Wawasan IT

7 Tips Cara Cepat Belajar Coding

cara cepat belajar coding

Salah satu pertanyaan umum seseorang yang ingin belajar menjadi programmer adalah “Bagaimana cara cepat belajar coding?”. Tak dapat dipungkiri, pekerjaan programmer kini semakin menjanjikan. Namun, bagi pemula belajar coding dan menguasainya bisa memakan waktu bertahun-tahun. Kebanyakan orang menyerah sebelum mereka benar-benar memulai. Oleh karena itu, kali ini Teknovidia akan membahas beberapa cara untuk belajar pemrograman secara lebih efektif dan cepat.

1. Learning by Doing

Belajar membuat kode sembari langsung mempraktikkannya.

Setiap kali memasuki topik pembelajaran yang baru, maka segeralah praktikkan. Semakin cepat Anda mulai bermain kode, semakin cepat pula Anda memahami konsep yang diberikan.

Jika perlu, buatlah proyek saat Anda masih sedang mempelajari materi. Sebab, seringkali proyek pribadi menjadi titik awal yang baik untuk memperoleh proyek yang lebih besar dari orang lain.

2. Jangan Remehkan Dasar Pemrograman

Sesederhana apa pun yang terlihat pada awalnya, dasar-dasar pemrograman selalu harus didahulukan. Semakin baik Anda memahaminya, semakin mudah untuk mempelajari konsep lainnya yang lebih rumit.

Pada umumnya, orang yang terburu-buru di awal pembelajaran coding, sering kali menjadi yang pertama terjebak saat beralih ke materi lainnya, seperti misalnya materi pemrograman backend.

Jadi sebelum Anda melewatkan bab satu dari tutorial online, ingatlah bahwa Anda telah mengabaikan langkah terpenting dalam pembelajaran Anda.

3. Menulis Kode Manual di Kertas

Monitor komputer boleh saja menjadi lebih tipis, hard drive lebih ringan, dan bahasa pemrograman lebih canggih, tetapi pengkodean dengan tulisan tangan masih tetap menjadi salah satu metode paling efektif untuk mempelajari pemrograman.

Baik itu di papan tulis atau buku catatan, pengkodean dengan tulisan tangan membutuhkan kehati-hatian. Meskipun lebih memakan waktu, namun pengkodean ini akan membentuk Anda menjadi pengembang yang lebih kokoh dalam sisi fundamental, baik saat berada di kelas maupun di dunia kerja.

Dalam ujian di kampus maupun saat wawancara kerja, jangan kaget jika Anda harus membuat kode dengan tulisan tangan, karena ini tidak hanya bagus untuk belajar, tetapi juga secara umum dikenal sebagai ujian pamungkas guna mengukur kemahiran programmer. Jadi, mulailah sejak awal dan biasakan menggunakan praktik kuno ini.

4. Jangan Takut Bertanya pada Senior

Pada umumnya seseorang belajar lebih cepat dengan kehadiran seorang mentor dan umpan balik dari rekan.

Maka, jangan takut untuk meminta bantuan, karena setiap programmer pernah berada di posisi Anda sebelumnya. Selain itu, sebagian besar pengembang yang gemar membuat kode, umumnya mereka juga senang berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Meski demikian, kami menyarankan Anda untuk meluangkan waktu dulu, untuk memikirkan sesuatu sendiri sebelum meminta bantuan. Sebab, dengan berlatih berjuang sendiri, akan membuat Anda menjadi programmer yang lebih baik.

5. Cari Sumber Pengetahuan secara Online

Jangan puas hanya dengan sumber buku di bangku kuliah, carilah sumber online alternatif untuk mempelajari konten yang sama.

Sumber daya online untuk mempelajari pemrograman komputer tidak terbatas, dan selalu ada tutorial ataupun blog yang akan membuat materi menjadi semakin mudah dan jelas.

6. Bermain-mainlah dengan Kode!

Membaca kode contoh tidak cukup untuk memahami cara kerjanya. Untuk mengembangkan pemahaman yang benar, Anda harus benar-benar menjalankan kode dan mengutak-atiknya.

Membaca tidak sama dengan memahami, dan sebenarnya mencoba menulis kode sendiri, atau setidaknya menjalankannya, akan lebih memudahkan proses pembelajaran.

7. Beristirahatlah saat Debugging

Saat debugging, programmer bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan pengecekan, dan tidak ada jaminan bahwa Anda akan dapat memperbaiki masalahnya. Untuk mengatasi hal ini, cara terbaiknya adalah dengan beristirahat dulu selama beberapa jam guna menyegarkan pikiran.

Selain dapat menguraikan masalah, istirahat sejenak juga dapat mengurangi durasi sakit kepala programmer.

Yakinlah bug tidak akan kemana-mana, dan setidaknya setelah istirahat Anda akan lebih bisa memulihkan kewarasan yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas.

Maka tetap tenang dan Anda pun akan belajar membuat kode lebih cepat.


Terlepas dari 7 tips ini, unsur terpenting saat belajar pemrograman adalah tetap menjaga kepercayaan diri. Meski harus gagal berulangkali, tetaplah sabar, karena untuk menjadi ahli dalam segala hal, butuh waktu dan kerja keras.

Jika suatu ketika terlintas keraguan di pikiran Anda, ingatlah bahwa setiap programmer pernah menempuh jalan ini sebelumnya.

Apapun bidang yang Anda jalani saat ini, satu-satunya penentu kesuksesan adalah etos kerja dan kepercayaan diri Anda untuk bertahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.