Para Pendiri
Para pendiri SAP

Kelima orang tersebut mendirikan System Analyse Programmentwicklung (System Analysis and Program Development) yang kemudian dikenal sebagai SAP pada 1 April 1972.

Ide awal mereka adalah membuat sebuah software standar untuk perusahaan dengan dua titik fokus:

  1. Integrasi semua proses bisnis.
  2. Pemrosesan data secara real time.

Pada masa awalnya, para pendiri dan karyawan SAP seringkali duduk berdampingan dengan karyawan klien untuk memahami kebutuhan dan proses bisnis mereka.

Pada tahun 1975, mereka telah membuat 3 software yang menjadi cikal bakal kesuksesan SAP:

  1. Akuntansi Finansial
  2. Verifikasi Invoice
  3. Manajemen Inventaris

Kombinasi pemrosesan data real time, standarisasi, dan integrasi, berhasil melambungkan SAP dari sebuah perusahaan kecil menjadi salah satu pemimpin perusahaan software berskala global.

Pada tahun 1979, SAP meluncurkan software generasi kedua mereka bertajuk SAP R/2. Setahun kemudian, sekitar 80 karyawan SAP akhirnya menempati kantor pertama mereka di Walldorf, Jerman.

SAP resmi go public pada tahun 1988. Setelah mendulang sukses lewat software generasi kedua, SAP R/3 sebagai generasi ketiga pun menggebrak pasar pada tahun 1992.

Tahun 1999, SAP meluncurkan mysap.com sebagai respon terhadap internet dan ekonomi baru. Sepuluh tahun kemudian, SAP bercabang menjadi 3 target pasar masa depan:

  1. Mobile
  2. Database
  3. Cloud

Guna mempercepat langkah, SAP mengakuisisi beberapa perusahaan pesaingnya seperti Business Objects, Sybase, Ariba, SuccessFactors, Fieldglass, dan Concur.

SAP pun menjadi salah satu perusahaan yang paling cepat menggeluti bisnis cloud. Tahun 2011, SAP mendapatkan klien pertama untuk produk SAP HANA.

SAP HANA adalah teknologi yang mampu memproses analisis data yang umumnya memerlukan waktu beberapa hari atau minggu menjadi hitungan detik. Empat tahun kemudian, SAP S/4HANA diluncurkan sebagai software bisnis generasi terbaru mereka.

Saat ini, SAP menyediakan 4 solusi software utama, yaitu:

  1. Internet of Things (IoT)
  2. Machine Learning (ML)
  3. Analisis Kompleks
  4. Blockchain

Statistik SAP juga cukup mencengangkan:

  1. 238+ juta pengguna cloud, 
  2. 100+ solusi untuk semua fungsi bisnis
  3. Portofolio cloud terbesar dibandingkan provider manapun
  4. Mengoperasikan 70 data center di 37 lokasi di 17 negara

Mengenal SAP Lebih Dekat

Nama SAP berasal dari bahasa Jerman yaitu System Analyse Programmentwicklung. Jika diterjemahkan ke bahasa Inggris, kepanjangan dari SAP adalah System Analysis Program Development,

Nama korporat resmi SAP saat ini adalah SAP SE, dimana SE merupakan singkatan dari Societas Europaea.

Cara melafalkan SAP adalah dengan menyebut hurufnya satu per satu: S-A-P. Bukan dengan melafalkannya sebagai kata ‘sap’.

Software SAP

Dahulu, manajemen data di perusahaan masih terdesentralisasi ke beberapa server. Model semacam ini tentu saja menyulitkan pertukaran data antar divisi yang berbuntut ke risiko data error dan inefisiensi.

SAP hadir dengan mensentralisasikan data ke satu server. Dengan sentralisasi, semua divisi perusahaan bisa mengakses data divisi lain secara real time. Kolaborasi antar divisi pun menjadi lebih efektif dan efisien yang berujung pada peningkatan keuntungan.

Software ERP

Sejarah SAP: modul-modul ERP
Modul-modul ERP dari SAP

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. ERP merupakan gabungan dari software untuk semua proses bisnis meliputi:

  1. Pengadaan bahan baku
  2. Proses produksi
  3. Manajemen material
  4. Penjualan
  5. Pemasaran
  6. Keuangan
  7. Sumber Daya Manusia (SDM)

SAP adalah salah satu perusahaan pertama yang menghasilkan ERP berstandar industri. Reputasi SAP sebagai penyedia ERP unggul tetap bertahan sampai sekarang.

Lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai produk SAP dari salah STEM, salah satu partner SAP di Indonesia:

Apakah SAP termasuk Startup?

Saat SAP didirikan, istilah startup belum populer seperti sekarang. Bagaimana pun juga, SAP bermula dari perusahaan kecil beranggotakan 5 orang, berbasis teknologi, dan menghasilkan solusi yang inovatif. SAP memenuhi semua kriteria untuk disebut startup.

Sejak pertama kali berdiri tahun 1972, SAP terus berkembang dan menjadi salah satu perusahaan raksasa global. Saat ini, SAP menduduki peringkat 3 dalam daftar perusahaan software terbesar sedunia, di bawah Microsoft dan Oracle.

Apa yang SAP Lakukan?

SAP mengembangkan software sebagai solusi bisnis untuk perusahaan kecil, menengah, hingga korporasi besar. Mengandalkan aplikasi terstandarisasi, solusi industri, platform, dan teknologi, SAP dapat memetakan dan mendesain semua proses bisnis secara strategis.

SAP mengumpulkan dan memproses data secara lengkap, dari pembelian bahan baku sampai pengukuran kepuasan konsumen.

Klien bisa menggunakan software SAP dengan instalasi lokal di lokasi bisnis mereka sendiri ataupun mengaksesnya melalui cloud. Variasi opsi ini memberikan keleluasaan yang lebih besar untuk para klien SAP dalam menentukan model teknologi terbaik untuk mereka.

Software SAP bahkan bisa digunakan untuk membuat prediksi. Misalnya, kapan mesin harus diperbaiki atau berapa tinggi peningkatan penghasilan setengah tahun ke depan.

Lebih jauh, SAP juga mampu menggabungkan data operasional dan proses bisnis dengan data emosional seperti pengalaman pembelian dan saran pelanggan.

Kombinasi data kuantitatif dan kualitatif akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang karakteristik pelanggan. Pebisnis pun mampu membuat keputusan yang tepat berbasis data multi faktor.

SAP: Perusahaan Super Fleksibel dan Adaptif

Memperlakukan tiap klien secara personal tidaklah mudah, namun SAP berhasil melakukannya. Sebagai perusahaan penyedia software terkemuka, SAP menawarkan solusi software yang dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis dan operasional klien.

Dengan begitu, SAP mampu menyesuaikan software mereka dengan pola operasional klien, bukan sebaliknya. SAP tahu betul bahwa cara kerja setiap perusahaan pasti berbeda, sehingga software yang dibutuhkan juga pasti berbeda.

Meskipun begitu, SAP juga memiliki serangkaian software siap pakai untuk klien dengan pola operasional umum yang tidak memerlukan banyak kustomisasi. Secara rinci, jenis solusi yang ditawarkan SAP terbagi ke dalam beberapa area berikut:

  1. ERP and Finance
  2. CRM and Customer Experience
  3. Network and Spend Management
  4. Digital Supply Chain
  5. HR and People Engagement
  6. Experience Management
  7. Business Technology Platform
  8. Digital Transformation
  9. Small and Midsize Enterprises
  10. Industry Solutions

Saat ini, kantor utama SAP terletak di kota yang sama dengan kantor pertama mereka: Walldorf, Jerman. Dari kelompok kecil beranggotakan lima orang, SAP kini memiliki lebih dari 105.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia.

SAP juga terus beradaptasi dan aktif mengadopsi tren teknologi terbaru. Saat ini, SAP berfokus pada AI dan ML, serta penggunaan komputasi in-memory untuk memproses data berukuran super besar di SAP S/4HANA.

Meskipun usianya hampir genap 50 tahun, SAP terbukti mampu bertahan di tengah ketatnya kompetisi. Selama setengah abad berkiprah, SAP berhasil berkembang menjadi perusahaan internasional dan bertengger di daftar raksasa bisnis teknologi dunia.

Ke depan, kita semua berharap SAP akan terus berinovasi dan memberikan solusi software inovatif untuk meningkatkan kualitas hidup semua orang di seluruh dunia.

Profil dan Sejarah Perusahaan Lainnya

Published by Ahmat Roihan

Experienced SEO content writer & copywriter, digital marketing enthusiast, tech savvy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.