Profil Bisnis

Profil dan Sejarah Perusahaan OPPO

Profil perusahaan OPPO

Profil dan sejarah perusahaan OPPO – Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana pabrikan smartphone asal Tiongkok merajai pasar ponsel Asia Tenggara dan mengubah citra produk Cina untuk selamanya.

OPPO adalah salah satu merek ponsel pintar favorit di tanah air. Klaim ini bukannya tanpa dasar. Data membuktikan bahwa OPPO pernah menjadi smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia.

Tidak hanya itu, OPPO juga merevolusi industri Tiongkok, khususnya di sektor teknologi. OPPO termasuk ahli dalam menganalisa tren pasar dan mengubahnya menjadi produk smartphone dengan fitur terkemuka.

Mari kita jelajahi sejarah OPPO sejak pertama berdiri sampai sekarang, lengkap dengan lini produk dan penghargaan yang berhasil diraihnya.

Profil Perusahaan OPPO

Kantor pusat OPPO di Shenzen, Cina. Sumber: CnTechPost

Company profile OPPO adalah sebagai berikut:

  • Nama perusahaan: OPPO Electronics Corp. / Guangdong OPPO Mobile Telecommunications Corp., Ltd
  • Perusahaan induk: BBK Electronics
  • Industri: Elektronik Konsumen
  • Tanggal berdiri: 10 Oktober 2004
  • Pendiri: Tony Chen
  • Kantor pusat: Dongguan, Guangdong, Tiongkok
  • Area operasi: Global
  • Tokoh kunci: Tony Chen (pendiri sekaligus CEO)
  • Produk: Smartphone, Televisi Pintar, Hi-fi, Teater Rumah, dan Audio Visual
  • Website: www.oppo.com/id
  • Jumlah karyawan: 40.000
  • Anak usaha: OnePlus

Sejarah OPPO

OPPO adalah perusahaan teknologi yang berkiprah sejak era pra-smartphone. Berbagai macam produk pun pernah dijajal OPPO. Walaupun mengalami banyak kesulitan untuk penetrasi pasar, OPPO akhirnya sukses menjadi produsen smartphone papan atas sampai sekarang.

Tony Chen, pendiri dan CEO OPPO

Sejarah OPPO sejak berdiri tahun 2004 adalah sebagai berikut:

  • 2004: OPPO didirikan oleh Tony Chen pada tanggal 10 Oktober 2004.
  • 2005: OPPO meluncurkan produk pemutar MP3. Pada masa itu, iPod mendominasi pasar MP3 player global. Bahkan Zune milik Microsoft tak mampu menandingi kedigdayaan Steve Jobs dan kawan-kawan.
  • 2008: ponsel pertama bernama Smiley Face diluncurkan. Sekilas, desainnya mirip dengan ponsel jadul Sony Ericsson.
  • 2009: Peluncuran produk perdana di Thailand, sekaligus sebagai upaya ekspansi pertama OPPO.
  • 2011: OPPO merilis ponsel pintar (smartphone) pertama bernama Find. Produk ini mendapat dukungan dari Leonardo DiCaprio.
  • 2012: smartphone OPPO U701 diluncurkan dengan fitur ‘face beautification’ alias mempercantik wajah. Sejak saat itulah tren fitur kamera dan aplikasi beautification menjadi terkenal.
  • 2013: OPPO memperkenalkan sistem operasi baru bernama ColorOS. Sistem operasi inilah yang memperkuat smartphone OPPO sampai sekarang.
  • 2013: OPPO N Series diluncurkan sebagai smartphone pertama di dunia dengan kamera berputar.
  • 2014: teknologi pengisian cepat (fast charging) milik OPPO bernama VOOC diluncurkan.
  • 2016: OPPO masuk dalam 4 besar penguasa pangsa pasar global.
  • 2018: OPPO Find X diluncurkan sebagai smartphone layar penuh pertama di dunia. Peluncuran dilakukan di Louvre, Paris.
  • 2019: OPPO menjadi produsen smartphone 5G pertama di pasar Eropa.
  • 2020: OPPO Find X2 Series diluncurkan sebagai smartphone 5G unggulan dengan layar terdepan. Pada tahun yang sama, OPPO memperkenalkan OPPO X 2021, smartphone konsep pertama dengan tampilan yang dapat digulung.
  • 2020: OPPO menjajal pasar smart-wearable dengan meluncurkan OPPO Watch.
  • 2021: OPPO Find X3 Pro diluncurkan dengan kamera ganda 1 miliar warna.

Sejarah OPPO di Indonesia

Walaupun berdiri sejak 2004, OPPO baru memasuki pasar Indonesia pada tahun 2013. Profil perusahaan OPPO Indonesia pun mempunyai versi tersendiri dengan kiprah yang tidak kalah menarik.

Sejarah OPPO di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. OPPO Masuk Indonesia Tahun 2013

Pada bulan April 2013, OPPO memulai penetrasi ke pasar Indonesia dengan memperkenalkan OPPO Find 5. Sebelum adanya OPPO, image produk Cina di Indonesia cenderung negatif. Produk pabrikan Cina dikenal sebagai produk murah dengan kualitas relatif di bawah ekspektasi dan kurang awet.

OPPO Find 5. Sumber: PhonesData

OPPO melawan stigma ini. Alih-alih memproduksi smartphone murah berkualitas rendah, OPPO justru menawarkan smartphone premium dengan kualitas dan spesifikasi mumpuni.

2. OPPO Bukan Brand Murahan

Sejak pertama kali masuk ke Indonesia, OPPO sudah mengusung smartphone flagship dengan prosesor terbaik di masanya. Upaya ini rupanya membuahkan hasil. OPPO berhasil menjadi produsen smartphone Tiongkok terlaris kedua di Indonesia.

Setelah sukses dengan Find 5, OPPO kemudian merilis seri baru bertajuk Find Way. Walaupun harganya di bawah Find 5, namun OPPO Find Way tetap termasuk mahal dibandingkan produk smartphone lainnya. OPPO percaya diri dengan kemampuannya memproduksi dan memasarkan smartphone flagship di saat produsen lain berlomba-lomba memproduksi ponsel murah.

3. Persaingan Ketat 2014

Kompetitor pun mengikuti jejak OPPO dengan memproduksi smartphone kelas menengah. Pada masa itu, ponsel murah sudah tidak semenarik sebelumnya. Masyarakat lebih mengutamakan kualitas, fitur, dan prestige daripada harga.

Di tengah derasnya gempuran dari kompetitor, OPPO justru semakin agresif memproduksi smartphone flagship. Kali ini lewat seri OPPO N1 dengan fitur kamera putar yang dapat membantu pengguna untuk selfie. Flagship ini dibanderol dengan harga sekitar 7 juta rupiah.

4. OPPO Memproduksi Smartphone Kelas Menengah

Karena pangsa pasar smartphone premium adalah kalangan menengah ke atas, OPPO pun mulai melirik konsumen kelas menengah yang jumlahnya lebih besar. Tahun 2015, OPPO mulai serius menggarap ponsel untuk pasar menengah.

Inisiatif ini menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia. Berkat OPPO, akses ke smartphone berkualitas pun terbuka lebar dengan harga yang tetap ramah di kantong.

5. OPPO Sang “Selfie Expert”

OPPO tidak hanya mahir memproduksi ponsel pintar. Kepekaan OPPO dalam membaca tren pasar dibuktikan lewat jargon “Selfie Expert”. Ya, pada masa itu masyarakat Indonesia memang sedang gandrung selfie.

OPPO Selfie Expert. Sumber: Tech Reviews YouTube

Contoh produk andalan OPPO Selfie Expert adalah seri F1. OPPO F1 mengunggulkan kualitas kamera tanpa mengurangi spesifikasi dan estetika desain. Dengan kamera utama 13 Megapixel dan sensor F/2.2, OPPO F1 mampu menangkap lebih banyak cahaya untuk hasil jepretan yang mengagumkan.

6. Menjuarai Pasar Indonesia 2021

Dari tahun ke tahun, Samsung sudah lama menguasai pasar ponsel Indonesia. Masuknya OPPO merupakan ancaman besar bagi Samsung dan produsen lain yang sudah lama mapan.

Pangsa pasar smartphone di Indonesia pada Q1 2021. Sumber: Selular

Hal ini terbukti lima tahun kemudian: OPPO menjadi juara pasar Indonesia versi Canalys dengan menguasai 24% pasar. Sedangkan Samsung harus tergeser ke urutan kedua dengan 19%.

Namun data Canalys berbeda dari data Counterpoint. Versi Counterpoint, OPPO berada di urutan ketiga dengan penguasaan pasar 17%. Samsung tetap juara dengan 27%, dan Xiaomi menjadi runner-up dengan persentase 21%.

Penghargaan yang Diterima OPPO

Sepanjang kiprahnya di Indonesia dan dunia, OPPO berhasil menyabet berbagai penghargaan bergengsi, di antaranya:

  1. Juara Indonesia Top 5 Smartphone Vendors Q1 2021 dengan market share 24% versi Canalys.
  2. Juara 2 Top 5 Merk Smartphone Indonesia Q4 2020 dengan market share 23,2% versi IDC.
  3. Reno5 5G terpilih menjadi Best 5G Smartphone di ajang Selular Award 2021.
  4. Reno5 terpilih menjadi Best Camera Smartphone di ajang Selular Award 2021.
  5. A74 terpilih menjadi Most Valuable Smartphone di ajang Selular Award 2021
  6. Find X3 Pro terpilih menjadi Smartphone of The Year di ajang Selular Award 2021.
  7. Superbrands 2021 Kategori Smartphone.
  8. Customer Experience Champions 2021 Kategori Smartphone.
  9. EISA Best Product Advanced Smartphone 2021-2022.

Demikianlah profil perusahaan OPPO beserta sejarahnya di dunia dan Indonesia, serta deretan penghargaan yang berhasil diraihnya.

Published by Ahmat Roihan

Experienced SEO content writer & copywriter, digital marketing enthusiast, tech savvy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.