Panduan & Tips Software, Software

Software Akuntansi, Membantu Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Software Akuntansi untuk Bisnis Anda – Akuntansi menjadi salah satu aktivitas dalam bisnis yang didorong oleh perusahaan sebagai penjaga, penyaring, dan penyedia informasi keuangan bagi perusahaan. Informasi keuangan yang teratur, akurat, serta mengedepankan prinsip-prinsip ekonomi dapat menstimulasi para pemangku kepentingan dalam perusahaan untuk melahirkan kebijakan yang efektif bagi bisnis.

Pada kenyataannya di masa kini, para akuntan profesional maupun perusahaan mengalami kesulitan untuk membentuk informasi keuangan yang teratur dan akurat dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan metode akuntansi masih dijalankan secara manual. Sistem akuntansi yang dijalankan secara manual biasanya akan membuat para penggunanya menemukan banyak kekeliruan pelaporan, bahkan rentan menemukan fraud dari setiap informasi keuangan yang didapat.

Kebutuhan akan sistem akuntansi yang reliable hadir untuk menciptakan informasi keuangan yang solid, akurat, serta insightful. Sistem akuntansi yang reliable perlu menjamin efektivitas dan efisiensi bagi penggunanya. Sistem akuntansi berbasis software akhirnya muncul sebagai solusi yang reliable bagi penggunanya untuk menghadapi tren bisnis yang kompetitif.

Dengan menilik perkembangan teknologi dan informasi yang dinamis tanpa henti, sistem akuntansi berbasis software kini marak dilirik oleh banyak akuntan profesional, perusahaan besar, hingga pebisnis skala kecil-menengah. Mordor Intelligence dalam riset pasarnya mengulas tentang tren pertumbuhan permintaan terhadap software akuntansi yang meningkat di beberapa benua dengan penetrasi bisnis yang relatif tinggi. Peningkatan pertumbuhan tersebut bahkan diperkirakan akan menyentuh nilai pasar sebesar USD 19.59 Miliar di tahun 2026.

Berkenalan Dengan Software Akuntansi

Software akuntansi merupakan suatu perangkat lunak yang berfungsi memudahkan penggunanya dalam hal perencanaan keuangan, pencatatan laporan, dan pemeriksaan informasi keuangan. Secara umum, software akuntansi dirancang dengan mengedepankan prinsip-prinsip akuntansi yang mampu menghasilkan informasi keuangan yang solid dan akurat bagi penggunanya. Informasi keuangan yang dihasilkan oleh software akuntansi juga bersifat insightful sehingga memungkinkan penggunanya atau investor merumuskan keputusan yang efektif terkait bisnis.

Deskera Books, salah satu software akuntansi terkemuka
Deskera Books, salah satu software akuntansi terkemuka. Sumber: Deskera

Secara teknis, software akuntansi memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat memudahkan penggunanya mengolah banyak laporan keuangan. Fitur-fitur yang dimiliki suatu software akuntansi biasanya disesuaikan dengan skala kebutuhan pengguna yang dinamis. Berikut beberapa fitur unggulan yang dapat ditemui ketika mengimplementasikan software akuntansi:

1. Accounting

Fitur yang mengizinkan penggunanya untuk mencatat setiap transaksi keuangan dalam periode tertentu.

2. Billing / Invoicing

Fitur ini umumnya telah terotomatisasi untuk melakukan fungsi collection (penagihan) ke beberapa vendor atau klien. Jika terintegrasi dengan baik dengan perangkat lain yang berkaitan, software akuntansi akan secara otomatis mengeluarkan tagihan elektronik kepada vendor atau klien sesuai waktu yang telah ditentukan atau disepakati bersama.

3. Budgeting

Pengguna dapat merencanakan keuangan jangka pendek atau jangka panjang dengan menggunakan software akuntansi. Fitur ini juga dapat memberikan rekomendasi perencanaan keuangan yang didasari dari laporan keuangan sebelumnya atau batasan pengeluaran dari tiap variabel yang telah ditentukan oleh pengguna.

3. Asset & Inventory Management

Fitur ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk menghitung alokasi, depresiasi, serta biaya pemeliharaan perihal aset dan inventori sesuai dengan formulasi yang ditentukan oleh si pengguna. Fitur ini memungkinkan pengelolaan aset menjadi lebih efektif.

Baca juga: Software Manajemen Aset, Si Pelindung Harta Perusahaan

4. Auditing

Fitur ini mengizinkan pengguna untuk mengaudit laporan keuangan secara menyeluruh tanpa intervensi. Software akuntansi akan menampilkan seluruh informasi keuangan secara komprehensif, serta menunjukkan penggunanya hal-hal yang tidak wajar dalam proses pelaporan keuangan. Pengguna dapat terhindar dari bahaya fraud yang dapat mengancam kesehatan keuangan bisnis.

Apa Saja Manfaat Software Akuntansi?

Setidaknya ada enam manfaat yang bisa pengguna software akuntansi. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memudahkan perencanaan keuangan

Software akuntansi memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk merancang perencanaan keuangan dengan mudah dan teratur. Pengguna juga dapat memvisualisasikan jurnal perencanaan keuangan dengan software akuntansi sehingga menghasilkan laporan keuangan yang elegan.

2. Menghasilkan informasi keuangan yang akurat

Akurasi suatu informasi keuangan sangat diperhitungkan untuk menentukan kebijakan bisnis. Untuk menciptakan informasi yang akurat, kesalahan manusia dalam proses pengolahan informasi perlu diminimalisasi. Kehadiran software akuntansi dapat menghilangkan kesalahan manusia yang sering terjadi dalam proses penghitungan.

3. Mempercepat proses pelaporan akuntansi

Dengan fitur otomatisasi, software akuntansi dapat mempercepat proses pelaporan transaksi keuangan dalam bisnis. Kecepatan pelaporan akuntansi memungkinkan penggunanya untuk memeriksa setiap laporan secara berkala.

4. Faktur digital

Software akuntansi dapat mencetak faktur pembelian serta penjualan secara elektronik. Dengan keunggulan ini, para pengguna tidak perlu lagi membuang-buang biaya untuk membeli kertas. Faktur digital dapat diarsipkan di dalam sistem, sehingga dapat dilihat kembali oleh pengguna kapanpun.

Contoh Faktur Digital. Sumber: GSTZen

5. Proses manajemen yang tersentralisasi

Jika terintegrasi dengan beberapa sistem manajemen bisnis lain, software akuntasi dapat berperan sebagai sentral yang memayungi sistem keuangan bisnis. Dengan sistem yang tersentralisasi, pengguna tidak perlu kesulitan untuk melacak setiap transaksi keuangan dan aset.

6. Memudahkan pelaporan pajak

Software akuntansi dapat membantu penggunanya menghitung besaran pajak yang perlu dibayarkan. Jika terintegrasi dengan sistem pajak online, maka software akuntansi dapat melakukan otomatisasi pembayaran pajak pada periode yang telah ditentukan.

Tips Memilih Software Akuntansi Yang Cocok

Kalau niatmu sudah bulat untuk menggunakan software akuntansi, kamu bisa mulai memilih mana yang paling pas untuk bisnismu. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu sebagai berikut:

1. Fitur

Penting bagi calon pengguna software akuntansi untuk memahami fitur-fitur beberapa software yang beredar di pasaran. Fitur-fitur yang ada dalam software akuntansi berkaitan erat dengan kebutuhan kerja yang dimiliki oleh calon pengguna. Selain itu, fitur-fitur yang ada dalam software akuntansi biasanya menentukan tingkat kemudahan penggunaan bagi calon penggunanya. Semakin kompleks fitur suatu software, maka dibutuhkan keahlian tambahan bagi penggunanya untuk dapat mengimplementasikan software dengan baik.

2. Kompatibilitas

Memiliki software akuntansi yang dapat dioperasikan di perangkat apapun dan di manapun yang terhubung internet merupakan suatu keistimewaan. Pengguna dapat mencatat setiap transaksi keuangan, atau mengolah laporan keuangan tanpa perlu mengkhawatirkan minimnya ruang dan waktu untuk mengakses sistem keuangan. Calon pengguna bisa memilih software akuntansi yang bersifat cloud-based jika menginginkan sistem yang fleksibel untuk diakses.

3. Keamanan Data dan Informasi

Hal lain yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli software akuntansi adalah dengan memastikan bahwa pengembang software mengimplementasikan proteksi keamanan berlapis pada produknya. Pengembang software yang profesional umumnya telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management System – ISMS) serta menerapkan TLS standar industri untuk mengenskripsi data.

4. Layanan Purna Jual (After Sales Service)

Jika pilihan software sudah mengerucut ke beberapa pilihan, maka hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah layanan purna jual yang disediakan oleh pengembang software. Layanan purna jual akan sangat dibutuhkan oleh calon pengguna sebagai salah satu solusi yang dapat meminimalisasi kendala teknis saat mengimplementasikan software di masa depan. Coba lakukan kontak awal dengan pengembang software dengan bertanya banyak mengenai produk dan layanan yang mereka sediakan.

Artikel terkait Software Akuntansi

Published by Novelia

Lulusan sarjana dan magister dari jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, berturut-turut pada tahun 2013 dan 2017. Saat ini menjadi seorang penulis dan peneliti pada media berita online validnews.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.