List Software Terbaik, Software

10 Software Akuntansi Gratis Offline Terbaik

Jika bisnis Anda membutuhkan sistem pencatatan keuangan namun kesulitan memperoleh akses internet, Anda dapat menggunakan software akuntansi gratis offline. Berbeda dengan software akuntansi cloud, software akuntansi offline dapat digunakan tanpa membutuhkan akses internet. Untuk menggunakannya, Anda harus melakukan instalasi di perangkat kantor Anda.

Kata “gratis” identik dengan produk yang murahan dan kualitas rendah. Namun, software akuntansi gratis tidak selalu seperti itu. Masih banyak software akuntansi gratis dan open source yang berkualitas tinggi dan berkontribusi signifikan pada perkembangan bisnis Anda. Software akuntansi gratis offline ini pilihan yang tepat bagi Anda yang baru merintis usaha dan tidak ingin terlalu bergantung pada internet.

Pada artikel kali ini, Teknovidia akan menyajikan list software akuntansi gratis offline terbaik yang dapat Anda gunakan. Namun, sayangnya kami belum menemukan software akuntansi gratis offline yang dibuat pengembang Indonesia. Mari kita simak!

Software Akuntansi Gratis Offline Terbaik

1. Akaunting

Akaunting, Software Akuntansi Gratis Offline
Akaunting, Software Akuntansi Gratis Offline

Akaunting adalah software akuntansi gratis untuk bisnis, mulai dari invoice, monitor pengeluaran, dan laporan keuangan. Akaunting menyediakan fitur lengkap untuk mengelola keuangan secara online. Akaunting telah diunduh lebih dari 270 ribu kali, digunakan oleh lebih dari 150 ribu pengguna cloud, memiliki lebih dari 10 ribu kontributor, mendapat lebih dari 4000 apresiasi dari anggota komunitas open source, dan mendukung lebih dari 50 bahasa (termasuk Bahasa Indonesia).

Fitur unggulan dari Akaunting antara lain: manajemen dan pantau arus kas, pembuatan invoice yang mudah, lacak pengeluaran, laporan keuangan yang lengkap, kategorisasi pemasukan dan pengeluaran, dan tersedianya portal pelanggan.

2. Frappe Books

Frappe Books, Software Akuntansi Gratis Offline
Frappe Books, Software Akuntansi Gratis Offline

Frappe Books, software akuntansi gratis berbasis desktop yang modern. Software ini sederhana, dirancang dengan baik, dan berbasis desktop yang diperuntukkan bagi para freelancer dan UKM. Gratis dan open source!

Beberapa keunggulan dari Frappe Books ini antara lain:

  • Akuntansi untuk UKM.
  • Tidak berbasis cloud, dapat diinstalasi di perangkat Anda dan digunakan secara offline.
  • Gratis dan open source.
  • Tampilan antarmuka yang modern.

3. FrontAccounting

FrontAccounting, Software Akuntansi Gratis Offline
FrontAccounting, Software Akuntansi Gratis Offline

FrontAccounting software akuntansi gratis yang memiliki spesialisasi bisnis kecil. FrontAccounting berbasis web, sederhana, kuat, dan mencakup semua kebutuhan bisnis Anda. Produk ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. FrontAccounting mendukung fungsional multi-bahasa dan multi-currency.

4. Gnuaccounting

Gnuaccounting adalah software akuntansi gratis berbasis Java yang multi-platform. Gnuaccounting memiliki fitur unggulan berikut ini:

  • Dukungan integrasi dengan OpenOffice, LibreOffice, dan Apache Derby.
  • Dukungan sistem basis data MySQL maupun PostgreSQL.
  • Dapat dihubungkan dengan server email.
  • Kemampuan integrasi dengan OsCommerce.
  • Cross-platform, dapat diinstalasi di Windows maupun Linux.
  • Portable.

5. GnuCash

GnuCash
GnuCash, Software Akuntansi Gratis Offline

GnuCash merupakan software akuntansi gratis berbasis desktop yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan personal maupun UKM. GnuCash didesain sederhana agar mudah digunakan, tetapi tetap bagus dan fleksibel. GnuCash dapat membantu Anda dalam memonitor saldo kas dan bank, stok inventori, serta pendapatan dan biaya.

Fitur utama dari GnuCash antara lain: jurnal dua lajur, memiliki checbook-style register, dapat membuat transaksi terjadwal, rekonsiliasi, kategorisasi pendapatan dan biaya, multi kurs, manajemen portofolio dan reksadana, dan laporan keuangan dalam bentuk tabular dan grafik.

6. LedgerSMB

LedgerSMB adalah software akuntansi open source UKM yang dapat Anda gunakan untuk: membuat faktur, memproses pesanan penjualan, menerbitkan penawaran, dan masih banyak lagi. LedgerSMB bertujuan membantu membangun fondasi keuangan dan akuntansi yang kuat bagi bisnis Anda.

Meskipun LedgerSMB dapat diterapkan di berbagai industri, produk ini dikenal karena spesialisasinya di sektor industri: telekomunikasi, anjak piutang, konsultan IT, jasa layanan keuangan, penyewaan, retail, dan perdagangan.

7. Manager

Manager.io
Manager.io, Software Akuntansi Gratis Offline

Manager adalah software akuntansi gratis offline untuk bisnis kecil. Software ini tersedia untuk platform Windows, Mac, dan Linux. Gratis, dapat bekerja offline, dan multi-platform – itulah Manager.

Selain versi offline, Manager juga tersedia dalam versi cloud. Beberapa keunggulan dari versi cloud adalah sebagai berikut:

  • Dapat diakses melalui perangkat mobile dan tablet.
  • Tidak perlu instalasi.
  • Dapat diakses secara remote.
  • Dukungan multi-pengguna.
  • Pengaturan hak akses pengguna.
  • Backup data otomatis.
  • Update otomatis.

8. Openmiracle

Openmiracle adalah software akuntansi gratis dan open source lengkap untuk segala kebutuhan bisnis Anda. MIRACLE sendiri merupakan singkatan dari Manage Inventory, Revenue, Assets, Capital, Liability, & Expense. Openmiracle ini mudah digunakan, kuat, dan fleksibel untuk mendukung praktik akuntansi yang profesional. Software ini dapat dioperasikan tanpa harus memiliki pengetahuan dasar akuntansi.

Beberapa keunggulan dari Openmiracle antara lain:

  • Open source.
  • Tersedia gratis.
  • Antarmuka yang ramah pengguna (user-friendly).
  • Tersedia berbagai plugins siap pakai.
  • Dapat diakses secara bebas seumur hidup.
  • Memenuhi semua kebutuhan software akuntansi.

9. osFinancials

osFinancials adalah paket software akuntansi yang tersedia gratis dan offline. osFinancials mudah diinstalasi, berfungsi untuk mengelola inventory, dan terintegrasi dengan Point of Sales. osFinancials juga didukung dengan berbagai plugins siap pakai. osFinancials dapat dihubungkan dengan database Firebird, MySQL, dan Postgres.

10. TurboCASH

TurboCASH, software akuntansi gratis dengan misi “Menyediakan Software Akuntansi Freemium Kelas Dunia”. TurboCASH dapat digunakan mulai dari bisnis kecil hingga enterprise. TurboCASH masuk dalam 20 besar software akuntansi populer dari Capterra. Di platform SourceForge, software ini juga telah diunduh lebih dari 1,5 juta kali di seluruh dunia.

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.