Bisnis, Software House

10 Perusahaan Software Terbesar di Dunia

Profil dan Sejarah Microsoft

Perangkat komputer mungkin tidak akan banyak berguna jika tidak ada program yang diinstalasi di atas hardware-nya. Program dan data ini biasa disebut dengan software. Perusahaan pengembang software lah yang bisnis utamanya membuat software untuk dipasarkan ke industri. Jenis software pun bermacam-macam, mulai dari software untuk hiburan (game), software untuk bisnis, maupun software untuk keamanan.

Pada artikel ini, Teknovidia merangkum perusahaan software terbesar di dunia berdasarkan pendapatan pada tahun 2019. Ranking dibuat dengan melihat pendapatan perusahaan yang berasal dari penjualan software. List ini tidak memuat perusahaan game, meskipun secara teknis game juga termasuk software.

10 Perusahaan Software Terbesar di Dunia

1. Microsoft

Penjualan software secara global US $143 miliar

Berdiri pada 1975
Kantor pusat Redmond, Washington, USA

Produk software
– Sistem Operasi
– Software Produktivitas
– Software Enterprise

Dengan pendapatan global sebesar US $143 miliar, Microsoft adalah perusahaan software terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Paul Allen dan Bill Gates pada tahun 1975. Pada awalnya, kantor pusat Microsoft terletak di Albuquerque, New Mexico, sekarang berpusat di Redmond, Washington, USA.

Microsoft telah membuat produk software dengan berbagai fungsi. Yang paling besar dan populer tentu saya sistem operasi Windows, yang telah digunakan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia. Sejauh ini menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia.

2. Oracle

Penjualan software secara global US $32.9 miliar

Berdiri pada 1977
Kantor pusat Redwood City, California, USA

Produk software
– Database Management System
– Software Enterprise
– Software as a Service

Oracle adalah perusahaan software kedua terbesar di dunia. Oracle perusahaan yang berbasis di Amerika, dengan kantor pusat di Redwood City, California. Produk Oracle yang cukup populer adalah Database Management System (DBMS) dengan nama yang sama, Oracle. Selain DBMS, Oracle juga memiliki produk software enterprise dan SaaS.

Oracle didirikan oleh Larry Ellison, Bob Miner, dan Ed Oates pada tahun 1977. Oracle meraih penjualan sebesar US $32.9 miliar secara global pada tahun 2019. Produk unggulan Oracle antara lain Oracle DB, ERP – Enterprise Resource Planning, CRM – Customer Relationship Management, HCM – Human Capital Management, dan SCM – Supply Chain Management.

3. SAP

Penjualan software secara global US $27.4 miliar

Berdiri pada 1972
Kantor pusat Walldorf, Baden-Wurtttemberg, Jerman

Produk software
– Software Enterprise
– Software as a Service

SAP, singkatan dari System, Application, and Product, adalah salah satu dari 10 perusahaan software terbaik yang tidak berasal dari Amerika. Dengan pendapatan US $27.4 miliar, SAP merupakan perusahaan software terbesar ketiga di dunia, dan nomor satu di Eropa.

SAP didirikan pada tahun 1972 oleh 5 software engineer ex-IBM. Berkantor pusat di kota kecil, Walldorf, Jerman. Produk dari SAP adalah software enterprise dan software as a service. SAP dikenal dengan produk ERP-nya, dimana mereka adalah market leader.

4. Salesforce

Penjualan software secara global US $10.5 miliar

Berdiri pada 1999
Kantor pusat San Francisco, California, USA

Produk software
– Software Enterprise
– Software as a Service

Salesforce adalah perusahaan software terbaik ke-4 di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 oleh 4 orang eksekutif ex-Oracle. Salesforce adalah perusahaan Amerika yang berbasis di San Francisco, California.

Salesforce mencapai pendapatan US $10.5 miliar pada tahun 2019. Fokus perusahaan ini adalah menyediakan solusi software enterprise, dengan spesialisasi software CRM. Dimana Salesforce adalah market leader di pasar CRM.

5. Broadcom

Penjualan software secara global US $9.1 miliar

Berdiri pada 1961
Kantor pusat Irvine, California, USA

Produk software
– Software Enterprise (melalui anak perusahaan CA Technologies)
– Software Keamanan (melalui anak perusahaan NortonLifeLock)

Broadcom sejatinya adalah perusahaan manufaktur semi konduktor. Melalui 2 anak perusahaannya, CA Technologies dan NortonLifeLock (sebelumnya bernama Symantec), juga masuk dalam industri software. Broadcom berkantor pusat di Irvice, California, Amerika.

CA Technologies menyediakan solusi software enterprise, sedangkan NortonLifeLock merupakan salah satu penyedia software keamanan terkemuka. Selain itu, Broadcom sendiri juga menjual produk software infrastruktur. Dengan berbagai macam produk software tersebut, Broadcom masuk ke dalam 5 besar perusahaan software terbaik. Pendapatan tahun 2019 adalah sebesar US $9.1 miliar.

6. Adobe

Penjualan software secara global US $9.03 miliar

Berdiri pada 1982
Kantor pusat San Jose, California, USA

Produk software
– Software Editing Grafis
– Software Desain Grafis
– Software Desain Web
– Software Editing Video

Adobe merupakan perusahaan software terkemuka dalam industri desain grafis, desain web, dan edit video. Adobe adalah market leader global di setiap kategori tersebut. Produk terkenal dari Adobe adalah Photoshop.

7. Dell Technologies

Penjualan software secara global US $9.0 miliar

Berdiri pada 2016
Kantor pusat Round Rock, Texas, USA

Produk software
– Software Enterprise (melalui VMware)
– Software Virtualisasi (melalui VMware)
– Software Keamanan (melalui Secureworks dan RSA Security)

Dell Technologies memiliki bisnis utama sebagai manufaktur komputer dan laptop. Namun, melalui anak perusahaannya, Dell ikut berpartisipasi dalam kompetisi industri software. Dell adalah pemilik saham mayoritas dari VMware, perusahaan dengan produk software enterprise dan virtualisasi. Dell juga memiliki perusahaan Secureworks, yang menawarkan solusi keamanan siber. Dan juga RSA Security, software enkripsi untuk bisnis.

8. HCL Enterprise

Penjualan software secara global US $7.5 miliar

Berdiri pada 1976
Kantor pusat Noida, Uttar Pradesh, India

Produk software
– Outsourcing Software Development
– Konsultan Software
– Software Enterprise

HCL Enterprise adalah perusahaan software lain yang berbasis di luar Amerika. HCL, yang berbasis di India, menawarkan jasa outsourcing pengembangan software, konsultasi software, dan ada produk software enterprise.

9. Intuit

Penjualan software secara global US $6.0 miliar

Berdiri pada 1983
Kantor pusat Mountain View, California, USA

Produk software
– Software Enterprise
– Software Keuangan Pribadi

Intuit, perusahaan yang berbasis di California, adalah market leader di industri software keuangan pribadi. Intuit dikenal dengan produk software akuntansi dan manajemen pajaknya. Produk dari Intuit banyak digunakan oleh UKM dan personal.

10. Fiserv

Penjualan software secara global US $5.8 miliar

Berdiri pada 1984
Kantor pusat Brookefield, Wisconsin, USA

Produk software
– Software Jasa Keuangan

Perusahaan terakhir pada list ini diisi oleh Fiserv. Perusahaan yang berbasis di Wisconsin ini, membuat produk software untuk industri jasa keuangan. Pelanggan dari Fiserv adalah perusahaan perbankan, broker sekuritas, koperasi simpan-pinjam, dan juga perusahaan umum dan UKM.


Disadur dari All Top Everything – Top 10 Largest Software Company in The World

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.