List Software Gratis, Software

10 Software Akuntansi Gratis untuk Bisnis Anda

Jika bisnis Anda membutuhkan software akuntansi tetapi masih ragu untuk berinvestasi, Anda dapat menggunakan Software Akuntansi Gratis. Software gratis biasanya memiliki keterbatasan fungsi, namun sudah cukup bagi Anda untuk mencatat transaksi dan mencoba evaluasi produk software tersebut.

Setelah sebelumnya saya sudah menuliskan Apa itu Software Akuntansi, Manfaatnya, Fitur-fiturnya, dan List Software Akuntansi Produk Indonesia, kali ini saya akan membuat list Software Akuntansi Gratis yang dapat digunakan untuk bisnis Anda.

List Software Akuntansi Gratis

1. Kledo

Image placeholder software akuntansi kledo
Kledo Software Akuntansi Gratis

Kledo, sebuah software akuntansi gratis yang digunakan untuk mengelola invoice, purchase, dan inventory dengan lebih baik. Kledo juga dapat membantu menganalisis kinerja bisnis Anda.

Kelebihan dari Kledo ini adalah berbasis cloud, praktis dalam membuat invoice dan purchase, pencatatan biaya, pelacakan stok dan inventori produk, depresiasi aset tetap secara otomatis, dan menyajikan lebih dari 30 laporan keuangan.

Apa Saja Fungsionalitas Akun Gratis?

Untuk 1 pengguna, monitor biaya pengeluaran, pencatatan pembelian dan penjualan, monitor saldo kas dan bank, 10 laporan keuangan dan bisnis, dan auto update.

Apa Saja yang Diperoleh jika Menggunakan Akun Berbayar?

Semua fitur paket gratis, untuk 3-5 pengguna, alur bisnis yang lengkap, manajemen stok, manajemen aset tetap, inventori multi gudang, 35 laporan keuangan dan bisnis, multi cabang, multi divisi, multi outlet, multi proyek, produk paket, pembatasan hak akses, file attachment, auto backup, 24 / 7 support, konsolidasi anak perusahaan, produk manufaktur, budgeting, konversi satuan, dan harga bertingkat.

Harga Akun Premium: mulai Rp129 ribu per bulan

2. Akun.biz

aplikasi pembukuan
Akun.biz Software Akuntansi Gratis

Akun.biz adalah aplikasi keuangan gratis yang berfungsi untuk mencatat pemasukan, pengeluaran, dan hutang-piutang. Setiap transaksi dalam Akun.biz dikelompokkan dalam kategori-kategori sesuai kebutuhan. Dari hasil pencatatan tersebut, aplikasi ini akan menyajikan laporan yang berisi total pemasukan, pengeluaran, dan selisihnya.

Akun.biz telah digunakan oleh lebih dari 120 ribu pribadi, pekerja profesional, organisasi, serta bisnis kecil dari berbagai negara. Akun.biz pernah meraih penghargaan Pemenang Pertama Wirausaha Muda Mandiri untuk kategori Teknologi Keuangan Digital, Alumni Berprestasi Univesitas Sebelas Maret, dan mengikuti program akselerasi FbStart dari Facebook.

Apa Saja Fungsionalitas Akun Gratis?

Ada iklan yang tampil di akun Anda, 1 buku kas, 5 kategori pemasukan dan pengeluaran, 5 hutang-piutang, 5 catatan online, dan 5 download e-Invoice per hari.

Apa Saja yang Diperoleh jika Menggunakan Akun Berbayar?

Tidak ada iklan, jumlah buku kas tidak terbatas, kategori pemasukan dan pengeluaran yang tidak terbatas, dapat melakukan transfer antar-kas, hutang-piutang yang tak terbatas, catatan online yang tidak terbatas, download e-Invoice per hari yang tidak terbatas, dapat mengirim e-Invoice via email, dapat menyimpan e-Invoice dalam buku invoice, dan dukungan untuk multi-pengguna.

Harga Akun Premium: mulai Rp18 ribu per bulan

3. BukuKas

BukuKas Software Akuntansi Gratis

BukuKas merupakan aplikasi mobil pembukuan keuangan gratis yang telah digunakan lebih dari 5 juta UMKM dan warung. BukuKas ini hanya tersedia dalam versi aplikasi mobile.

Fitur unggulan dari BukuKas antara lain: pencatatan transaksi dan rekap otomatis, monitor langsung keuntungan penjualan, transfer uang tanpa biaya administrasi bank, laporan keuangan otomatis, pengiriman invoice melalui WhatsApp dan SMS, menagih piutang melalui WhatsApp dan SMS, serta manajemen stok barang secara otomatis.

4. Moodah

Moodah adalah software akuntansi gratis yang dapat menyajikan laporan keuangan secara instan dan otomatis. Selain itu, dengan Moodah Anda dapat mengatur hutang-piutang dengan lebih efektif.

Kelebihan dari Moodah adalah dapat mencatat segala macam transaksi dengan anti-pusing, akses pada laporan keuangan harian maupun bulanan secara instan, dan mengelola hutang-piutang tanpa ribet.

5. Paper

Paper.id Software Akuntansi Gratis

Paper merupakan software akuntansi gratis yang memiliki keunggulan di pengelolaan dan penerimaan invoice dengan cepat kilat. Paper memiliki solusi pembayaran untuk transaksi B2B, agar Anda menerima pembayaran lebih cepat dari pelanggan atau tambahan TOP dari supplier. Paper telah digunakan oleh lebih dari 250 ribu perusahaan di seluruh Indonesia.

Beberapa kelebihan dari Paper adalah dukungan untuk semua bisnis dalam satu platform, layanan berbasis invoice, terpercaya dan fleksibel, dan memiliki standar keamanan terbaik.

6. Akaunting

Free Accounting Software - Akaunting
Akaunting Software Akuntansi Gratis

Akaunting adalah software akuntansi gratis untuk bisnis, mulai dari invoice, monitor pengeluaran, dan laporan keuangan. Akaunting menyediakan fitur lengkap untuk mengelola keuangan secara online. Akaunting telah diunduh lebih dari 270 ribu kali, digunakan oleh lebih dari 150 ribu pengguna cloud, memiliki lebih dari 10 ribu kontributor, mendapat lebih dari 4000 apresiasi dari anggota komunitas open source, dan mendukung lebih dari 50 bahasa (termasuk Bahasa Indonesia).

Fitur unggulan dari Akaunting antara lain: manajemen dan pantau arus kas, pembuatan invoice yang mudah, lacak pengeluaran, laporan keuangan yang lengkap, kategorisasi pemasukan dan pengeluaran, dan tersedianya portal pelanggan.

7. Bokio

Bokio Software Akuntansi Gratis

Bokio merupakan software akuntansi gratis dari Swedia yang mempermudah pembukuan bisnis. Bokio memiliki tagline smart and simple accounting.

Beberapa fitur dari Bokio antara lain: jumlah pengguna yang tidak terbatas, laporan keuangan otomatis, pembuatan invoice yang tidak terbatas, manajemen pengeluaran, dan adanya dukungan teknis secara online.

8. GnuCash

GnuCash Software Akuntansi Gratis

GnuCash merupakan software akuntansi gratis berbasis desktop yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan personal maupun UKM. GnuCash didesain sederhana agar mudah digunakan, tetapi tetap bagus dan fleksibel. GnuCash dapat membantu Anda dalam memonitor saldo kas dan bank, stok inventori, serta pendapatan dan biaya.

Fitur utama dari GnuCash antara lain: jurnal dua lajur, memiliki checbook-style register, dapat membuat transaksi terjadwal, rekonsiliasi, kategorisasi pendapatan dan biaya, multi kurs, manajemen portofolio dan reksadana, dan laporan keuangan dalam bentuk tabular dan grafik.

9. Wave Accounting

Wave Accounting Software Akuntansi Gratis

Wave Accounting merupakan software akuntansi gratis yang didesain untuk digunakan oleh para pengusaha. Wave Accounting bekerja sekeras yang Anda lakukan, agar bisnis pendapatan dan pengeluaran bisnis terkelola dengan lebih baik.

Wave Accounting terdiri dari 2 modul utama yaitu Akuntansi dan Invoice. Modul Akuntansi memiliki fitur pelacakan pendapatan dan biaya, update secara instan untuk data transaksi, kustomisasi invoice tanpa batas, reminder untuk invoice, transaksi jurnal, nilai tukar otomatis, kategorisasi pendapatan dan biaya, rekonsiliasi otomatis, jurnal 2 lajur, multi bisnis dalam 1 akun, laporan keuangan yang dapat diekspor, dan dasbor bisnis.

Sedangkan modul Invoice terdiri dari fitur: pembuatan invoice dengan multi kurs, mengirim prognosa invoice dan secara otomatis dikonversi menjadi invoice, melihat riwayat pelanggan dalam 1 halaman, mengelola komunikasi dengan pelanggan, follow-up invoice yang jatuh tempo, pembayaran otomatis untuk invoice berulang, dukungan pembayaran melalui kartu kredit dan bank transfer, kustomisasi logo dan warna, mengatur layout invoice dengan fitur drag-drop, dukungan integrasi, kirim invoice melalui aplikasi Android dan IOS, kirim invoice melalui email, reminder invoice, insight untuk arus kas, auto-backup, dan lacak invoice dan pembayaran melalui aplikasi mobile.

10. ZipBooks

ZipBooks Software Akuntansi Gratis

ZipBooks adalah software akuntansi gratis yang mudah digunakan, dan dapat membuat Anda lebih pintar. Sederhana, cantik, dan powerful, ZipBooks memberikan Anda alat dan kecerdasan untuk membuat bisnis Anda naik ke level yang lebih tinggi.

ZipBooks memiliki 4 modul utama, yaitu Akuntansi, Penagihan (Billing), Pengeluaran (Expenses), dan Kecerdasan Bisnis (Business Intelligence). Modul Akuntansi berisi fitur untuk mendukung proses akuntansi. Modul Penagihan digunakan untuk mengirimkan tagihan, termasuk yang berulang, serta penerimaan pembayaran otomatis. Modul Pengeluaran untuk mengelola pengeluaran perusahaan. Dan yang terakhir, modul Kecerdasan Bisnis menyajikan laporan keuangan dan dasbor bisnis yang digunakan untuk membantu Anda mengambil keputusan dengan lebih baik.

Apa Saja Fungsionalitas Akun Gratis?

Pengiriman invoice tidak terbatas, kelola data vendor dan pelanggan tidak terbatas, pembayaran digital menggunakan Square atau PayPal, laporan keuangan dasar, dan koneksi untuk 1 akun bank.

Apa Saja yang Diperoleh jika Menggunakan Akun Berbayar?

Semua fitur akun gratis, invoice berulang dan pengiriman otomatis, reminder, koneksi multi bank, notifikasi penerimaan pembayaran, smart tagging, kustomisasi COA, rekonsiliasi dengan cepat, penutupan buku, sharing dokumen, laporan keuangan dengan insight, ekspor laporan keuangan, rebranding, edit transaksi massal, kelola multi client dari 1 dasbor, migrasi data, dan dapat digunakan untuk 5 pengguna hingga tak terbatas.

Harga Akun Premium: mulai US$ 15 (Rp225 ribu) per bulan

Artikel Lain yang Berkaitan

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.