Panduan & Tips Software, Software

Software Email Marketing untuk Loyalitas Pelanggan

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan merupakan salah satu bagian terpenting dalam pemasaran suatu produk. Sebab, mempertahankan konsumen tetap produk akan menjaga stabilitas pemasukan bisnis. Tak heran, setiap perusahaan selalu mengusahakan untuk menjaga relasi dengan pelanggan melalui berbagai cara dan medium.

Di sisi lain, pilihan produk teknologi yang semakin hari semakin mumpuni membuat kegiatan komersial kini berfokus pada area digital. Misalnya dengan platform email, website, dan media sosial. Dalam hal meningkatkan hubungan dan mempertahankan loyalitas pelanggan, email marketing umumnya jadi pilihan perusahaan.

Lalu mengapa email? Coba pikirkan, tidak semua rekan Anda memiliki akun di beberapa platform media sosial. Ada yang hanya memiliki Instagram atau Facebook, namun tidak memiliki Twitter. Hal sebaliknya berlaku. Namun, email berbeda. Platform ini umumnya digunakan sebagai persyaratan utama untuk mendaftarkan media sosial dan berbagai medium komunikasi digital lainnya.

Jadi, dapat dikatakan penggunanya punya angka yang besar. Terbukti, data Statista menunjukkan bahwa pada 2019, pengguna email secara global telah mencapai 3,9 miliar. Jumlah ini pun diperkirakan bakal tumbuh menjadi 4,3 miliar pengguna pada tahun 2023. Maka, tak heran jika medium ini dipilih banyak perusahaan sebagai wahana untuk mempenetrasi pemasaran karena jangkauannya yang luas.

Email marketing dinilai sebagai saluran komersial yang efektif bagi para pebisnis di area business to business (B2B) maupun business to customer (B2C).Banyaknya perusahaan yang terpincut dengan manfaat sistem email marketing untuk meningkatkan basis pelanggannya meningkatkan pasar Software Email Marketing. Secara global, market size Software Email Marketing yang bernilai US $1.025,7 juta pada 2019 diprediksi bakal meningkat hingga US $2.275,5 juta pada 2027 dengan CAGR sebesar 10,5%.

Ditambah lagi, pandemi memaksa para pebisnis untuk bertahan dan tetap menjaga relasi dengan pelanggan tanpa kampanye secara luring. Dengan kemampuan komunikasi digital untuk menyampaikan pesan bersifat custom dan personal, Software Email Marketing menjadi medium customer engagement langsung yang efektif dan terukur bagi banyak perusahaan.

Apa itu Software Email Marketing?

Pada dunia bisnis, email marketing dapat didefinisikan sebagai strategi pemasaran digital yang dilakukan dengan mengirimkan email pada calon pelanggan maupun pelanggan yang sudah ada. Sementara Software Email Marketing sendiri merupakan perangkat yang akan membantu strategi pemasaran tersebut demi menjangkau dan menjaga hubungan bisnis Anda dengan pelanggan, mempromosikan produk, hingga meningkatkan penjualan secara efektif.

Ada sejumlah fitur dasar yang umumnya selalu dimiliki penyedia Software Email Marketing. Yang pertama adalah tool pembuat formulir untuk mengumpulkan kontak pelanggan. Lalu, kapabilitas menciptakan konten email yang menarik dan responsif. Dan yang cukup signifikan adalah fitur insight dan monitoring dari pemasaran email yang dilakukan.

Melalui fitur-fitur tersebut, sebuah bisnis akan dipermudah dalam melakukan kampanye pemasaran. Pebisnis akan dibantu mengatur dan melakukan kontrol terhadap koneksinya dengan pelanggannya via surat elektronik. Dengan begitu, loyalitas pelanggan yang sudah ada sebelumnya dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

5 Manfaat Software Email Marketing

Melalui penggunaan Software Email Marketing, sebuah bisnis bisa mendapatkan beragam manfaat yang berkaitan dengan menjalin hubungan dengan pelanggan. Beberapa manfaat tersebut yakni sebagai berikut.

1. Hemat Waktu dan Biaya

Manfaat yang satu ini terkait dengan perkembangan teknologi. Jika pada masa lalu, penawaran produk dan jasa mesti dilakukan secara langsung atau melalui media surat fisik, kini digitalisasi mengubahnya. Untuk menjangkau pelanggan yang memiliki alamat terlalu jauh, sudah pasti dibutuhkan waktu yang cukup lama. Ditambah lagi, setelah surat itu sampai, pebisnis masih perlu menunggu respons dari pelanggan tersebut.

Melalui email, penawaran produk atau layanan akan menjadi lebih efektif dan efisien. Anda dapat menjangkau pelanggan dalam hitungan detik. Tentunya ini juga akan menghemat biaya pengiriman surat secara fisik. Selain itu, pelanggan pun akan jadi lebih responsif. Kemudahan yang ditawarkan pengiriman email akan membuat pelanggan berpikir bahwa tak ada ruginya memberikan respons karena tidak membutuhkan biaya pengiriman.

2. Meminimalisasi Pesan Tak Sampai

Sebelum teknologi berkembang ke arah digital, penawaran dilakukan dengan surat fisik yang ditujukan ke alamat masing-masing pelanggan. Pada proses ini, terdapat potensi surat tersebut tidak sampai kepada orang yang dituju. Misalnya karena ketika surat penawaran produk datang, pelanggan yang dituju sedang tidak ada di tempat, dan penerima surat lupa menyampaikannya.

Dewasa ini, masyarakat telah terbiasa dengan penggunaan smartphone. Umumnya, aplikasi email sudah otomatis terunduh pada gawai tersebut pada saat pembelian. Jika pun tidak, pengunduhan aplikasi-aplikasi pada smartphone biasanya menggunakan alamat email. Hal ini memperbesar kemungkinan bahwa membuka email melalui smartphone adalah sudah umum dilakukan.

Artinya, ketika email marketing dikirimkan kepada seorang pelanggan, ia sendiri lah yang akan langsung membukanya. Apalagi, smartphone memberikan fitur notifikasi pada pembaruan dari setiap aplikasinya. Termasuk juga jika ada pesan baru di email seseorang. Tentunya hal ini bakal membuat pemasaran jadi lebih pasti dan efektif.

3. Menjangkau Banyak Tanpa Mengurangi Produktivitas

Semakin besar bisnis Anda, tentu semakin banyak jumlah pelanggan Anda. Hal tersebut berbanding lurus dengan banyak alamat yang bakal masuk dalam email list bisnis Anda. Ini berarti akan semakin sulit untuk mengirimkan ratusan, bahkan ribuan pesan elektronik setiap dibutuhkan.

Pemilihan Software Email Marketing yang tepat akan mempermudah pengiriman pesan ini. Pemasaran tetap berjalan sempurna dan produktivitas untuk pekerjaan lainnya dalam bisnis pun dapat tetap terjaga.

4. Terhubung Lebih Personal

Meski punya kelebihan dari segi teknologi, dalam hal medium digital sebenarnya ada pilihan selain Software E-mail Marketing untuk membantu pemasaran. Namun, bagi para pebisnis, terutama yang bergerak di area B2C, Software Email Marketing menjadi pilihan tepat. Sebab, software ini menawarkan kemampuan menjangkau pelanggan secara efektif dan personal. Terlebih dengan harga yang tak melulu mahal.

Personal yang dimaksud adalah Software Email Marketing mampu membantu perusahaan mengirimkan pesan maupun respons yang inovatif pada pelanggan. Pesan pada email dapat dipilah sesuai tren, serta preferensi dan perilaku pelanggan. Sebagai dampaknya, pelanggan pesan akan merasa istimewa karena pesan yang diterimanya tidak bersifat umum.

Perasaan diistimewakan akan membuat pelanggan nyaman menerima informasi dari perusahaan Anda. Lebih lanjut, jika pelanggan ataupun calon pelanggan telah merasa nyaman, pemasaran akan lebih mudah dilakukan. Sebab, mereka tidak akan menganggap penawaran bisnis Anda sebagai sekadar iklan, namun juga bentuk kepedulian akan kebutuhannya.

5. Memberi Insight Kampanye yang Dijalani

Mayoritas vendor Software Email Marketing menawarkan jasa insight kepada penggunanya. Prosesnya, software ini akan menginformasikan performa email pemasaran yang dikirimkan. Misalnya, dengan melihat pelanggan mana saja yang sudah membuka email tersebut dan meng-klik link yang disertakan dalam email tersebut.

Melalui fitur ini, Anda dengan mudah mendapatkan gambaran dari performa pemasaran yang dijalani melalui medium email. Pengetahuan terkait insight selanjutnya akan memungkinkan strategi pemasaran tersebut untuk diubah atau dilengkapi agar menjadi lebh efektif.

6. Membantu Mencari Solusi Permasalahan Klien

Tak hanya bagi pebisnis B2C, Software Email Marketing juga menawarkan manfaat penting bagi pebisnis B2B. Pebisnis yang bergerak di area ini butuh melakukan pemasaran yang mencerminkan kualitas layanan dan nilai bisnis, serta menargetkan kepercayaan pelanggan. Makanya, diperlukan layanan yang mampu menjaga bisnis mereka dari permasalahan yang mungkin muncul.

Software Email Marketing membantu pebisnis B2B mendeteksi masalah yang dihadapi terkait produk ataupun jasa yang ditawarkannya kliennya. Fitur pada software ini mampu melakukan pemantauan dan analisis terhadap data klien yang membantu untuk memahami problematiknya. Tidak hanya menemukan titik permasalahan, Software Email Marketing juga membantu pebisnis merancang solusi untuk menyelamatkan dari permasalahan tersebut.

Tips Memilih Software Email Marketing

Meski banyak pilihan di pasaran, Anda tak dapat sembarang memilih software Email Marketing untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menjatuhkan pilihan.

1. Fitur dan Tools yang Mudah Digunakan

Segala manfaat Software Email Marketing tak berarti tidak ada hal yang pebisnis harus lakukan sendiri ketika menggunakannya. Pebisnis masih perlu menyusun daftar kontak pelanggan, mengelompokkannya sesuai kategori yang diinginkan, serta mendesain layout email. Maka dari itu, pilihlah software yang Anda rasa paling sederhana dan nyaman dijalankan.

Dengan kesederhanaan aplikasi, proses pemasaran melalui email pun dapat dilaksanakan tanpa banyak membuang waktu. Selain dalam menjalankannya, akan lebih singkat pula waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya. Misalnya fitur drag-and-drop pada proses pembuatan desain tampilan teks dan gambar di email. Fitur ini menjadi salah satu fitur kesukaan pebisnis karena tidak perlu berurusan dengan kode HTML yang sulit dimengerti orang awam.

2. Bentuk Data yang Diunggah dan Diunduh

Sangat disarankan agar Anda memilih Software Email Marketing yang mempermudah pemindahan data dari dan ke komputer yang digunakan. Misalnya, aplikasi tersebut dapat melakukan impor daftar kontak secara langsung dari dokumen dengan format yang umum seperti .csv ataupun .xls. Sebaliknya, pastikan pula software tersebut dapat mengekspor data keluaran seperti analisis menjadi dokumen yang mudah Anda buka dan akses.

3. Kesesuaian Harga Software

Saat memilih Software Email Marketing, Anda juga perlu mempertimbangkan harga. Bukan hanya perihal budget perusahaan yang mencukupi, tapi mengenai kesesuaiannya dengan fitur-fitur yang dibutuhkan. Sebab, software dengan harga yang lebih mahal belum tentu lebih baik dan lebih memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Anda perlu memilih Software Email Marketing yang memiliki kapabilitas sesuai kebutuhan dan jumlah kontak pelanggan yang dimiliki perusahaan. Catatlah beberapa software yang sesuai kebutuhan perusahaan, lalu gunakan layanan free trial untuk merasakan langsung. Pengalaman tersebut akan membantu Anda memilih software yang paling sesuai dengan bisnis yang dijalani.

Published by Novelia

Lulusan sarjana dan magister dari jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, berturut-turut pada tahun 2013 dan 2017. Saat ini menjadi seorang penulis dan peneliti pada media berita online validnews.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.