Software, Software Development

15 Contoh ERD Conceptual Data Model

Setelah memahami definisi, notasi, dan cara membuat ERD, pada artikel kali ini Teknovidia akan memberikan beberapa contoh ERD. ERD pada artikel ini digambarkan pada level Conceptual Data Model. Langsung saja, mari kita pelajari beberapa contoh ERD beberapa sistem di bawah ini.

15 Contoh ERD Conceptual Data Model

1. ERD Berlangganan Netflix

Deskripsi Sistem

Sistem ini mencatat orang yang berlangganan layanan video on-deman seperti Netflix. Orang-orang ini disebut dengan Pelanggan. Pelanggan harus mengisi form pendaftaran yang berisi Email, Nama, Negara, dan Alamat. Pelanggan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Produk memiliki atribut Kode, Nama, Jumlah User, dan Harga Berlangganan. Pada saat Pelanggan berlangganan Produk, akan diterbitkan Invoice dengan atribut No. Invoice, Tgl. Terbit Invoice, Tgl. Berakhir Layanan, dan Nominal yang harus dibayar.

ERD Berlangganan Internet atau Netflix
ERD Berlangganan Netflix

2. ERD Booking Dokter Praktik

Deskripsi Sistem

Sistem mencatat proses booking pasien pada jadwal dokter praktik. Untuk melakukan booking, Pasien diminta untuk mengisi Nama, Tgl. Lahir, No. Telp, dan Alamat. Setelah terdaftar, Pasien dapat memilih Jadwal dokter. Jadwal berisi informasi Hari, Jam, dan Biaya Pemerksaannya. Informasi yang dicatat pada proses booking dari ini adalah No. Booking, Tgl. Booking, dan Jam.

ERD Booking Dokter Praktik
ERD Booking Dokter Praktik

3. ERD Booking Lapangan Futsal

Sistem ini digunakan untuk mencatat booking lapangan futsal oleh pelanggan. Pelanggan harus mengisi Nama dan No. Telp. Lapangan Futsal, terdiri dari atribut Kode Lapangan, Nama Lapangan, dan Harga Sewa per jam. Pelanggan dapat melakukan booking pada Lapangan Footsal. Pencatatan booking menyimpan informasi No. Booking, Tgl. Booking, Tgl. Pemakaian Lap. Futsal, dan Durasi Sewa.

ERD Booking Lapangan Futsal
ERD Booking Lapangan Futsal

4. ERD Kasir / Penjualan

Sistem kasir atau penjualan, mencatat transaksi pembelian dari pelanggan. Pada sistem ini data pelanggan tidak dicatat. Kasir, dengan atribut NIP (No. Induk Pegawai), Nama, No. Telp, dan Alamat melakukan input transaksi penjualan di dalam sistem. Transaksi yang diinput adalah list Produk. Produk terdiri dari atribut Kode, Kategori, Nama, Satuan, dan Harga Jual. Saat input transaksi, juga dicatat No. Transaksi, Tgl. Transaksi, dan Total Nominal Transaksi.

ERD Kasir / Penjualan
ERD Kasir / Penjualan

5. ERD Kasir Apotek / Toko Obat

Sistem Kasir Apotek / Toko Obat mencatat transaksi penjualan di Apotek maupun Toko Obat. Pelanggan yang membeli di apotek atau toko obat tidak dicatat datanya. Data yang disimpan dalam sistem adalah Kasir dan Obat. Kasir memiliki atribut NIP (Nomor Induk Pegawai), Nama, No. Telp, dan Alamat. Sedangkan Obat terdiri dari atribut Kode, Kategori, Nama, Satuan, dan Harga Jual.

ERD Kasir Apotek / Toko Obat
ERD Kasir Apotek / Toko Obat

6. ERD Laundry Pakaian

Sistem Laundry Pakaian mencatatn order dari pelanggan untuk laundry pakaian. Sistem mencatat data pakaian dengan atribut Kode dan Nama. Pelanggan juga dicatat dengan atribut No. Pelanggan, Nama, No. Telp, dan Alamat. Saat melakukan order laundry pakaian, sistem mencatat No. Order, Tgl. Order, Tgl. Selesai, Berat (kg), dan Total Harga.

ERD Laundry Pakaian
ERD Laundry Pakaian

7. ERD Pembayaran Layanan Rumah Sakit

Sistem Pembayaran Layanan Rumah Sakit ini hanya mencatat transaksi pembayaran yang dilakukan Pasien. Data Pasien dicatat dengan atribut Kode, Nama, Tgl. Lahir, No. Telp, dan Alamat. Pasien membayar layanan yang diberikan Rumah Sakit. Layanan ini terhubung dengan data Dokter. Layanan memiliki atribut Kode, Nama, dan Harga Layanan. Sedangkan data Dokter terdiri dari NIPD (No. Induk Profesi Dosen), Nama, dan Spesialisasinya. Saat pembayaran, sistem menerbitkan No. Invoice, Tgl. Invoice, dan Nominal yang harus dibayar.

ERD Pembayaran Layanan Rumah Sakit
ERD Pembayaran Layanan Rumah Sakit

8. ERD Pembayaran Restoran

Sistem Pembayaran Restoran mencatat pembayaran makanan dan minuman yang dipesan pelanggan. Data pelanggan tidak dicatat. Data yang disimpan hanya Kasir dan Menu. Kasir memiliki atribut NIP (No. Induk Pegawai), Nama, No. Telp, dan Alamat. Menu memiliki atribut Kode, Kategori, Nama, dan Harga Jual. Saat input transaksi pembayaran, sistem mencatat No. Transaksi, Tgl. Transaksi, dan Nominal yang harus dibayar.

ERD Pembayaran Restoran
ERD Pembayaran Restoran

9. ERD Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB)

Sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) digunakan untuk mencatat pendaftaran dari siswa baru. Siswa mendaftar ke sistem dengan memasukkan NISN, Nama, Tempat Lahir, Tgl. Lahir, Jenis Kelamin, Asal Sekolah, dan Nilai Unas. Data Sekolah terdiri dari Kode, Nama, Alamat, dan jumlah Kuota siswa yang diterima. Saat melakukan pendaftaran, data yang disimpan adalah No. Pendaftaran, Tgl. Pendaftaran, dan Statusnya apakah sudah diterima di suatu sekolah atau belum.

ERD Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB)
ERD Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB)

10. ERD Penyetoran Simpanan Koperasi

Sistem Penyetoran Simpanan Koperasi mencatat transaksi penyetoran simpanan. Setiap bulan Anggota wajib melakukan penyetoran simpanan. Anggota yang terdaftar memiliki atribut No. Anggota, Nama, No. Telp, dan Alamat. Data Simpanan memiliki atribut Kode, Nama, dan besar Nominal simpanan. Saat mencatat setoran dari anggota, data yang disimpan adalah No. Setoran, Tgl. Setor, dan Nominal yang disetorkan.

ERD Penyetoran Simpanan Koperasi
ERD Penyetoran Simpanan Koperasi

11. ERD Perpustakaan

Sistem Perpustakaan ini menyimpan data peminjaman Buku oleh Anggota. Anggota terdaftar di sistem dengan informasi No. Anggota, Nama, No. Telp, dan Alamat. Buku, disimpan dengan atribut Kode, Jenis, Judul, dan Harga. Saat Anggota melakukan peminjaman buku, sistem akan mencatat No. Peminjaman, Tgl. Peminjaman, Tgl. Pengembalian, dan Total Harga yang harus dibayarkan.

ERD Perpustakaan
ERD Perpustakaan

12. ERD Rencana Studi / Pemilihan Mata Kuliah

Sistem Rencana Studi atau Pemilihan Mata Kuliah menyimpan pemilihan mata kuliah oleh Mahasiswa. Mahasiswa, memiliki atribut NIM (No. Induk Mahasiswa), Nama, Tempat Lahir, Tgl. Lahir, dan Jenis Kelamin. Mata Kuliah dengan atribut Kode, Nama, dan jumlah SKS. Dan yang terakhir Dosen memiliki atribut NIDN (No. Induk Dosen Nasional), Nama, dan Jabatan.

ERD Rencana Studi / Pemilihan Mata Kuliah
ERD Rencana Studi / Pemilihan Mata Kuliah

13. ERD Rental Mobil

Sistem Rental Mobil digunakan untuk mencatat booking mobil dari Pelanggan. Data Pelanggan yang disimpan memiliki atribut No. KTP, Nama Pelanggan, No. Telp, dan Alamat. Data Mobil memiliki atribut No. Plat, Jenis Mobil, dan Harga Sewa per 4 Jam. Pelanggan dapat melakukan booking Mobil dengan mencatat No. Booking, Tgl. Booking, Tgl. Pemakaian, dan Durasi sewa mobil.

ERD Rental Mobil
ERD Rental Mobil

14. ERD Sekolah

Sistem Sekolah ini mencatat data Kelas diajar oleh Guru siapa dan Siswa-nya siapa saja. Data Siswa memiliki atribut NIS (No. Induk Siswa), Nama, Tempat Lahir, Tgl. Lahir, dan Jenis Kelamin. Guru memiliki atribut NIK (No. Induk Kepegawaian), Nama, dan Pendidikan Terakhir. Dan terakhir data Kelas memiliki atribut Kode dan Nama Kelas.

ERD Sekolah
ERD Sekolah

15. ERD Toko Online

Sistem Toko Online mencatat transaksi pembayaran Pelanggan dari Produk yang dibeli di toko online. Sebelum melakukan transaksi, Pelanggan harus mendaftar ke sistem dengan memasukkan Email, Nama, No. Telp, dan Alamat. Data Produk memiliki atribut Kode, Kategori, Nama, dan Harga Jual. Saat melakukan checkout, sistem akan menerbitkan invoice dengan atribut No. Invoice, Tgl. Invoice, Metode Pembayaran, dan Nominal yang harus dibayarkan.

ERD Toko Online
ERD Toko Online

Join grup Telegram Teknovidia yuk! Dan dapatkan insight serta koneksi baru di Industri Software & Informatika.

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta.Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution.Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *