Wawasan IT

Frames Per Second (FPS): Sejarah, Pengertian, Jenis, dan Optimasi

fps-adalah

FPS adalah istilah yang sangat umum di telinga para gamers. Tapi bagaimana dengan Anda, apakah sudah tahu apa itu FPS?

Pernahkah Anda mengalami suatu kondisi dimana game yang Anda mainkan mengalami gerakan patah-patah? Mungkin FPS Anda sedang mengalami masalah. Frames per second atau biasa disingktat FPS adalah unit yang mengukur kinerja perangkat tampilan dalam pengambilan dan pemutaran video serta permainan video.

FPS digunakan untuk mengukur kecepatan bingkai (frames) jumlah gambar yang ditampilkan secara berurutan setiap detik dan merupakan metrik umum yang digunakan dalam pengambilan dan pemutaran video saat membahas kualitas video.

Dengan kata lain semakin cepat pergantian antara bingkai-bingkai tersebut maka akan semakin nyaman untuk dilihat.

Sejarah FPS

FPS dikemukakan oleh Eadweard Muybridge sebagai orang yang pertama kali berusaha menyusun berbagai bingkai gambar seseorang yang sedang menunggangi kuda menjadi sebuah motion yang dapat bergerak dengan cepat. Hasilnya beliau mendapatkan sebuah prototipe pertama dari video.

Eadweard Muybridge, pencetus FPS. Sumber: Famous Investors

Berbagai Jenis FPS

FPS memiliki berbagai macam jenis namun set yang paling umum digunakan para pengembang game adalah sebagai berikut.

1. 24 FPS

24 FPS adalah standar untuk film dan acara TV, dan ditetapkan sebagai kecepatan minimum yang diperlukan untuk merekam video sambil tetap mempertahankan gerakan realistis. Bahkan jika sebuah film direkam pada kecepatan bingkai yang lebih tinggi, sering kali diproduksi dan ditampilkan pada 24 FPS. Sebagian besar film layar lebar dan acara TV direkam dan ditonton pada 24 FPS.

2. 30 FPS

30 FPS adalah standar untuk televisi sejak awal, dan masih digunakan secara luas meskipun produsen bergerak menuju FPS yang lebih tinggi dan lebih sinematik. Ekstra 6 FPS dari poin sebelumnya sering kali kita temui perbedaannya ketika menonton acara olahraga atau pun bingkai yang memiliki visualisasi cepat.

3. 60 FPS

60 FPS ke atas digunakan untuk membuat video slow motion atau merekam cuplikan video game. Selain itu, seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak smartphone yang kini juga mampu merekam pada tingkat kecepatan 60 FPS.

Terlepas tentang adanya penelitian yang menentukan bahwa mata manusia hanya bisa menangkap maksimal 24 FPS, semakin besar FPS tentunya akan semakin baik dari segi kualitas.

Pentingnya FPS

Frames per second sangat memengaruhi gaya dan pengalaman menonton video. Kecepatan bingkai yang berbeda menghasilkan pengalaman menonton yang berbeda. Memilih kecepatan bingkai mempertimbangkan banyak faktor, seperti seberapa realistis tampilan video yang Anda inginkan atau apakah Anda berencana menggunakan teknik seperti gerakan lambat atau efek buram gerakan atau tidak.

Peran FPS pada Kehidupan Sehari-hari

1. FPS pada Game

Dalam bermain game, FPS tergantung pada kapasitas kartu grafis perangkat dan sistem secara keseluruhan. Pengaturan yang lebih baik membantu menghasilkan lebih banyak bingkai per detik dan itu memungkinkan gameplay yang lebih mulus.

Dalam kasus game first person shooter yang populer, pemain dengan FPS lebih tinggi memiliki sedikit keunggulan dibandingkan pemain dengan FPS lebih rendah. Hal ini dikarenakan pemain yang memiliki FPS lebih tinggi memiliki gameplay yang mulus dan lebih mudah bagi pemain untuk memilih target mereka.

Game first person shooter. Sumber: Jango Game

Berbagai macam FPS yang biasanya terdapat pada game adalah antara 30 FPS sampai dengan 60 FPS. Namun jika Anda memiliki spesifikasi high-end dengan monitor yang refresh rate-nya memadai, maka Anda dapat menembus hingga 240 FPS.

2. FPS pada Televisi

Pernahkah Anda melihat dua televisi yang berjalan secara bersamaan dengan menonton kanal yang sama namun tidak serasi? Salah satu dari televisi tersebut akan ketinggalan dan yang satu pasti akan lebih cepat.

Hal ini dikarenakan FPS yang terdapat di dalam televisi memiliki set yang berbeda. Berikut adalah berbagai macam set tersebut:

  • NTSC adalah singkatan dari National Television Standards Committee; yaitu standar televisi pertama untuk AS yang kemudian digunakan di Jepang, Kanada, dan banyak negara lainnya. NTSC ditampilkan pada 29,97 frame per detik.
  • PAL adalah singkatan dari Phase Alternate Line yang dimainkan di negara-negara Eropa dan ditampilkan dalam 25 frame per detik.
  • SECAM adalah singkatan dari Sequential Color and Memory digunakan di Cina, Rusia, Pakistan, dan beberapa negara lain. Ini juga ditampilkan dalam 25 frame per detik, tetapi tidak kompatibel dengan PAL karena cara memproses informasi warna yang berbeda.

3. FPS pada Sinema / Film

Pernahkah Anda menonton adegan dimana tokoh utama di dalam film Matrix berhasil menghindari banyak peluru secara bersamaan? Ketika adegan tersebut terjadi, seketika layar bergerak secara slow motion.

Adegan menghindari peluru di film Matrix (sudah dimodifikasi). Sumber: Filip Grzincic Blog

Di sinilah letak pentingnya FPS pada sinema, meskipun pada pemutarannya sinema tidak memakai FPS yang lebih dari 24-30 FPS, tetapi pada tahap pengeditan dibutuhkan beberapa adegan slow motion untuk menjadikan sinema tersebut lebih spektakuler.

Slow motion membutuhkan FPS tinggi, bahkan hingga mencapai 200 FPS untuk membuat hyper slow motion.

Tips untuk Mendapatkan FPS Tinggi

Ketika bermain game online, hal pertama yang akan kita perhatikan adalah FPS. Hal ini disebabkan dalam berkompetisi melawan musuh, pemain yang memiliki FPS yang buruk akan dengan cepat terbunuh. Maka dari itu, berikut beberapa tips agar FPS Anda bisa berjalan dengan lancar.

1. Defragmentasi Hard Drive

Kita akan senantiasa terus-menerus menambah dan menghapus file di hard drive yang kita miliki, kemudian kita akan menemukan bahwa paket kecil informasi dapat berakhir di tempat yang acak. Hal ini dapat mengakibatkan komputer kita harus memeriksa beberapa tempat untuk potongan-potongan itu, maka waktu pembukaan / pemuatan file menjadi lebih lama, seperti melakukan boot-up, loading file, dll. Jadi, kita mungkin harus mendefragmentasi hard drive kita untuk menyelesaikan ini dan meningkatkan kinerja komputer.

2. Ganti Power Plan

Secara default, paket daya di komputer dikonfigurasi ke Balanced atau Power Saver untuk menghemat baterai, karena sebagian besar operasi dapat membahayakan kapasitas pengoperasian kartu grafis dan CPU Anda. Namun, Anda dapat melewati batas tersebut dan memaksimalkan kinerja perangkat keras menjadi lebih optimal dengan mengganti power plan menjadi Best Performance. Lebih lanjut, Anda dapat melakukan overclock CPU agar lebih maksimal, namun kami tidak menyarankannya.

3. Upgrade PC

Hal terakhir yang dapat kami sarankan untuk Anda adalah dengan mengganti perangkat keras PC Anda dengan versi yang lebih baru. Hal ini merupakan cara paling efektif mengingat semakin berkembangnya game yang tersedia di internet, maka semakin tinggi spesifikasi perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Penutup

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan tentang ulasan lengkap FPS. Temukan informasi unik dan menarik lainnya hanya di website ini. Sampai jumpa lagi di kemudian waktu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.