Review Kledo, Software Akuntansi Gratis untuk Mengelola Keuangan

Tidak banyak software akuntansi Indonesia yang menawarkan paket gratis. Kledo salah satunya. Kledo adalah software akuntansi yang menyediakan paket gratis, dikembangkan oleh PT Kledo Berhati Nyaman yang berkantor pusat di Yogyakarta.

Baca juga

Saat ini Kledo telah digunakan lebih dari 10.000 perusahaan dari berbagai industri di Indonesia. Berikut ini beberapa testimoni dari beberapa pelanggan Kledo:

“Buat bisnis yang baru banget berdiri, Kledo banyak banget membantu. Fitur-fiturnya yang lengkap dan simpel membuat kami yang bukan dari background akuntansi jadi mudah memahami.”

ferry, co-founder kerjoo
Testimoni dari Ferry, Co-Founder Kerjoo, tentang Kledo

“Tampilan Kledo sederhana, membuat kami jadi lebih mudah mengelola keuangan. Fitur-fitur Kledo juga lengkap, kami bisa mencatat orderan yang masuk di sana, mencatat pembayaran, sampai kami juga bisa membuat invoice untuk customer yang belum bayar.”

adi, founder niffly jewelry
Testimoni dari Adi, Founder Niffly Jewelry, tentang Kledo

“Customer support Kledo menjelaskan dengan sangat jelas dan mudah dimengerti. Ternyata pakai software akuntasi nggak sesulit yang kami kira.”

Ana, owner batik lurik
Testimoni dari Ana, Owner dari Batik Lurik, tentang Kledo

Pada artikel kali ini, Teknovidia akan melakukan review mulai dari proses pendaftaran, fungsional, dan paket harga yang ditawarkan oleh Kledo. Mari kita simak.

Daftar dan Membuat Akun Baru

Untuk mendaftar dan membuat akun baru Kledo, Anda dapat mengakses alamat https://kledo.com/daftar/. Di halaman ini, Anda harus memilih paket dan mengisi informasi akun seperti di bawah ini.

Daftar dan membuat akun software akuntansi gratis Kledo

Gunakan kode kupon teknovidia dan dapatkan diskon 15% untuk pembayaran 1 tahun

Untuk paket, pilih Paket Gratis Selamanya. Kemudian, untuk nomor HP dan alamat email, sebaiknya Anda mengisi dengan data yang valid, karena password akun akan dikirimkan via WA dan email. Setelah mendaftar, Anda akan menerima pesan WA dan email yang berisi password akun Anda.

Login Kledo

Halaman login Kledo

Setelah menerima pesan yang berisi password akun Anda, silakan akses halaman login di alamat berikut: https://app.kledo.com. Tampilan halaman login seperti di atas. Masukkan email dan password Anda untuk mengakses aplikasi Kledo.

Setup Kledo

Halaman setup Kledo

Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi Kledo, untuk pertama kali Anda diminta untuk melakukan setup. Tujuan dari setup ini adalah agar Kledo dapat menyesuaikan menu sesuai dengan karakteristik bisnis Anda. Beberapa hal yang ditanyakan oleh Kledo pada setup awal ini antara lain:

1. Apakah Anda mengatur stok dan inventory? – jika perusahaan Anda bergerak di bidang perdagangan barang, maka jawab pertanyaan ini dengan YA. Jika perusahaan Anda bergerak di bidang jasa, pilih TIDAK.

2. Apakah Anda membuat surat penawaran ke pelanggan? – surat penawaran biasanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang B2B. Apabila perusahaan Anda mengirim surat penawaran sebelum menjual produk, maka pilih YA. Jika transaksi lebih banyak terjadi dari pemesanan pelanggan, maka pilih TIDAK.

3. Apakah Anda membuat Purchase Order (PO) ke supplier? – Purchase Order atau PO biasanya dibuat ketika perusahaan Anda memesan barang ke supplier. PO biasanya digunakan di bisnis yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi barang (distributor). Jika perlu membuat PO maka pilih YA, selain itu pilih TIDAK.

4. Apakah Anda memerlukan surat jalan? – surat jalan adalah dokumen yang dibawa oleh kurir saat mengirimkan barang. Jika perusahaan Anda bergerak di bidang perdagangan barang dan membutuhkan surat jalan ini, maka pilih YA. Jika bisnis bergerak di bidang jasa, pilih TIDAK.

Setelah menjawab 4 pertanyaan setup awal tersebut, Kledo akan mengatur menu aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu Anda dapat fokus pada menu yang sesuai dengan model bisnis perusahaan Anda.

Data Demo dari Kledo

Pada saat awal penggunaan, sistem sudah berisi data yang disediakan oleh Kledo. Data ini disebut dengan data demo. Tujuan dari data demo ini adalah untuk membantu Anda mengenal dan memahami cara kerja aplikasi Kledo.

Setelah Anda mulai terbiasa dan memahami sebagian besar fungsi Kledo, data demo dapat dihapus. Untuk menghapus data demo, akses menu berwarna kuning di sebelah kiri seperti gambar di bawah ini.

Halaman untuk menghapus data demo

Penjelasan Menu di Kledo

1. Beranda. Pada menu Beranda ini, Anda dapat melihat dasbor bisnis. Dasbor bisnis berisi visualisasi grafik dari berbagai aktivitas akuntansi perusahaan, seperti kinerja kas, tagihan pelanggan, saldo bank, tagihan supplier, giro, biaya operasional, neraca saldo, arus kas, neraca, laba rugi, dan penjualan. Grafik sudah disiapkan oleh Kledo. Namun, Anda dapat mengubahnya jika dibutuhkan.

2. Penjualan. Menu penjualan digunakan untuk membuat penawaran penjualan, mencatat pesanan penjualan, mengelola tagihan, dan membuat dokumen pengiriman.

3. Pembelian. Menu pembelian digunakan untuk membuat penawaran pembelian, membuat dokumen pesanan pembelian, mengelola pesanan pembelian, dan membuat dokumen penerimaan pembelian.

4. Biaya. Menu ini digunakan untuk mengelola biaya operasional perusahaan.

5. Produk. Anda dapat mengatur data produk pada menu ini.

6. Inventori. Menu inventori digunakan untuk mengelola gudang inventori, melihat stok, dan melihat riwayat keluar-masuknya inventori di setiap gudang.

7. Laporan. Menu laporan digunakan untuk melihat Laporan Keuangan secara umum, dan laporan-laporan pendukung bisnis lainnya. Kledo menyediakan lebih dari 30 laporan bisnis. Beberapa laporan pendukung bisnis ini antara lain:

  • Laporan terkait Penjualan
  • Laporan terkait Pembelian
  • Laporan terkait Biaya
  • Laporan terkait Pajak
  • Laporan terkait Inventori
  • Laporan terkait Aset Tetap
  • Laporan terkait Produksi
  • Laporan terkait Anggaran

8. Kas & Bank. Menu ini digunakan untuk mengelola rekening bank dan mencatat keluar masuknya uang melalui kas maupun bank.

9. Akun. Menu ini digunakan untuk mengatur Chart Of Account (COA) perusahaan.

10. Aset Tetap. Menu ini digunakan untuk menginventarisasi aset tetap. Dengan mendaftarkan aset tetap pada menu ini, Kledo akan secara otomatis menghitung depresiasi dan mencatatnya di jurnal.

11. Kontak. Menu ini digunakan untuk menyimpan data Contact Person (CP) dari Supplier, Pelanggan, maupun Pegawai internal perusahaan.

12. Pengaturan. Menu ini digunakan untuk mengatur sistem Kledo. Menu ini akan saya bahas lebih detail di bawah.

Panduan Penggunaan Kledo

Jika Anda masih belum familiar menggunakan Kledo atau software akuntansi secara umum, Kledo menyediakan panduan yang sangat bermanfaat. Ini adalah salah satu kelebihan Kledo dibandingkan software akuntansi yang lain. Kledo menyediakan 2 macam panduan pengguna, yaitu dalam bentuk TUR dan VIDEO.

Tampilan dari panduan TUR adalah seperti di bawah ini. Pengguna dipandu step-by-step dalam mengoperasikan sebuah menu.

Panduan Tur dari Kledo

Sedangkan untuk panduan video, Kledo memiliki kanal YouTube yang berisi tips dan tutorial penggunaan Kledo. Anda dapat mengakses video ini dari menu yang sedang Anda buka, sehingga tidak perlu mengakses YouTube terlebih dahulu. Mudah sekali.

Pengaturan Sistem

Untuk menyesuaikan Kledo dengan proses bisnis perusahaan Anda, sudah disediakan menu Pengaturan Sistem. Saya tidak akan membahas satu per satu apa saja yang dapat diatur di menu ini. Ada beberapa fungsional yang menjadikan Kledo berbeda dengan software akuntansi yang lain. Berikut di antaranya.

1. Layout Invoice

Kledo memungkinkan Anda untuk mendesain layout invoice agar sesuai dengan nuansa dan brand perusahaan. Kledo juga sudah menyediakan template cantik siap pakai untuk berbagai ukuran kertas. Mulai dari A4, dot matrix full, dot matrix half, struk, dan A5.

Beberapa template invoice cantik siap pakai dari Kledo

2. Audit

Menu Audit menyediakan riwayat input dan modifikasi data yang terjadi di dalam sistem. Siapa yang melakukan, kapan mengerjakan, dan transaksi apa yang diinput, semua dapat diakses di menu ini.

3. Konsolidasi

Kledo memungkinkan pengguna untuk membuat laporan keuangan konsolidasi. Pada menu ini Anda dapat menggabungkan transaksi keuangan dari beberapa perusahaan yang tercatat di Kledo.

4. Template WhatsApp

Kledo memiliki fitur pengirimn invoice melalui aplikasi WA. Template pesan yang dikirimkan ke pelanggan, dapat Anda atur pada menu ini.

5. Open API

API adalah sebuah ‘jembatan’ untuk menghubungkan aplikasi yang satu dengan yang lain. Dengan adanya API ini, Kledo dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain di perusahaan Anda. Dengan mengintegrasikan aplikasi, Anda dapat mengurangi pekerjaan manual.

6. Marketplace Connect

Kledo memiliki fitur yang akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki bisnis online. Kledo sudah dapat diintegrasikan dengan beberapa marketplace besar di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

7. WooCommerce Integration

Selain integrasi dengan marketplace, Kledo juga dapat dihubungkan dengan WooCommerce. WooCommerce adalah platform toko online berbasis WordPress yang cukup populer. Dengan adanya integrasi ini, bagi Anda pengguna WooCommerce, tidak perlu repot lagi melakukan pembukuan secara manual.

Paket dan Harga Kledo

Paket dan harga Kledo

Kledo menawarkan 3 paket software akuntansi, yaitu:

1. Paket Free – Gratis

Fitur-fitur yang akan Anda peroleh jika menggunakan Paket Free adalah:

  • Untuk 1 user
  • Monitor Biaya Pengeluaran
  • Penjualan dan Pembelian
  • Monitor Saldo Kas dan Bank
  • 10 Laporan Keuangan dan Bisnis
  • Auto Update

Paket Free ini cocok untuk:

  • Freelancer dan bisnis jasa
  • Bisnis pemula dengan stok yang masih sedikit

2. Paket Pro – Rp129.900 per bulan

Fitur-fitur yang akan Anda peroleh jika menggunakan Paket Pro adalah:

  • Semua fitur Paket Free
  • Untuk 3 user
  • 2 Gudang
  • Alur bisnis lengkap
  • Manajemen Stok
  • Aset Tetap
  • Inventori Multi-Gudang
  • 35 Laporan Keuangan dan Bisnis
  • Multi-Cabang, Multi-Bisnis, Multi-Outlet, dan Multi-Proyek
  • Produk Paket
  • Pembatasan hak akses
  • Auto Backup
  • 24/7 Support

Paket Pro ini cocok untuk:

  • Perusahaan yang mulai tumbuh
  • Perusahaan multi-cabang, multi-outlet, atau multi-proyek
  • Memiliki tidak lebih dari 2 gudang
  • Menjual produk paket / assembly

3. Paket Elite – Rp189.900 per bulan

Fitur-fitur yang akan Anda peroleh jika menggunakan Paket Elite adalah:

  • Semua fitur paket Pro
  • Untuk 5 user
  • 5 Gudang
  • Konsolidasi Laporan Keuangan
  • Produk Manufaktur
  • Budgeting
  • Konversi Satuan
  • Harga bertingkat
  • Diskon per Kontak dan Diskon per Produk

Paket Elite ini cocok untuk:

  • Perusahaan besar dengan anak perusahaan
  • Memiliki 3-5 gudang
  • Perusahaan manufaktur
  • Membutuhkan fitur anggaran
  • Perusahaan distributor yang menerapkan harga bertingkat dan diskon per pelanggan atau produk

Kode Referral Kledo

Gunakan kode kupon teknovidia dan dapatkan diskon 15% untuk pembayaran 1 tahun

Artikel terkait Software Akuntansi

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA