Panduan & Tips Software, Software

Talent Management System: Definisi dan Manfaatnya

talent management system

Dalam proses rekrutmen di perusahaan, talent management system menjadi salah satu proses yang cukup penting dilakukan. Hal ini disebabkan karena kebutuhan perusahaan akan peningkatan kinerja karyawan cenderung meningkat sehingga diperlukan upaya pengelolaan karyawan yang lebih efektif dan efisien.

Bidang talent management sendiri ternyata juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat dimana hal ini berdampak pada proses penilaian talenta yang lebih bervariatif. Sebagai salah satu sistem yang memegang esensi cukup penting bagi perusahaan, maka pembahasan mengenai sistem ini sangat menarik untuk dilakukan. Untuk itu, pada artikel ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai talent management system.

Definisi Talent Management System

Sebelum beranjak pada pembahasan lebih lanjut mengenai talent management system, mungkin ada yang belum mengetahui mengenai definisi atau pengertian dari talent management system sendiri.

Talent management system merupakan sebuah sistem dimana dapat membantu kandidat karyawan agar dapat memenuhi syarat diterima dalam sebuah perusahaan. Dengan kata lain, talent management ini dapat digunakan untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh karyawan yang dapat dimanfaatkan dalam perkembangan perusahaan.

Sementara itu, program talent management adalah suatu pengaplikasian talent management sehingga perusahaan mampu melakukan penilaian yang tepat dan objektif pada masing-masing karyawan.

Dengan demikian, maka perusahaan dapat mengambil kebijakan yang tepat guna kemajuan perusahaan yang lebih maksimal. Tujuan talent management ini adalah untuk mendeteksi bakat yang terdapat pada masing-masing karyawan dimana sangat berguna dalam upaya pengembangan potensi karyawan dalam suatu perusahaan, atau pun proses rekrutmen yang berjalan efektif dan efisien.

Adapun contoh talent management dalam perusahaan adalah seperti yang dilakukan oleh praktisi HR dalam menentukan karyawan yang lolos dalam seleksi rekrutmen berdasarkan skill dan keterampilan yang memang dibutuhkan oleh perusahaan.

Talent Management System menurut Pakar

Berikut ini adalah penjelasan mengenai talent management system dari kanal Academy to Innovate HR (AIHR).

Manfaat Talent Management System

Ketika perusahaan Anda mengimplementasikan talent management system, maka perusahaan akan mendapatkan beberapa manfaat yang luar biasa bagi operasional perusahaan. Manfaat tersebut antara lain:

1. Memudahkan Proses Rekrutmen Karyawan Baru

Rekrutmen disebut sebagai proses yang cukup penting dalam perusahaan untuk mendapatkan sumber daya manusia.

Oleh karena itu, setiap perusahaan selalu menginginkan SDM dengan talent yang berkualitas dimana akan berdampak positif bagi keberlangsungan perusahaan.

Apabila perusahaan menerapkan talent management system, maka Anda akan semakin mudah dalam melakukan seleksi terhadap calon karyawan.

Hal ini dapat dilakukan dengan melacak data karyawan yang telah diterima kemudian disesuaikan dengan job desc yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan adanya penyesuaian bakat inilah perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional dimana sangat menguntungkan perusahaan. Tidak hanya itu, proses rekrutmen pun berlangsung lebih efektif dan efisien.

2. Kemudahan Akses Data Secara Tersistem dan Terintegrasi

Dengan adanya talent management system, maka setiap data akan terhubung dalam cloud dimana dapat diakses dimana saja dan kapan saja ketika Anda terhubung dengan koneksi internet.

Bahkan, seluruh data yang sudah terinput dalam sistem ini secara otomatis dapat terintegrasi pada proses Human Resource (HR) yang ada di perusahaan Anda. Ketika semua data sudah masuk dalam sistem dan saling terintegrasi, maka proses penyusunan strategi bisnis dapat menjadi lebih maksimal. Bahkan proses pengambilan keputusan dan pengelolaan bisnis dapat berjalan lebih fleksibel.

3. Menjadi Tolak Ukur dalam Mempertahankan Karyawan Terbaik

Adanya pengelolaan bakat dan talenta ini dapat digunakan untuk mengetahui seberapa besar dedikasi dan profesionalitas karyawan dalam perusahaan.

Apabila terdapat karyawan yang memiliki kinerja baik dengan skill yang mumpuni dan terus berkembang di bidangnya, maka Anda dapat mempertahankan karyawan tersebut agar terus mendukung tujuan perusahaan.

Talent management system ini dapat mempermudah Anda melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan, baik pencapaiannya atau pun kemampuan karyawan. Ketika Anda memberikan apresiasi secara tepat pada karyawan yang berdedikasi tinggi, maka Anda tidak akan dengan mudah kehilangan karyawan terbaik dalam perusahaan Anda.

4. Membantu Pemilihan Program Pelatihan yang Sesuai dengan Kemampuan Karyawan

Talent management system dapat membantu perusahaan dalam menyelenggarakan training seperti apa yang cocok bagi karyawan dalam perusahaan.

Sistem talent management diketahui mampu mengumpulkan data yang berkaitan dengan keterampilan pada masing-masing karyawan sehingga perusahaan akan lebih mudah untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki tersebut agar lebih optimal dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Pemberian training yang relevan dengan keterampilan yang dimiliki dapat meningkatkan kemampuan karyawan dalam perusahaan sehingga kualitas karyawan pun meningkat dimana mampu mendukung perusahaan agar lebih berkembang secara optimal.

5. Meningkatkan Engagement antara Karyawan dengan Manajer

Adanya talent management system ini dapat memudahkan Anda sebagai manajer dalam mengetahui detail setiap bakat dan kemampuan dari masing-masing karyawan.

Dengan demikian, maka Anda dapat memaksimalkan kontribusi dari setiap karyawan sesuai dengan bakat yang dimilikinya sehingga mampu terakomodasi dengan baik.

Adanya sistem ini juga dapat meningkatkan engagement antara manajer dengan karyawan yang dimilikinya, terutama yang berkaitan dengan perkembangan jenjang karir karyawan.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menerapkan talent management system dalam perusahaan yang Anda kelola. Dengan adanya talent management maka sumber daya manusia dalam perusahaan dapat terkelola dan terakomodasi dengan baik.

Tips Menerapkan Talent Management System secara Efektif

Apabila Anda seorang praktisi HR, tentu tidak asing dengan istilah talent management. Penerapan talent management system ini tidak selalu berhasil sepenuhnya.

Pasti sering juga ditemukan kasus bahwa pengelolaan SDM dalam perusahaan belum sesuai dengan harapan dan perencanaan sebelumnya.

Untuk itulah, berikut akan disampaikan mengenai tips menerapkan talent management system secara efektif agar dapat mencapai keberhasilan dalam pengelolaan SDM di perusahaan.

1. Melakukan identifikasi talent karyawan secara tepat

Ketika Anda melakukan proses seleksi atau rekrutmen, Anda harus melakukan proses asesmen dengan tepat dimana memandang karyawan secara objektif, bukan subjektif. Selain melihat skill yang dimiliki, Anda juga dapat mempertimbangkan kemampuan beradaptasi terhadap visi misi perusahaan.

2. Pengawasan ketat pada perkembangan program talent

Ketika perusahaan menerapkan talent management system, monitoring dan evaluasi harus dilakukan secara berkala, tentu saja dengan komitmen yang tinggi juga. Perusahaan juga dapat melibatkan peran C-level executive dalam perusahaan sebagai penanggung jawab program. Tidak hanya itu, kerja sama juga harus terjalin dengan baik pada setiap personil sehingga proses talent management ini dapat berjalan optimal.

3. Perhitungan Generation Gap

Talent management juga harus mempertimbangkan generation gap sehingga perusahaan lebih ketat dalam upaya menyeleksi, mengelola, atau pun mempertahankan generasi berikutnya. Agar kinerja karyawan berjalan lebih efisien, memang lebih baik mengelompokkan karyawan sesuai generasi agar tidak terjadi gap yang akan menghambat produktivitas perusahaan.

4. Mengoptimalkan pelatihan, pengembangan, dan penilaian

Setelah mengetahui skill yang dimiliki oleh masing-masing karyawan, Anda dapat mengoptimalkan mengenai pelatihan yang akan diberikan kepada karyawan agar mereka dapat mengembangkan diri. Selain memberikan ilmu dan pelatihan, Anda juga dapat melakukan penilaian kinerja dimana pada akhirnya dapat dilakukan jenjang karir pada karyawan yang memiliki progress diri.

5. Mempersiapkan Succession Plan

Dalam program talent management, Anda juga harus memiliki rencana sukses dalam pengelolaan sumber daya manusia. Misalnya saja pada posisi senior yang dulunya merupakan sosok yang berkompeten dan berdedikasi, maka ketika jabatannya sudah lengser atau pun sudah keluar dari perusahaan, Anda harus memiliki succession plan yang tepat dimana memilih kandidat yang benar-benar tepat untuk mengisi posisi tersebut. Jangan sampai, Anda memilih kandidat yang tidak memiliki visi dan misi yang sama dengan tujuan perusahaan.

Demikian, pembahasan mengenai talent management system yang harus diterapkan dalam perusahaan agar proses pengelolaan sumber daya manusia dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Agar perusahaan dapat berkembang lebih optimal, Anda dapat mengikuti tips yang telah dipaparkan sebelumnya dimana mampu menjadi referensi bagi Anda terutama praktisi HR dalam proses penerapan talent management agar dapat mencapai keberhasilan.

Artikel tentang Software Bisnis Lainnya

Published by Blogger Firaun

Keberadaan Blogger Firaun ini dimaksudkan untuk memberikan manfaat bagi para pembaca. Postingan Blogger Firaun meliputi dunia internet marketing dan info lainnya yang dipandang menarik oleh admin Blogger Firaun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.