11 Cara Merawat Mesin Cuci dengan Benar Supaya Awet

teknovidia.comCara Merawat Mesin Cuci – Aktifitas merawat mesin cuci memang terdengar sangat rumit. Seperti produk elektronik yang lain, mesin cuci anda membutuhkan perawatan rutin agar tahan lama. namun tak perlu khawatir, kami akan memberitahukan cara merawat mesin cuci yang benar pada artikel dibawah ini.

Perawatan mesin cuci dirumah sebetulnya sangat sederhana. Sederhana memang, tapi jangan remehkan cara merawat mesin cuci anda. Jika anda merawat mesin cuci anda dengan baik, itu dapat digunakan untuk waktu yang lama tanpa kerusakan.

Jadi mari kita lihat tips perawatan mesin cuci yang disampaikan di bawah ini.

Cara Merawat Mesin Cuci

Cara Merawat Mesin Cuci

1. Ikuti praktik penyimpanan mesin cuci yang baik

Keawetan mesin cuci tudak cuman ditentukan dengan penggunaan yang benar saja, tapi juga dimana anda menempatkannya. Dengan menentukan lokasi yang sallah bisa menurunkan kualitas dari mesin cuci itu sendiri.

Salah tempat justru akan mempercepat kerusakan pada alat ini. Lalu dimana lokasi yang benar untuk menyimpan mesin cuci? Hindari lokasi yang lembab, karena akan merusak mesin cuci.

Lokasi yang minim cahaya dan udara juga tidak bagus untuk mesin cuci karena akan berpengaruh pada suhu didalam mesin cuci. Metode ini bisa digunakan untuk memposisikan mesin cuci 2 tabung maupun 1 tabung.

2. Jangan mengemas terlalu banyak pakaian

Ketika anda terburu-buru, bisa saja anda memasukkan banyak sekali pakaian kedalam mesin cuci alias over. Padahal itu bisa menyebabkan masalah serius dan bisa membuat mesin cuci tidak tahan lama.

Jika seperti itu tidak cuman membuat mesin tidak bisa bekerja dengan optimal, tapi pakaian juga tidak dicuci dengan benar dari debu dan kotoran yang tertempel dipakaian. Jadi perhatikan kapasitas maximum mesin cuci yang dimiliki agar tidak melebihi dari yang semestinya.

3. Jangan menyimpan pakaian terlalu lama

Kebiasaan jelek lain yang bisa menurunkan kwalitas mesin cuci anda ialah terlalu lama memasukkan pakaian kedalam mesin. Terlalu lama menyimpan pakaian didalam mesin cuci akan memunculka bau tak sedap. Tentu saja, bau dari mesin cuci bisa meresap kedalam pakaian anda, jadi anda harus mencuci pakaian anda lagi.

4. Sesuaikan pengaturan mesin cuci dengan jenis pakaian.

Sebagian besar mesin cuci modern memiliki pengaturan khusus untuk setiap jenis pakaian. Tentunya pakaian yang terbuat dari bahan kasar seperti jeans cara pencuciannya berbeda dengan pakaian yang terbuat dari katun. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang tepat tergantung dari jenis pakaian yang akan dicuci.

Selain menjaga kualitas pakaian anda dengan baik, pengaturan mesin cuci anda sesuai dengan pakaian yang ingin anda cuci akan membantu menjaga keawetan dan umur panjang mesin cuci anda.

5. Mencuci bak pencuci dan saringan

Tips selanjutnya agar mesin cuci anda awet adalah dengan membersihkan tabung mesin cuci. Caranya sangat mudah. Setelah dicuci, cukup isi mesin cuci dengan air secukupnya dan setel ke mode pembersihan.

Setelah membersihkan tabung mesin cuci, lanjutkan untuk membersihkan filter mesin cuci. Filter mesin cuci adalah tempat semua kotoran dari pakaian yang anda cuci bersarang. Oleh karena itu, pembersihan filter mesin cuci sama pentingnya dengan pembersihan drum.

Untuk hasil yang lebih baik, anda dapat membersihkan selang dan filter mesin cuci anda setiap dua minggu sekali. Kotoran seperti lumut, sisik, dan noda sedimen lainnya dihilangkan dengan cara ini.

6. Cabut steker mesin cuci setelah digunakan

biasanya orang membiarkan steker mesin cuci tersambung ke listrik. Padahal, jika keseringan mungkin juga tidak bagus untuk mesin cuci anda. Saat terjadi mati listrik, tegangan alat elektronik jadi tidak stabil.

Maka dari itu, korsleting dan perangkat elektronik gampang rusak. Untuk mencegah terjadinya cacat, disarankan untuk mencabut steker listrik setelah menggunakan mesin cuci.

7. Perlindungan bagian-bagian penting dari mesin cuci

Bagian inti mesin cuci, seperti panel kontrol dan modul PCB, ialah bagian yang harus dijaga agar tidak terkena air dan deterjen. Jaga kebersihan beberapa bagian penting mesin cuci anda dari hal-hal tersebut.

Kalau kena air atau detergen, segera lap dengan kain kering. Lindungi bagian penting mesin cuci anda akan mencegah terjadinya kerusakanĀ  atau korsleting pada mesin cuci anda.

8. Jangan paksa timer mesin cuci mati

Tiap mesin cuci diberi timer otomatis untuk matikan mesin cuci. Umumnya pada mesin cuci dua pipa model lama pengatur waktunya bentuknya kenop yang dapat diputar arah jarum jam. Di sisi lain, pengatur waktu yang disediakan dimesin cuci dengan satu tabung bukaan atas atau satu tabung depan otomatis.

Jangan sembarangan menghentikan timer yang masih berjalan. Jalankan mesin cuci dengan waktu yang sudah ditentukan. Sistem mudah rusak jika timer selalu distop dengan cara paksa. Bahkan jika anda mencoba mencuci dalam mode otomatis, masalah akan muncul kemudian.

9. Cara membersihkan mesin cuci 1 pipa

Jenis mesin cuci satu tabung ini biasanya memiliki fungsi dan sistem yang sepenuhnya otomatis. Selain perawatan di atas, selalu ingat untuk membuka penutup setelah menggunakan mesin cuci. Ini terbukti sangat berguna untuk menghentikan mesin cuci otomatis sepenuhnya.

Biasanya saat selesai mencuci, anda lupa mematikan tombol power dan mesin cuci menjadi standby. Membuka penutup dapat berfungsi sebagai pengingat untuk memeriksa kondisi mesin cuci setelah digunakan. Bayangkan tidak hanya membuang-buang listrik jika mesin cuci anda dalam keadaan standby, tetapi akan terus bekerja dan cepat panas.

10. Cara membersihkan mesin cuci 2 pipa

Selain 8 tips di atas, ada hal lain yang perlu diperhatikan saat merawat mesin cuci single tube anda. Ini untuk memeriksa benda-benda yang terlempar dari pakaian ke dalam tabung spin dan masuk ke badan utama. Koin, kancing, kertas, gumpalan benang, dan benda kecil lainnya biasanya ditemukan di antara bagian-bagian ini.

Jangan abaikan ini untuk memastikan putaran tabung bekerja dengan baik dan motor tidak terbakar. Sayang sekali jika mesin cuci tabung tunggal anda rusak akibat kelalaian sekecil itu.

11. Cara merawat mesin cuci bukaan atas

Mesin cuci bukaan atas adalah mesin cuci bak tunggal dengan pintu di bagian atas. Seluruh sistem pengaturan mesin cuci juga ada di atas. Jika memungkinkan, hindari memaparkan tombol ini ke air, parfum cair, detergen, atau benda berbahaya lainnya. Setelah digunakan, gunakan kertas karton atau kain tebal yang kering untuk menutupi mesin cuci bukaan atas.


Itulah penjelasan bagaimana Cara Merawat Mesin Cuci yang baik dan benar. Semoga dengan membaca artikel diatas anda bisa merawat mesin cuci dan bisa awet yang teman. Terima Kasih!

Leave a Comment