List Software Terbaik, Software

15 Software Akuntansi Online Produk Indonesia Terbaik

Software akuntansi dibutuhkan oleh semua perusahaan dari berbagai industri. Dengan menggunakan software ini kita dapat melakukan pencatatan hampir di semua lini bisnis. Ada banyak software akuntansi yang tersedia di pasar, baik yang online maupun offline, produksi dalam negeri maupun luar negeri. Pada artikel kali ini saya akan memberikan list software akuntansi online terbaik dari Indonesia.

Apa itu Software Akuntansi, dan Apa Manfaatnya?

Software akuntansi adalah sebuah software yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan, dan menyajikan laporan keuangan secara otomatis. Beberapa transaksi yang dicatat di software ini antara lain pembelian, penjualan, tagihan, faktur, arus kas, gaji, dll. Dengan menggunakan software akuntansi ini, bisnis Anda akan memperoleh manfaat berikut ini.

1. Mengurangi kesalahan human-error.
2. Data tersimpan dengan aman.
3. Monitoring dan lacak stok inventori.
4. Depresiasi aset tetap dihitung secara otomatis.
5. Laporan keuangan tersaji otomatis, dapat diakses kapan pun dimana pun.
6. Mempercepat pengambilan keputusan strategis.

Mengapa Memilih Software Akuntansi Online?

Beberapa kelebihan jika Anda memutuskan untuk memilih software akuntansi online antara lain:

1. Akses kapan pun dan dimana pun, selama ada internet.
2. Dapat diakses melalui perangkat mobile.
3. Tidak perlu repot melakukan instalasi, cukup daftar dan siap gunakan.
4. Data di-backup secara online, lebih aman dibandingkan disimpan di laptop (rentan virus, rusak, atau hilang).
5. Dukungan konektivitas atau integrasi dengan software lain, seperti POS, CRM, payroll, dll.
6. Software selalu update, tidak perlu membeli lagi untuk versi terbaru.

Fitur-fitur Software Akuntansi

Beberapa fitur berikut ini seringkali menjadi bahan pertimbangan dalam memilih software akuntansi.

Ada Tidaknya Contoh Data

Pada saat pertama kali menggunakan sebuah software, biasanya pengguna bingung bagaimana mengoperasikannya. Dengan adanya contoh data yang disediakan dari produk, maka hal ini dapat membantu pengguna dalam memahami alur kerja sebuah software. Data contoh ini dapat kita ujicoba selama mempelajari software, dan setelah itu dapat kita hapus atau bersihkan saat sudah siap menggunakan data aktual.

Dukungan Template COA dari Berbagai Industri

Chart Of Account, atau biasa disingkat dengan COA, merupakan daftar akun yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan. Daftar COA ini bisa berbeda di tiap-tiap perusahaan. Namun, untuk industri yang sama, ada COA yang sudah standar. Dengan semakin lengkapnya industri yang didukung sebuah software akuntansi, maka akan semakin memudahkan Anda saat menggunakan software tersebut.

Manajemen Pembelian (Purchase Order)

Purchase Order merupakan transaksi pembelian perusahaan dari Supplier atau Vendor. Software akuntansi sebaiknya memiliki fitur untuk mencatat Purchase Order ini.

Manajemen Penjualan (Sales Order)

Sales Order merupakan transaksi penjualan perusahaan ke Pelanggan. Software akuntansi sebaiknya memiliki fitur untuk mencatat Sales Order ini.

Pembuatan Billing

Billing merupakan tagihan yang diterbitkan oleh Supplier / Vendor atas Purchase Order yang sudah kita lakukan. Beberapa software akuntansi menggabungkan pencatatan billing ini dengan Purchase Order. Menggabungkan dua transaksi ini memiliki kekurangan, yaitu kita tidak dapat melakukan pencatatan billing yang dihimpun dari lebih dari satu Purchase Order.

Pembuatan Invoice

Invoice merupakan tagihan yang diterbitkan perusahaan kepada Pelanggan atas Sales Order yang sudah dilakukan. Beberapa software akuntansi menggabungkan pencatatan invoice ini dengan Sales Order. Menggabungkan dua transaksi ini memiliki kekurangan, yaitu kita tidak dapat melakukan pencatatan invoice yang dihimpun dari lebih dari satu Sales Order.

Manajemen Hutang (Account Payable) & Piutang (Account Receivable)

Billing dan invoice berkaitan dengan hutang dan piutang. Dengan software akuntansi kita dapat memonitor pergerakan hutang dan piutang perusahaan.

Manajemen Aset Tetap

Aset berupa properti, alat produksi, kendaraan bermotor, furnitur, dll merupakan aset tetap yang memiliki jangka waktu nilai ekonomis. Dengan menggunakan software akuntansi untuk mencatat aset tetap, depresiasi aset tetap ini dapat dilakukan secara otomatis.

Rekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi bank adalah proses penyesuaian data kas antara yang tersimpan di software akuntansi dengan data dari bank. Beberapa software akuntansi dapat melakukan proses ini secara online / otomatis, ada juga yang membutuhkan file excel dari rekening koran. Apabila proses ini dilakukan secara online, pastikan bahwa pengembang software tidak menyimpan Username dan Password Internet Banking Anda.

Manajemen Gaji (Payroll)

Payroll atau penggajian merupakan sebuah fitur yang nice-to-have, bagus jika ada. Dikarenakan fitur payroll ini biasanya tersedia dalam solusi software yang terpisah. Namun, ada beberapa produk yang menyediakan fitur payroll ini di dalam software akuntansi-nya. Dengan adanya fitur ini, Beban Gaji, BPJS, dan Pajak akan secara otomatis terhubung dengan pencatatan akuntansi.

Anggaran dan Realisasi Belanja

Fitur Anggaran & Realisasi Belanja merupakan sebuah fitur yang cukup advance (canggih). Tidak banyak yang menyediakan fitur ini. Dengan fitur ini kita dapat membuat anggaran belanja perusahaan tiap tahun. Setiap pencatatan beban nantinya akan dicatat sebagai realisasi dari anggaran yang telah dibuat di awal tahun.

Akuntansi Proyek

Jenis usaha Konsultan, Konstruksi, dan Pengadaan biasanya menerima order dalam bentuk proyek, pekerjaan yang terbatas waktu dan biaya. Akuntansi Proyek dibutuhkan agar kita dapat mengetahui laba / rugi setiap proyek. Ada beberapa software akuntansi yang menyediakan fitur ini secara lengkap, namun juga ada yang memfasilitasi kebutuhan ini dengan menggunakan tagging. Tagging digunakan sebagai penanda transaksi ini masuk ke dalam proyek yang mana.

Laporan Keuangan

Software akuntansi harus dapat menyediakan Laporan Keuangan yang akuntabel. Dengan menggunakan software akuntansi, kita dapat memantau perkembangan bisnis setiap saat, tidak perlu menunggu tutup buku terlebih dahulu.

Bagaimana Memilih Software Akuntansi yang Sesuai?

Berikut tips bagaimana memilih software akuntansi yang sesuai:

1. Definisikan kebutuhan Anda, dan sesuaikan dengan pengetahuan Anda mengenai akuntansi. Jika Anda memiliki staf akuntansi, pertimbangkan untuk memilih software akuntansi dengan fitur yang lengkap. Jika tidak, Anda dapat memilih software akuntansi yang mudah digunakan.

2. Manfaatkan ujicoba gratis untuk melakukan evaluasi. Software akuntansi online biasanya memberikan masa ujicoba gratis untuk calon penggunanya. Masa ujicoba diberikan selama 14-30 hari.

3. Ambil keputusan dengan bantuan Akuntan atau Konsultan IT. Jika Anda mengalami kesulitan untuk memilih yang sesuai, Anda dapat meminta saran dari Akuntan atau Konsultan IT.

Software Akuntansi Online Produk Indonesia Terbaik

Accurate Online

Software Akuntansi Accurate Online

Accurate merupakan salah satu software akuntansi yang sudah senior. Dirilis pada event Indocomtech tahun 1999, hingga kini Accurate telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu perusahaan di Indonesia. Selain itu, Accurate juga bermitra dengan lebih dari 400 institusi pendidikan. Ditambah pencapaian luar biasa sebagai Top Brand Award untuk Kategori Software Akuntansi tahun 2016-2020. Dengan sederet pencapaian tersebut, tentu Accurate merupakan salah satu software akuntansi yang perlu Anda pertimbangkan.

Beberapa fitur unggulan dari Accurate adalah lebih dari 200 laporan keuangan dan operasional yang tersaji secara instan, Smart Link Internet Banking, dan dukungan laporan perpajakan. Accurate juga menyediakan versi aplikasi mobile yang cocok digunakan untuk UKM.

Harga: mulai dari Rp220 ribu per bulan
Ujicoba gratis: 30 hari

AIO Accounting

AIO Accounting

AIO Accounting adalah software akuntansi lengkap berbasis cloud yang mempermudah para pemilik bisnis untuk mengelola keuangan. AIO Accounting membantu Anda untuk mengambil keputusan dalam bisnis dengan lebih baik. AIO Accounting memberikan layanan untuk kebutuhan berbagai jenis usaha mulai dari pembukuan dan transaksi bisnis, manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen proyek, serta laporan keuangan yang akurat.

Fitur unggulan dari AIO Accounting adalah tersedianya informasi stok, analisis penjualan yang lengkap, laporan keuangan yang sesuai PSAK, pencatatan produksi yang lengkap, dan semua laporan dapat diekspor ke dalam format PDF dan Excel. AIO Accounting memiliki tampilan yang dinamis dan menarik, menjadikan software ini salah satu yang mudah digunakan.

Harga: mulai dari Rp400 ribu per 3 bulan
Ujicoba gratis: 14 hari

Akun.biz

aplikasi pembukuan
Akun.biz

Akun.biz adalah aplikasi keuangan sederhana yang berfungsi untuk mencatat pemasukan, pengeluaran, dan hutang-piutang. Setiap transaksi dalam Akun.biz dikelompokkan dalam kategori-kategori sesuai kebutuhan. Dari hasil pencatatan tersebut, aplikasi ini akan menyajikan laporan yang berisi total pemasukan, pengeluaran, dan selisihnya.

Akun.biz telah digunakan oleh lebih dari 120 ribu pribadi, pekerja profesional, organisasi, serta bisnis kecil dari berbagai negara. Akun.biz pernah meraih penghargaan Pemenang Pertama Wirausaha Muda Mandiri untuk kategori Teknologi Keuangan Digital, Alumni Berprestasi Univesitas Sebelas Maret, dan mengikuti program akselerasi FbStart dari Facebook.

Fitur unggulan dari Akun.biz ini adalah dukungan multi-cash books, manajemen hutang-piutang, menyediakan berbagai laporan keuangan dan grafik, multi users, dan adanya fitur online invoice & notes.

Harga: mulai dari GRATIS

Beecloud

BeeCloud Software Akuntansi Online

Beecloud adalah software akuntansi online no. 2 di Indonesia. Sebuah klaim yang menarik, ketika produk lain melakukan klaim sebagai yang terbaik, Beecloud meng-klaim sebagai nomor 2 terbaik. Keunggulan utama dari Beecloud adalah satu-satunya software akuntansi yang didesain untuk mengontrol banyak cabang perusahaan. Beecloud sudah digunakan oleh lebih dari 33 ribu perusahaan di seluruh Indonesia.

Beberapa fitur andalan dari Beecloud antara lain: membantu menganalisis bisnis berdasarkan angka, membantu membuka lebih banyak cabang, aman dari manipulasi dan kebocoran, menekan piutang macet tak tertagih, memonitor stok secara real-time, dapat diakses dari laptop maupun HP, mendukung pengaturan hak akses, mempermudah cetak invoice dan laporan, dan cetak invoice versi PDF.

Harga: mulai dari Rp119 ribu per bulan
Ujicoba gratis: 14 hari

BukuKas

BukuKas Software Akuntansi Online

BukuKas merupakan aplikasi pembukuan keuangan yang telah digunakan lebih dari 5 juta UMKM dan warung. BukuKas ini hanya tersedia dalam versi aplikasi mobile.

Fitur unggulan dari BukuKas antara lain: pencatatan transaksi dan rekap otomatis, monitor langsung keuntungan penjualan, transfer uang tanpa biaya administrasi bank, laporan keuangan otomatis, pengiriman invoice melalui WhatsApp dan SMS, menagih piutang melalui WhatsApp dan SMS, serta manajemen stok barang secara otomatis.

Harga: mulai dari GRATIS

Chatat

Chatat
Chatat

Chatat adalah aplikasi untuk mencatat keuangan bisnis. Dengan tagline “Semudah mencatat di buku atau spreadsheet, secanggih Software Accounting“, Chatat menawarkan aplikasi keuangan yang mudah digunakan namun kaya dengan fitur yang canggih.

Keunggulan dari aplikasi Chatat ini antara lain: tersedia dalam aplikasi web maupun mobile (multi platform), data keuangan tersimpan aman dan terenkripsi, laporan keuangan sesuai PSAK, fitur yang bermanfaat untuk mengontrol keuangan bisnis, dan biaya berlangganan yang terjangkau.

Harga: mulai dari Rp50 ribu per bulan

Finata

Finata Software Akuntansi Online

Finata, singkatan dari Finansial Tertata, merupakan Software Akuntansi yang mengunggulkan dukungan diagnosis kesehatan bisnis. Dengan melakukan diagnosis kesehatan bisnis, Anda akan memperoleh insight untuk melakukan scale up dan cepat keluar dari Zona Bahaya UKM.

Fitur-fitur unggulan dari Finata antara lain: master data, pencatatan transaksi bisnis yang mudah dan cepat, laporan keuangan yang lengkap, dukungan utilisasi dan administrasi, diagnosis bisnis, dan reminder.

Harga: Rp190 ribu per bulan
Ujicoba gratis: 14 hari

Harmony Accounting

Harmony Software Akuntansi Online

Harmony Accounting adalah software akuntansi online yang digunakan untuk mempermudah pengelolaan bisnis. Dengan menggunakan Harmony Accounting, tidak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia, sehingga Ada dapat fokus mengembangkan bisnis.

Fitur unggulan dari Harmony Accounting ini adalah rekonsiliasi bank otomatis (One Feed), solusi akuntansi yang lengkap dan praktis (One Book), monitor arus kas, melacak invoice dengan cepat (Smart Invoice), monitoring pengeluaran, mengelola lebih banyak perusahaan dengan satu akun, dan jumlah pengguna yang tidak terbatas.

Harga: mulai dari Rp199 ribu per bulan
Ujicoba gratis: 30 hari

Jurnal

Jurnal Software Akuntansi Online

Jurnal merupakan software akuntansi online terintegrasi yang sudah digunakan oleh lebih dari 20 ribu perusahaan di Indonesia. Dengan menggunakan Jurnal, pencatatan pembukuan dan operasional perusahaan menjadi lebih mudah dan efisien. Jurnal juga membantu perusahaan Anda dalam otomasi bisnis, memantau stok barang, secara real-time kapan pun dan dimana pun.

Keunggulan dari Jurnal adalah memiliki dasbor yang interaktif, proses akuntansi yang cepat, kemudahan dalam monitoring pergerakan produk, dan terintegrasi dalam satu aplikasi.

Harga: mulai dari Rp199 ribu per bulan
Ujicoba gratis: 14 hari

Kledo

Image placeholder software akuntansi kledo
Kledo

Kledo, sebuah software akuntansi yang digunakan untuk mengelola invoice, purchase, dan inventory dengan lebih baik. Kledo juga dapat membantu menganalisis kinerja bisnis Anda.

Kelebihan dari Kledo ini adalah berbasis cloud, praktis dalam membuat invoice dan purchase, pencatatan biaya, pelacakan stok dan inventori produk, depresiasi aset tetap secara otomatis, dan menyajikan lebih dari 30 laporan keuangan.

Harga: mulai dari GRATIS

Moodah

Moodah adalah software akuntansi yang dapat menyajikan laporan keuangan secara instan dan otomatis. Selain itu, dengan Moodah Anda dapat mengatur hutang-piutang dengan lebih efektif.

Kelebihan dari Moodah adalah dapat mencatat segala macam transaksi dengan anti-pusing, akses pada laporan keuangan harian maupun bulanan secara instan, dan mengelola hutang-piutang tanpa ribet.

Harga: mulai dari GRATIS

Paper

Paper.id Software Akuntansi Online

Paper merupakan software akuntansi yang memiliki keunggulan di pengelolaan dan penerimaan invoice dengan cepat kilat. Paper memiliki solusi pembayaran untuk transaksi B2B, agar Anda menerima pembayaran lebih cepat dari pelanggan atau tambahan TOP dari supplier. Paper telah digunakan oleh lebih dari 250 ribu perusahaan di seluruh Indonesia.

Beberapa kelebihan dari Paper adalah dukungan untuk semua bisnis dalam satu platform, layanan berbasis invoice, terpercaya dan fleksibel, dan memiliki standar keamanan terbaik.

Harga: mulai dari GRATIS

SISCOM Online

SISCOM - Software Akuntansi Terbaik - Bisa Custom & Modifikasi
SISCOM Online

SISCOM Online adalah software akuntansi yang mempermudah proses pembukuan dan pencatatan aktivitas bisnis secara efektif dan efisien.

SISCOM Online memiliki keunggulan dari sisi after-sales service, pengalaman lebih dari 25 tahun dalam pengembangan software akuntansi, dan memiliki antarmuka yang user-friendly.

Harga: mulai dari Rp90 ribu per bulan
Ujicoba gratis: 14 hari

Sleekr Accounting

Sleekr Software Akuntansi Online

Sleekr Accounting merupakan software akuntansi nomor 1 di Indonesia untuk memajukan bisnis Anda. Sleekr ini satu grup perusahaan dengan Jurnal. Sleekr Accounting telah digunakan oleh puluhan ribu perusahaan di seluruh Indonesia.

Fitur andalah dari Sleekr Accounting ini antara lain: memberikan kemudahan dalam pencatatan transaksi dan invoice, pengelolaan inventori dan gudang secara akurat dan real-time, memiliki lebih dari 30 laporan keuangan yang dapat diakses kapan pun dimana pun, dan rekonsiliasi bank secara otomatis yang lebih cepat 70% dari waktu biasanya.

Harga: mulai dari Rp250 ribu per bulan
Ujicoba gratis: 14 hari

Zahir Online

Zahir Online

Zahir, produk software akuntansi legendaris. Produk pertama Zahir dirilis pada tahun 1996, yang hingga kini telah digunakan oleh lebih dari 30 ribu perusahaan di Indonesia dan mancanegara. Selain itu, Zahir juga telah digunakan lebih dari 30 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Zahir juga memperoleh beberapa anugerah, di antaranya Penghargaan APICTA Indonesia oleh Menkominfo tahun 2002-2004, Penghargaan Presiden RI tahun 2003, Penghargaan Enterprise 50 tahun 2006, Juara Pertama Teknopreneur Award tahun 2008, dan Best Choice Award tahun 2013. Selain itu, PT Zahir Internasional juga telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 pada tahun 2010.

Dengan sederet pencapain tersebut, tak salah jika Zahir menyandang predikat sebagai salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia. Beberapa fitur unggulan Zahir Online antara lain: akses antar-cabang yang terintegrasi, adanya jaminan keamanan data, monitoring inventori antar cabang, faktur yang dapat didesain, pemberian wewenang dan hak akses pengguna, pengelolaan hutang-piutang, pengiriman faktur yang lebih cepat, dukungan terhadap industri jasa maupun organisasi nirlaba, dan mampu menyediakan laporan keuangan per departemen dan per proyek.

Harga: mulai dari Rp109 ribu per bulan
Ujicoba gratis: 30 hari

Artikel terkait Software Akuntansi

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.