Panduan & Tips Software, Software

Harga Software Akuntansi: Accurate, Zahir, Jurnal.id, dan Lainnya

Harga adalah salah satu faktor penting dalam memilih software akuntansi. Ada banyak penyedia software akuntansi yang secara jelas mempublikasikan harganya di website. Namun, ada juga yang hanya memberikan jika ada permintaan, sesuai dengan kebutuhan modul dari klien.

Pada artikel kali ini, Teknovidia akan memberikan panduan dan daftar harga software akuntansi di Indonesia.

Apa itu Software Akuntansi

Software akuntansi adalah sebuah aplikasi untuk mengelola keuangan perusahaan, seperti transaksi arus kas dan bank, tagihan (billing) dan invoice, hutang-piutang, anggaran, dan laporan keuangan. Selain fungsi utamanya untuk mengelola keuangan, ada beberapa produk software akuntansi yang juga memberikan tambahan modul pendukung. Beberapa modul pendukung yang biasanya ditawarkan antara lain: manajemen inventori, payroll (penggajian), pajak, manajemen aset, dan lainnya.

Baca juga

Jenis Software Akuntansi

Berdasarkan teknologi yang digunakan, software akuntansi dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok. Tergantung jenisnya, harga software akuntansi bisa berbeda-beda rentangnya. Oleh karena itu mari kita pahami terlebih dahulu apa saja jenis software akuntansi yang beredar di pasar.

1. Software Akuntansi berbasis Desktop

Software akuntansi berbasis desktop adalah software akuntansi yang harus diinstalasi di perangkat komputer Anda, baik itu PC maupun laptop.

Sebelum tahun 2015, penyedia software akuntansi hampir semuanya menggunakan model ini. Sekarang, lebih banyak beredar software akuntansi online atau cloud.

Namun, bukan berarti software akuntansi berbasis desktop ini sudah tidak ada. Masih ada beberapa pengembang yang menyediakan software akuntansi jenis ini. Beberapa contoh software akuntansi berbasis desktop ini antara lain: Accurate, Zahir, Myob, dll.

Software akuntansi berbasis desktop ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis toko kelontong, toko grosir, toko bangunan, dll.

2. Software Akuntansi berbasis Web (Online / Cloud)

Di awal tahun 2010-an, ada beberapa pengembang software akuntansi yang mulai menawarkan software akuntansi berbasis web. Kemudian, software akuntansi jenis ini mulai marak di tahun 2013-2015. Pengembang yang dulu membuat software akuntansi berbasis desktop, mulai meluncurkan yang berbasis web.

Software akuntansi jenis ini juga biasa disebut software akuntansi online atau cloud. Hal ini dikarenakan untuk menggunakan software akuntansi ini, harus berada dalam kondisi online, ada akses internet.

Saat ini software akuntansi online merupakan produk yang lebih populer. Namun, beberapa pengguna yang kesulitan mendapatkan akses internet, bisa tetap menggunakan software akuntansi berbasis desktop.

Beberapa contoh software akuntansi online ini antara lain: Jurnal, Kledo, Paper, dan lainnya.

Baca juga

3. Software Akuntansi Aplikasi Mobile

Yang terakhir adalah software akuntansi yang berbentuk aplikasi mobile. Software akuntansi jenis ini harus diinstalasi di perangkat mobile Anda. Jika software akuntansi berbasis web harus menggunakan internet, maka aplikasi mobile ini ada yang dapat digunakan meskipun tidak ada akses internet sekali pun. Selain itu, software akuntansi aplikasi mobile ini lebih mudah diakses karena perangkat HP biasanya selalu dalam genggaman Anda.

Beberapa pengembang software akuntansi berbasis web, juga membuat versi aplikasi mobile-nya. Namun, ada juga software akuntansi aplikasi mobile yang hanya tersedia untuk perangkat HP, seperti Akuntansiku, Akuntansi UKM, BukuKas, dan lainnya.

Model Harga Software Akuntansi

Pengembang software akuntansi biasanya menggunakan 2 model harga berikut: perpetual (beli putus, sekali bayar) dan subscription (berlangganan).

Model harga perpetual, lebih umum dikenal dengan istilah beli putus, atau sekali bayar. Model ini banyak digunakan sebelum adanya software akuntansi online. Pengguna membayar lisensi sekali saja di depan, tapi itu hanya untuk satu versi. Jika ada versi baru yang diluncurkan, maka harus membayar lagi.

Model yang kedua adalah subscription, berlangganan. Pengguna harus membayar biaya berlangganan secara periodik, apakah bulanan atau tahunan. Software akuntansi online hampir semua mengadopsi model harga ini. Berbeda dengan perpetual, pengguna akan selalu memperoleh versi terbaru dari software akuntansinya.

Daftar Harga Software Akuntansi Online Indonesia

Di bawah ini, kami akan memberikan tabel harga beberapa software akuntansi online dari Indonesia.

Mengapa hanya software akuntansi online? Saat ini, software akuntansi online adalah yang paling populer. Selain itu, software akuntansi online harganya dipublikasikan secara umum, sehingga kita dapat dengan mudah membandingkannya.

Oke, mari kita lihat perbandingan harganya berikut ini. Kami mengurutkannya dari yang menawarkan harga paling murah. Harga yang tercantum adalah harga berlangganan per bulan.

No.Nama Software AkuntansiHarga Paket
Starter
Harga Paket
Standar
Harga Paket
Enterprise
1.PaperGratisRp16.333
2.Akun.bizGratisRp18.000
3.ChatatGratisRp25.000
4.KledoGratisRp129.900Rp189.900
5.Zahir OnlineRp108.900Rp641.000Rp870.000
6.SISCOM OnlineRp135.000Rp165.000Rp215.000
7.BeeCloudRp149.000Rp297.000Rp479.000
8.FinataRp190.000Rp490.000Rp590.000
9.Harmony AccountingRp199.000Rp299.000Rp399.000
10.Jurnal.idRp199.000Rp399.000Rp599.000
11.Accurate OnlineRp220.000

FAQ: Beberapa Pertanyaan terkait Harga Software Akuntansi

1. Mengapa Harga Software Akuntansi Berbeda-beda?

Harga software akuntansi online yang ditawarkan memang berbeda-beda antar pengembang. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain: kelengkapan fitur atau fungsionalitas, adanya modul tambahan, dukungan implementasi dan training, dan kualitas dukungan pelanggan (customer support).

2. Mengapa Ada yang Menawarkan Gratis?

Ada beberapa pengembang software akuntansi online yang menawarkan paket gratis. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari pengembang pada bisnis UKM di Indonesia. Selain itu, dengan adanya paket gratis dapat menarik lebih banyak pelanggan untuk menggunakan layanan mereka.

3. Apakah Saya dapat Memperoleh Diskon?

Jika Anda membayar biaya berlangganan selama 1 tahun di depan, akan ada diskon biaya berlangganan untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kode voucher promo yang biasanya dibagikan pada event-event tertentu (tahun baru, hari kemerdekaan, harbolnas, dll) untuk memperoleh potongan harga.

Gunakan kode kupon teknovidia dan dapatkan diskon 15% untuk berlangganan 1 tahun software akuntansi online KLEDO

4. Bagaimana Jika Saya Terlambat Membayar?

Terkadang kita lupa melakukan pembayaran biaya bulanan untuk software akuntansi online. Jangan khawatir. Data Anda akan tetap aman. Jika terlambat membayar, Anda tidak dapat melakukan input data transaksi. Namun, Anda tetap dapat mengakses dan mengekspor data. Segera lakukan pembayaran agar dapat menggunakan lagi software akuntansi online Anda.

5. Bagaimana Data Saya Jika Berhenti Berlangganan?

Bagi Anda yang merasa tidak cocok dengan layanan sebuah software akuntansi online, Anda dapat berhenti berlangganan kapan pun. Ini adalah salah satu kelebihan dari software akuntansi online. Jika Anda memutuskan berhenti berlangganan, Anda dapat mengambil semua data yang tersimpan di software akuntansi tersebut. Setelah semua data Anda backup, mintalah pada penyedia layanan untuk menghapus data Anda, agar tidak disalahgunakan.

Kesimpulan

Faktor harga adalah salah satu parameter penting dalam memutuskan pembelian software akuntansi. Setelah melihat perbandingan harga di atas, secara garis besar harga software akuntansi online berada di rentang Rp130 ribu hingga Rp200 ribu rupiah per bulan. Anda juga dapat memanfaatkan beberapa software akuntansi online yang menawarkan paket gratis, seperti Paper, Akun.biz, Chatat, dan Kledo. Selain harga, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan fitur, ketersediaan tambahan modul, dukungan implementasi dan training, serta dukungan pelanggan (customer support).

Artikel terkait Software Akuntansi

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

2 thoughts on “Harga Software Akuntansi: Accurate, Zahir, Jurnal.id, dan Lainnya”

  1. Suryati Laila says:

    Hi, saya coba cari yang Paper paling atas tapi kok gak ada ya? Itu memang namanya cuman Paper ato gimana ya? Lagi cari aplikasi murah nih, baru mulai bisnis baru. Hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published.