Terbaru 2022! Review Laptop MSI Summit E16 Flip Evo

Teknovidia.com Review Laptop MSI Summit E16 Flip Evo – MSI Summit E16 Flip Evo adalah laptop kinerja semi-portabel yang berkelas dan tahan lama dengan layar besar 360 derajat 16 inci. Tampilan versi yang ditinjau tidak terlalu mengejutkan dan Anda berharap untuk melihat touchpad kaca pada tingkat ini, tetapi MSI telah membuat beberapa kesalahan dengan laptop yang solid ini.

MSI Summit E16 Flip Evo adalah laptop dengan kinerja serbaguna layar besar serta engsel 360 derajat, yang mungkin tampak sangat tidak mungkin di komputer dengan layar 16 inci.

Laptop ni memiliki semua elemen yang saya cari di laptop solid, yang berfungsi sebagai PC utama. Baterai besar dapat bertahan hingga 12 jam penggunaan ringan, selama Anda memilih mode yang tepat. Intel Core i7-1260P memberikan daya yang lebih dari cukup untuk semua tujuan produktivitas, dan RAM 16GB membuat pengeditan video 4K yang nyaman menjadi proposisi yang realistis.

Tapi ada beberapa kekurangan kecil. MSI membuat versi lain dari Summit E16 Flip Evo dengan tampilan yang lebih baik di pasar lain, tetapi panel 1200p yang digunakan di sini cukup baik dalam hal kontras dan kecerahan maksimal. Penggunaan touchpad plastik daripada kaca pada level ini mengecewakan.

MSI Summit E16 Flip Evo memiliki Rp 20.853.000, dan tersedia online seperti amazon seharga 20.253.886,00 pada saat peninjauan โ€” jauh lebih murah daripada Dell XPS 15 atau Apple MacBook Pro 16, tetapi Dell Inspiron 16 Plus membutuhkan lebih banyak uang anda.

Review Laptop MSI Summit E16 Flip Evo

Berikut merupakan ulasan yang bisa anda pelajari dan ketahui tentang Laptop terbaru dari MSI, yaitu MSI Summit E16 Flip Evo. Simak ulasannya dibawah!

Desain

review laptop msi summit E16 Flip Evo

Summit adalah rentang “bisnis” dari MSI. Jangan datang mengharapkan gaya yang benar-benar menarik. Namun, MSI Summit E15 Flip Evo dibuat untuk mengesankan. Penutup, penutup keyboard, dan pelat bawah terbuat dari aluminium, dan semua permukaannya sangat kaku.

Ada batas plastik yang berada di sekeliling bagian bawah. Namun, itu tidak terasa murah dan dapat membantu meningkatkan kekakuan desain.

MSI Summit E16 Flip Evo tenang, tetapi terlihat bagus untuk laptop bisnis, dan alumnium miring yang cerah di sekitar touchpad tampak seperti bagian pernyataan di antara semua yang hitam. Saya menemukan lapisan hitam sebagai noda jari, dan di ruangan yang cukup terang, tanda minyak itu menjadi sangat jelas.

Desain yang cukup polos membuat engsel 360 menjadi sesuatu yang mengejutkan. Anda dapat melipat layar MSI Summit E16 Flip Evo sepenuhnya sehingga penutupnya berada di bagian bawah. Tentu saja, Anda mungkin tidak akan menggunakan laptop ini sebagai tablet dengan ukuran ini, lebih mungkin dalam posisi “tent” di mana layar berdiri, dan laptop memakan sedikit ruang.

Ini berguna untuk menonton YouTube saat Anda memasak atau, saya kira dalam review laptop MSI Summit E16 Flip Evo ini, untuk memberikan presentasi tanpa keyboard menonjol canggung dari bawah. Ini adalah laptop bisnis, jadi saya kira itu niat MSI.

Desain 360 derajat seperti ini dapat menyebabkan engsel goyah yang mengganggu tetapi yang ini cukup bagus. Ini tidak sekuat laptop normal yang solid tetapi layar bergoyang saat Anda bekerja di permukaan yang tidak rata tidak terlalu buruk. Dengan berat 1,9kg, beratnya masuk akal untuk laptop 16 inci dan ramping pada 17mm. Laptop ini sepertinya tidak terlalu besar.

MSI Summit E16 Flip Evo memiliki rangkaian koneksi solid yang paling memuaskan, kecuali pengguna kamera yang sering dan mereka yang benar-benar menginginkan koneksi Ethernet khusus.

Anda mendapatkan slot microSD, tetapi bukan slot SD ukuran maksimal. Ada dua port Thunderbolt 4 di samping, salah satunya digunakan untuk mengisi daya laptop. Ini duduk di samping port HDMI 2.0. Di sisi lain laptop terdapat dua konektor USB 3.2 dan jack headphone/headset 3.5mm.

Ada juga sakelar fisik untuk memutuskan webcam yang sangat bagus. Sebagian besar laptop, bahkan yang mahal, memiliki webcam 720p yang suram. Ini adalah 1080p yang jauh lebih buruk yang dapat menghasilkan nada daging yang lebih baik dan lebih detail. Pengurangan noise cukup lemah, menyebabkan noise gambar menari dalam pencahayaan yang buruk, tetapi gambarnya masih jauh lebih baik daripada gambar buram samar yang ditawarkan beberapa laptop 720p.

Dalam review laptop MSI Summit E16 Flip Evo ini, Laptop ini memiliki dua speaker klasik, di setiap sisi keyboard. Awalnya saya mengira ini terdengar sangat lemah dan ramping, tetapi ini tampaknya disebabkan oleh implementasi yang meragukan dari perangkat lunak Pemrosesan Audio DTS yang telah diinstal sebelumnya. Matikan dan speaker menjadi lebih keras.

Volume maksimum cukup baik untuk laptop dari kategori bisnis, tetapi treble dapat terdengar sedikit rapuh dan kedalaman bass buruk. Kami tidak terlalu dekat dengan kualitas suara MacBook Pro 16 di sini, tetapi menemukan MSI Summit E16 Flip Evo sebenarnya bisa menjadi sangat keras dengan DTS dimatikan adalah kelebihan yang menyenangkan.

MSI Summit E16 Flip Evo memiliki keyboard yang solid. Perjalanan tombol lebih baik daripada norma laptop gaya hidup pada 1,5mm, dan tombol terasa ringan dan cepat, sambil memberikan umpan balik tekanan yang cukup untuk rasa yang memuaskan. Saya lebih suka tombol ini daripada kunci MacBook Air yang baru saya gunakan sebagai komputer sehari-hari, berkat perjalanannya yang lebih baik.

MSI juga mendapatkan poin pujian ekstra karena tidak membiarkan NUM pad mendorong bagian utama keyboard secara dramatis keluar dari tengah. Pad NUM menggunakan tombol mini, yang berarti membutuhkan lebih sedikit ruang. Saya akan senang untuk menendang keluar pad sepenuhnya tetapi, hei, ini adalah laptop bisnis. Bisnis terkadang melibatkan perhitungan, bukan?

Keyboard MSI Summit E16 Flip Evo menggunakan lampu latar putih 3 tingkat sederhana. Hal-hal yang benar-benar normal. Ini bukan lampu latar yang dieksekusi paling elegan yang pernah saya lihat baru-baru ini, dengan LED yang terlihat jelas jika Anda melihat dari sudut yang tepat, tetapi itu berhasil.

Touchpad terlihat seperti itu, tetapi harus lebih baik. Itu besar, perbatasan aluminium mentah tampak hebat. Namun, permukaannya terbuat dari plastik, bukan kaca bertekstur yang saya harapkan dari harganya. Anda dapat membedakannya saat Anda menggeser jari di atasnya. Plastik ini adalah permukaan gesekan yang lebih tinggi, yang lebih cenderung “mencicit” saat Anda mengubah arah gesekan Anda. Meskipun bagus untuk alas plastik, desain laptop yang umumnya kelas atas membuat alas plastik ini tampak tidak pada tempatnya.

Selama beberapa jam pertama saya juga berpikir clicker agak kaku dan bekerja keras, tetapi saya berhasil. Ini memiliki klik gelap dan substansial yang memiliki lebih banyak daging dan kedalaman daripada bantalan haptic yang mulai menyebar di seluruh model dari Microsoft dan Huawei.

Layar MSI Summit E16 Flip Evo

Jelajahi situs web MSI dan Anda akan melihat beberapa spesifikasi tampilan untuk MSI Summit E16 Flip Evo. Ini adalah LCD 16 inci 1920 x 1200 piksel dengan kecepatan refresh maksimum 165Hz. Kesan pertama saya selama review laptop MSI Summit E16 Flip Evo adalah 1200p terlihat agak melebar pada ukuran ini. Pikselasi cukup jelas, terutama di aplikasi produktivitas tempat Anda secara rutin menggunakannya.

Kecerahan maksimal tidak terlalu tinggi pada 324 nits. Saya menggunakan MSI Summit E16 Flip Evo di luar ruangan selama beberapa jam saat menulis bagian dari ulasan ini, dan hampir tidak tergores. Lebih dekat ke 400 nits akan diinginkan, dan MacBook Pro 16-inci terkenal dapat mencapai 1000 nits dalam penggunaan umum. Untuk penggunaan di dalam ruangan sangat bagus.

Kontrasnya di bawah rata-rata untuk laptop “premium”. Saya mengukur antara 826:1 dan 900:1 tergantung pada tingkat kecerahan dan bagian layar tempat saya menempelkan alat colorimeter saya. Kontras terbatas tidak muncul di hadapan Anda di MSI Summit E16 Flip Evo. Sejujurnya terlihat bagus di ruangan rata-rata, tetapi kedalaman hitamnya yang terbatas akan menjadi lebih jelas jika Anda, katakanlah, mencoba menonton film di ruangan yang remang-remang.

Melihat lebih dekat, ada juga beberapa cahaya latar yang redup dalam model ulasan MSI Summit E16 Flip Evo, dengan tambalan yang lebih terang terlihat di kiri bawah layar.

Warna cukup kuat. MSI menggambarkan ini sebagai laptop DCI P3 di beberapa halamannya secara online. Itu tidak memenuhi 100% dari gamut warna DCI P3, tetapi 90,4% cukup dekat untuk tidak menjadikan klaim ini sebagai karya fiksi yang lengkap. Itu hasil yang sangat baik untuk jenis laptop ini.

MSI Summit E16 Flip Evo, tentu saja, mencakup 100% sRGB โ€“ apa yang saya anggap sebagai minimum untuk reproduksi warna yang baik di laptop kelas atas.

Sebagai hibrida, ini adalah layar sentuh. Dan Anda dapat beralih antara mode 60Hz dan 165Hz menggunakan opsi Pengaturan standar Windows 11. Pengaturan yang lebih tinggi membuat gerakan kursor terlihat lebih halus, dan meningkatkan gerakan secara umum. Piksel panel ini tampaknya juga bereaksi cukup cepat, mampu memanfaatkan kecepatan refresh yang tinggi dengan baik. Ini juga mendukung stylus, tetapi Flip Evo saya tidak menyertakannya.

Performa

MSI Summit E16 Flip Evo memiliki prosesor Intel Core i7-1280P, RAM 16GB, dan SSD PCIe 4.0 512GB. Ini akan membantu mengambil keuntungan dari harga awal yang mungkin pada awalnya tampak menakutkan. Harga Summit lebih murah daripada LG Gram 16, lebih murah dari Dell XPS 17 dan jauh lebih murah daripada MacBook Pro 16 dengan spesifikasi yang sebanding.

Saya pikir Core i7-1280P adalah prosesor yang sempurna untuk laptop jenis ini. Itu milik seri P tingkat menengah Intel, yang memiliki TDP 28W โ€“ menyeimbangkan daya dan konsumsi energi dengan baik.

Saya akan menggunakan MSI Summit E16 Flip Evo untuk mengedit foto dan mengedit video dengan senang hati. Ini tidak terlalu cocok untuk tugas yang lebih bergantung pada GPU seperti pemodelan 3D dan pekerjaan SFX video, karena tidak ada kartu video khusus.

Ini menggunakan grafis Intel Xe yang dipanggang dari Intel. Dan sementara saya pikir chipset ini sangat bagus untuk membuka game bagi mereka yang suka mencoba-coba sesekali tetapi tidak akan pernah membeli laptop gaming. Anda dapat memainkan game era PS4/Xbox One dengan cukup baik, tetapi judul yang lebih baru seperti Cyberpunk 2077 akan melibatkan hit besar pada visual dan penurunan ke resolusi 720p.

MSI memang membuat varian dari Summit E16 dengan GPU Nvidia RTX 30-series diskrit, tetapi bukan itu yang saya ulas hari ini.

Di bawah tekanan, MSI Summit E16 Flip Evo tetap cukup senyap, tetapi ada komponen frekuensi tinggi pada suara kipas yang sedikit mengganggu. Namun, MSI memang memberi Anda cara untuk meminimalkan kebisingan. Salah satu pintasan keyboard mengakses profil kinerja. Mode “tenang” dan Baterai Super membatasi penarikan daya untuk membuat laptop hampir senyap hampir sepanjang waktu.

Ini adalah kontrol yang cukup kuat. Mode Baterai Super mengurangi skor Geekbench dari 11.500-12.000 menjadi 4484, jadi Anda harus memperhatikan mode mana yang Anda gunakan.

Daya tahan baterai

  • Kapasitas 82Wh yang bagus
  • Hingga 12,5 jam penggunaan ringan
  • Profil MSI menawarkan kontrol gaya pro

MSI Summit E16 Flip Evo memiliki baterai 82Wh. Ini awalnya menurut saya sebagai kapasitas yang besar tetapi saya telah meninjau terlalu banyak laptop 13 inci baru-baru ini karena mirip dengan kapasitas LG Gram 16 dan HP Envy X360 16.

Laptop ini memiliki daya tahan baterai yang sangat baik, terutama mengingat laptop Intel Generasi ke-12 yang saya ulas sejauh ini masih belum mencapai ketinggian yang telah dicapai oleh laptop CPU AMD dalam beberapa tahun terakhir.

Saya telah menjalankan banyak tes pada hal itu, dan hasil terbaik adalah 12 jam 36 menit. Ini berasal dari menjalankan benchmark Kantor Modern PC Mark 10 pada kecerahan 150-nit dengan penyegaran layar diatur ke 60Hz, Penghemat Baterai Windows 11 diaktifkan dan mode daya laptop sendiri disetel ke Baterai Super.

Saya menjalankan ulang pengujian setelah mematikan mode hemat baterai. Itu berlangsung sembilan jam, tetapi telah berhenti pada biaya 20% karena beberapa tindakan otomatis diterapkan. Hasilnya menunjukkan bahwa itu dapat bertahan sekitar 11 jam kerja ringan tanpa roda pelatihan menyala.

Untuk hasil terbaik di sini, Anda harus memperhatikan mode khusus MSI ini:

  • AI
  • Max Perormance
  • Balanced
  • Quiet
  • Super Battery

Masing-masing, terlepas dari mode AI Otomatis, memberikan batasan yang semakin menekan pada seberapa banyak daya yang dapat digunakan prosesor. Tapi itu tidak seperti Super Battery yang mengubah Intel Core i7-1260P MSI Summit E16 Flip Evo menjadi Celeron. Baterai Super baik-baik saja untuk tugas-tugas dasar.

Menggunakan MSI Summit E16 Flip Evo untuk pekerjaan umum dengan kecerahan layar maksimal, tetapi masih diatur ke 60Hz, saya menemukan itu bisa bertahan sekitar 7 jam 45 menit.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan review laptop MSI Summit E16 Flip Evo yang bisa anda ketahui dan sebagaireferensi anda untuk membeli laptop. Semoga dari penjelasan diatas akan dengan mudah memberikan informasi yang anda butuhkan. Semoga membantu yah! Terima kasih!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA