Bisnis, Software House

10 Perusahaan Software Terbesar di Indonesia

Industri software Indonesia terus menggeliat. Sebelum booming startup di tahun 2013-2014 hanya sedikit perusahaan software yang memiliki brand kuat secara nasional. Sebut saja Zahir, Accurate (CPSSoft), DataOn, dan Andal Software.

Memasuki era startup, banyak perusahaan-perusahaan software baru bermunculan. Dengan konsep yang baru, mereka menawarkan produk SaaS (Software-as-a-Service). Dimana pelanggan menggunakan aplikasi secara cloud atau online, dan pembayaran dilakukan secara berlangganan.

Tidak mau kalah, perusahaan software yang sudah berpengalaman pun juga meluncurkan versi baru dari produknya. Zaman sudah berubah. Produk software yang dahulu harus diinstalasi dan beli putus, sekarang dapat diakses darimana pun dan kapan pun secara online, serta pembayarannya secara berlangganan.

Baca juga

Pada artikel kali ini, Teknovidia akan menulis perusahaan software terbesar di Indonesia. Dengan segala keterbatasan informasi, kami mencoba membuat list yang seobyektif mungkin. Sebelum masuk ke daftar perusahaannya, mari kita pelajari dulu apa yang dimaksud perusahaan software, dan bagaimana saya menentukan kandidat perusahaan software yang masuk dalam list ini.

Perusahaan Software: Produk vs Jasa

Secara garis besar, ada dua kategori perusahaan yang berkaitan dengan software. Keduanya memang menghasilkan produk yang sama, yaitu software. Namun, ada perbedaan mendasar dari keduanya, yaitu PRODUK dan JASA.

Perusahaan software yang berbasis produk, mereka membuat software secara generik dan dipasarkan secara massal. Produk software yang dibuat, harus sedapat mungkin memenuhi kebutuhan pasar. Model perusahaan ini, membuat produknya dahulu, baru kemudian menjualnya. Biaya produksi dibagi ke banyak pelanggan, sehingga harga jualnya tidak terlalu mahal.

Perusahaan software yang kedua, adalah yang menjual jasa. Perusahaan ini menawarkan solusi yang kustom, produk software dibuat sesuai dengan pesanan dari pelanggan. Berbeda dengan perusahaan software berbasis produk, perusahaan berbasis jasa baru membuat software ketika ada permintaan dari pelanggan. Biaya produksi menjadi beban pelanggan yang memesan, sehingga harga jualnya tinggi. Perusahaan jenis ini biasa disebut software house, software agency, atau software studio.

Dahulu di Indonesia, perusahaan software lebih banyak yang menjual jasa. Namun, sekarang sudah banyak bermunculan perusahaan software yang menjual produk.

Artikel ini hanya membahas perusahaan software yang membuat produk, bukan perusahaan software (house) yang menawarkan jasa. Jika Anda ingin melihat perusahaan software house terbesar di Indonesia, Anda dapat membaca artikel yang pernah saya tulis sebelumnya.

Bagaimana Saya Menentukan Kandidat Perusahaan Software Terbesar?

Sejauh yang saya tahu, perusahaan software di Indonesia belum ada yang melantai di bursa saham. Sehingga kita tidak dapat mengetahui sebesar apa perusahaannya. Oleh karena itu, saya menentukan 3 parameter yang menjadi bahan pertimbangan apakah sebuah perusahaan layak untuk masuk dalam list ini atau tidak. Ketiga parameter tersebut adalah:

  • Perusahaan software yang telah mendapatkan pendanaan.
  • Perusahaan software yang pernah memperoleh penghargaan atas hasil karyanya.
  • Perusahaan software yang unik, memiliki keistimewaan dibanding yang lainnya.

Dari ketiga parameter tersebut, saya menghimpun daftar perusahaan software dari berbagai sumber. Hasilnya, saya memperoleh 20 perusahaan software yang memenuhi kriteria. Berikut daftarnya:

1. ANDAL SOFTWARE. Meskipun saya tidak menemukan berita mengenai pendanaan dan penghargaan untuk Andal Software, rasanya tidak lengkap tanpa memasukkan perusahaan ini. Andal Software sejauh ini menjadi satu-satunya perusahaan yang menuliskan perjalanannya dalam sebuah buku, yang berjudul “Riding The Ware: Strategi Andal Menaklukkan Industri Software”.

2. BARANTUM. Barantum meraih penghargaan The Best Customer Retention pada tahun 2019 dari The Entrepreneur Society (TES).

3. CARE TECHNOLOGIES. Care Technologies merupakan market leader untuk solusi industri asuransi umum. Berdiri sejak tahun 2006, sampai saat ini telah memiliki lebih dari 60 konsultan yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun.

4. CPSSOFT. CPSSoft merupakan perusahaan pengembang produk software akuntansi Accurate. Accurate telah 5 kali meraih penghargaan Top Brand Award untuk kategori Software Akuntansi. Terakhir, mereka meraihnya di tahun 2021.

5. DATAON. DataOn meraih penghargaan HR Excellence 2020 untuk kategori Special Award.

6. FAST8 GROUP. Fast8 Group, dengan produk solusi HR Gadjian dan Hadirr, meraih pendanaan awal yang dipimpin oleh Golden Gate Ventures pada tahun 2016.

7. FEEDLOOP. Feedloop meraih pendanaan awal dari East Ventures pada pertengahan tahun 2019.

8. IVOSIGHTS. Ivosights menjadi salah satu peraih Top 25 Customer Experience Management Solution Service pada tahun 2017.

9. JOJONOMIC. Jojonomic telah memperoleh pendanaan dari Finch Capital, East Ventures, dan Golden Gate Ventures, yang terakhir diterima pada awal tahun 2019.

10. KATA.AI. Kata.ai terakhir memperoleh pendanaan Seri B dari Trans-Pasific Technology Fund (TPTF) dan MDI Ventures pada akhir tahun 2020.

11. MEKARI. Terakhir, Mekari memperoleh pendanaan Seri D sebesar $18 juta yang dipimpin oleh Money Forward pada Mei 2021.

12. MTARGET. MTarget (dulu bernama MailTarget) meraih pendanaan awal dari Prasetia Dwidharma pada Juli tahun 2019.

13. ONLINEPAJAK. OnlinePajak telah menjadi unicorn baru pada pertengahan 2021, setelah mencapai valuasi sebesar $1.7 miliar, dengan investor pendukung dari Sequoia Capital India, Warburg Pincus, dan Altos Ventures.

14. PAWOON. 30% saham dari Pawoon diakuisisi oleh PT Distribusi Voucher Nusantara, Tbk. (DIVA) senilai US$ 1 juta pada Agustus 2019.

15. QLUE. Qlue mendapat pendanaan Seri B1 dari Global Brain pada Juni 2021.

16. REALTA CHAKRADARMA. Solusi HR dari Realta yang bernama SIAP+P dan Rhapsody meraih penghargaan IT Works Award pada tahun 2019.

17. SIRCLO. SIRCLO mendapatkan pendanaan sebesar $36 juta yang dipimpin oleh East Ventures dan Saratoga pada September 2021.

18. SYNERGO. Synergo meraih pendanaan awal dari East Ventures pada pertengahan tahun 2017.

19. TADA. TADA memperoleh investasi tambahan dari Giftee pada September 2021.

20. ZAHIR INTERNASIONAL. Zahir Internasional telah meraih banyak penghargaan, seperti Best of The Best APICTA Indonesia 2003, pemenang APICTA 2004, Best 50 Enterprise dari majalah SWA tahun 2006, dan memperoleh bintang 5 dari website review Tucows pada tahun 2010.

Menentukan Ranking Perusahaan Software Terbesar

Setelah memperoleh shortlist dari perusahaan software terbesar, saatnya menentukan 10 teratas software terbesar di Indonesia. Perusahaan yang besar, biasanya diukur dari Aset yang dimiliki, Pendapatan, dan Jumlah Karyawan. Oleh karena kita tidak dapat memperoleh data Aset dan Pendapatan, maka yang digunakan untuk menentukan besar perusahaan adalah Jumlah Karyawan.

Untuk mendapatkan data jumlah karyawan, saya memperoleh informasinya dari laman LinkedIn resmi keduapuluh perusahaan software di atas. Data yang saya ambil bukanlah jumlah karyawan yang dituliskan perusahaan, tetapi jumlah karyawan yang menjadi anggota LinkedIn.

Dari hasil penelusuran yang dilakukan, rangking lengkapnya adalah sebagai berikut:

Perusahaan software terbesar di Indonesia berdasar jumlah karyawan di LinkedIn
Perusahaan software terbesar di Indonesia berdasar jumlah karyawan di LinkedIn

10 Perusahaan Software Terbesar di Indonesia

1. SIRCLO

SIRCLO didirikan oleh tiga anak muda Indonesia pada tahun 2013 dengan visi menjadi e-commerce enabler terdepan bagi bisnis lokal di Indonesia. Solusi pertama SIRCLO merupakan sebuah Software-as-a-Service (SaaS) yang bernama SIRCLO Store.

SIRCLO Store menyediakan jasa pembuatan website toko online berbasis template siap pakai. SaaS ini memberikan solusi bagi brand untuk memiliki situs brand.com resmi yang memfasilitasi pelanggan bertransaksi secara online. Seiring perkembangan kebutuhan untuk berjualan di berbagai kanal online sekaligus, kini SIRCLO Store dapat mengelola penjualan brands di marketplace (sebelumnya SIRCLO Connexi) serta WhatsApp Business API (sebelumnya SIRCLO Chat) melalui satu dasbor manajemen yang terpadu.

Di tahun 2017, SIRCLO meluncurkan SIRCLO Commerce yang merupakan solusi manajemen end-to-end bagi bisnis nasional dan multinasional untuk masuk ke jalur distribusi online. Dengan prinsip untuk terus menghadirkan inovasi teknologi, SIRCLO melakukan merger dengan ICUBE di pertengahan tahun 2020. ICUBE adalah sebuah agensi Indonesia penyedia teknologi dan solusi yang berspesialisasi di Magento selama dua dekade terakhir.

Pada April 2021, SIRCLO mengakuisisi Orami, platform parenting pertama dan terbesar di Indonesia yang menggabungkan Commerce, Content, dan Community dalam satu aplikasi. Komunitas dan model distribusi Orami yang kuat kini melengkapi solusi omnichannel SIRCLO.

2. Mekari

Mekari adalah perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) terdepan yang menyediakan solusi automasi bisnis berbasis cloud untuk mendukung perkembangan beragam bisnis di Indonesia, dari kecil sampai besar, melalui penggunaan teknologi.

Mekari memiliki visi untuk menjadi solusi akselerasi perkembangan pilihan dan dipercaya lebih dari 1 juta bisnis dan 10 juta profesional di Indonesia.

Setelah berdiri sejak 2015, Mekari telah memiliki lebih dari 600 orang karyawan, mencakup lebih dari 20 kota di seluruh Indonesia, memiliki lebih dari 30 ribu klien, lebih dari 300 ribu pengguna, dan lebih dari 9500 pengguna yang telah tersertifikasi.

Beberapa produk software dari Mekari antara lain:

  • Talenta – Software Payroll dan HRIS
  • Jurnal – Software Akuntansi Online terintegrasi
  • KlikPajak – Software Pengelolaan Pajak Online
  • Mekari Flex – Aplikasi Personalisasi Benefit
  • Mekari Chat – Aplikasi Chat Bisnis yang Aman
  • Qontak – Software CRM Omni-Channel

3. DataOn

DataOn adalah perusahaan penyedia solusi HR, ERP, dan Akuntansi terkemuka di Indonesia. Produk SunFish telah digunakan oleh ribuan perusahaan di Indonesia dan Asia Pasifik. SunFish tersedia dalam bentuk SaaS maupun on-premise. SunFish menawarkan solusi komprehensif, dapat dikustomisasi, dan kompetitif dengan solusi dari pengembang software internasional lainnya.

Beberapa produk software dari DataOn antara lain:

  • SunFish HR SaaS
  • SunFish HCM
  • SunFish ERP
  • GreatDay HR

4. TADA

TADA menyediakan platform Customer Retention end-to-end untuk meningkatkan pertumbuhan, keberlangsungan, dan memaksimalkan Customer Lifetime Value (LCV). TADA memiliki visi menjadi perusahaan Customer Retention Platform (CRP) paling berdampak di Asia Tenggara. Saat ini TADA telah memiliki cabang di Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Beberapa produk software dari TADA:

  • TADA Subscription Platform
  • TADA Membership Platform
  • TADA Referral Platform
  • TADA Digital Rewards Platform

5. Zahir Internasional

Zahir Internasional adalah perusahaan pembuat dan pengembang piranti lunak akuntansi dengan nama Zahir Accounting yang didirikan oleh putra bangsa Indonesia sejak tahun 1996. Zahir Accounting diberdayakan oleh tim terbaik dan inovator cerdas yang meliputi programmer andal yang membuat produk hebat, tim implementasi yang berpengalaman membangun sistem di berbagai bisnis, dan staf dukungan pelanggan yang selalu berkomitmen memberi pelayanan terbaik.

Zahir Accounting versi 1.0 dibuat kali pertama pada tahun 1996. Selanjutnya pada tahun 1997 dikembangkan ke versi 2.0 dan dipasarkan mulai tahun 1999. Sejak dipasarkan, Zahir Accounting menjadi perhatian bagi para pengusaha yang memang memerlukan software akuntansi untuk menunjang pencatatan keuangan bisnisnya dengan mudah, cepat, dan tepat.

Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan perusahaan akan software bisnis, pengembangan software Zahir ke versi-versi berikutnya dan layanan purnajual pun terus dilakukan secara berkesinambungan. Zahir Internasional telah menciptakan berbagai edisi software yaitu Zahir Accounting 6, Zahir Point of Sale (POS) 6, Zahir POS Mobile, Zahir Report Server 6, Zahir Sales Order Mobile, Zahir Enterprise Plus, dan Zahir Online. Zahir Internasional menyebutnya sebagai The Best Business Management Software.

Zahir Accounting telah digunakan oleh lebih dari 30.000 perusahaan berskala kecil, menengah, dan besar dengan 50 ribuan pengguna (lisensi) di Indonesia serta mancanegara. Jumlah itu terus bertambah. Kini Zahir telah banyak tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia berupa kantor pusat dan cabang, gerai, agen, dan reseller.

6. Kata.ai

Kata.ai berdiri pada tahun 2015, yang dimulai dengan nama YesBoss. YesBoss menawarkan layanan asisten virtual melalui SMS dan aplikasi mobile. Dalam perjalanannya, Kata.ai memiliki visi yang lebih berdampak dan bisnis yang lebih tinggi skalabilitasnya. Pada tahun 2016, YesBoss tidak lagi aktif dan beralih ke bisnis B2B dengan brand Kata.ai.

Kata.ai menawarkan mesin NLP yang memungkinkan perusahaan untuk membuat chatbot-nya sendiri. Chatbot yang dibuat dengan Kata.ai dapat melakukan percakapan dalam berbagai topik, seperti pengetahuan produk, transaksional, serta pengumpulan data perilaku melalui media sosial dan aplikasi chat. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memahami perilaku pelanggan mereka dan membangun hubungan pelanggan dengan lebih baik.

Beberapa produk dari Kata.ai antara lain:

  • Kata Flow
  • Kata Omnichat
  • Kata Boost
  • Kata NL
  • Kata CMS
  • Kata Voice

7. Pawoon

Pawoon didirikan pada tahun 2014 adalah penyedia solusi Point-of-Sales (POS) berbasis cloud untuk UKM. Pawoon bertujuan untuk menyediakan platform kelas dunia untuk pengelolaan bisnis UKM dengan cara yang efisien, produktif, dan sederhana.

Dengan teknologi, Pawoon percaya bahwa setiap bisnis memiliki peluang sukses yang sama. Pawoon selalu berinovasi agar menjadi tools bisnis yang lengkap. Saat ini Pawoon terus berekspansi dan telah melayani berbagai kota di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Bali, dan kota lainnya.

8. Ivosights

Ivosights adalah perusahaan software yang menawarkan paket platform untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Tujuan Ivosights adalah mengelola dan memuaskan pelanggan Anda dengan memanfaatkan teknologi. Untuk mencapainya, Ivosights fokus dalam memahami mereka dengan memonitor percakapan online, keterlibatan dalam kanal digital, dan memuaskan mereka dengan segmentasi dan otomatisasi sesuai karakter masing-masing.

Beberapa produk software dari Ivosights antara lain:

  • Ripple10
  • Sociomile
  • Sociomation
  • Official WhatsApp Business

9. Jojonomic

Jojonomic menawarkan solusi Officeless Operating System (OOS) Technology Platform untuk mempermudah pengelolaan perusahaan. Suite aplikasi yang unik dan canggih untuk menjalankan seluruh bisnis dan membantu tiap tim memberikan hasil kerja terbaik.

Solusi Produktivitas dan Kolaborasi JojoTimes, JojoTimeSheet, JojoLeave, JojoTask, JojoChat, JojoMeet.

Solusi Pemasaran dan Penjualan JojoMarketing Intelligence, JojoLead Manager, JojoSales Team, JojoSales Pipeline, JojoCampaign Manager.

Solusi Keuangan dan Pengeluaran JojoExpense, JojoInvoice, JojoAsset Management, JojoE-Budgeting, JojoCashCard.

Solusi HR JojoPayroll, JojoE-Learning, JojoRecruitment, JojoPerformance – KPI, JojoPeople – HRM.

Solusi Operasional dan Kerja JojoCX – Customer Experience, JojoCommand Center, JojoDigital Document, JojoProcurement, JojoTravel, JojoHSE.

Solusi Intelligence dan Custom JojoAnalytics, JojoFlow, JojoLink, JojoAPI, JojoLive.

10. OnlinePajak

OnlinePajak (PT Achilles Advanced Systems) adalah penyedia jasa aplikasi perpajakan yang terdaftar dan diawasi oleh Direktorat Jenderal Pajak melalui Surat Keputusan KEP-536/PJ/2021.

Sejak didirikan pada September 2014, OnlinePajak kini telah merangkul ratusan ribu pengguna, mencakup perusahaan, konsultan pajak dan keuangan, serta berbagai platform e-commerce. Termasuk di antaranya adalah Tokopedia, Gojek, Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Astra Otoparts Tbk, Huawei Tech Investment, TNT Skypak International, PT Jasa Marga, dan masih banyak lagi.

OnlinePajak ingin membantu pemerintah menyederhanakan sistem perpajakan di Indonesia. Misi OnlinePajak adalah menghadirkan layanan perpajakan yang mudah, terjangkau, dan mumpuni.

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.