Berikut Fungsi Exhaust Fan yang Dapat Menyehatkan

teknovidia.comFungsi Exhaust Fan – Faktor yang tidak kalah penting dalam mencapai kenyamanan pada suatu ruangan ialah melalui sistem sirkulasi udara yang baik. Selain ventilasi udara yang baik serta memadai, kwalitas udara yang baik dapat diupayakan dengan memakai perangkat elektronik khusus.

Fungsi exhaust fan berhubungan dengan penjagaan sirkulasi udara dan hindari dampak jelek dari kwalitas udara yang tak bagus. Exhaust Fan yang ditempatkan secara strategis memberikan sejumlah manfaat.

Mari kita pahami bersama pada artikel dibawah ini apa itu exhaust fan dan apa saja fungsinya.

Fungsi Exhaust Fan

Fungsi Exhaust Fan

1. Kenali Alat Exhaust Fan

Exhaust Fan merupakan jenis kipas yang dipakai untuk mengontrol sekitaran dalam ruangan dengan membuang bau yang tak sedap, kelembapan, asap, dan udara kotor lainnya. Exhaust Fan juga bisa diintegrasikan kedalam sistem pendingin dan pemanas udara.

Dengan adanya fitur exhaust fan, maka lokasi untuk ditempati kipas angin jenis ini biasanya berada di ruangan tertentu saja yang rawan dengan masalah kelembaban setempat. Contohnya kamar mandi, dapur, laundry dan sauna.

Exhaust Fan biasanya gampang sekali dipasang dan dapat ditaruh diberbagai lokasi. Instalasinya sendiri memperlukan beberapa alat dan memakai listrik.

2. Cara Kerja Exhaust Fan

Exhaust Fan bekerja dengan menyedot udara yang panas atau lembab dari area sempit yang terlokalisasi dan kemudian membiarkan udara segar masuk dari ventilasi lain untuk menggantikan udara tersebut.

Exhaust fan dipakai untuk menarik udara keluar ruangan dengan memakai motor untuk lakukan pemutaran baling-baling. Udara pengap, lembab, atau tercemar kemudian didorong keluar ruangan melalui ventilasi pembuangan.

Exhaust Fan dioperasikan secara elektrik serta dapat dikontrol dengan sakelar yang ada pada dinding. Beberapa model didampingi dengan termostat yang beri sinyal pada unit untuk hidup saat area pemasangan mencapai suhu tertentu.

Exhaust Fan ini cuman efektif diruangan yang kecil. Exhaust Fan yang dapat bergerak dengan kecepatan kurang lebih 2 meter kubik / detik umumnya memberikan ventilasi yang pas. Area yang lebih luas membutuhkan sistem ventilasi yang lebih besar.

3. Fungsi umum Exhaust Fan

Kelebihan exhaust fan dibandingkan dengan kipas biasa atau AC adalah fungsi sirkulasinya. Adanya peran ventilasi yang disediakan, exhaust fan bermanfaat sekali bagi rumah anda, kwalitas udara didalam ruangan, dan kenyamanan penghuni.

Dari uraian sebelumnya bisa disimpulkan bahwa fungsi exhaust fan sebagai berikut :

  • Mendinginkan suhu ruangan : Exhaust Fan bisa dengan sangat cepat mendinginkan ruangan yang over panas dikarenakan aktivitas memasak aatau mandi. Alat ini bisa mengeluarkan panas keluar ruangan demi turunkan suhu dalam ruangan dan tak perlu menggunakan AC.
  • Kurangi Kelembaban : Exhaust Fan membuang kelembapan yang berlebih yang bisa saja merusak rumah anda. Kondensasi dari penggunaan air panas bisa terbentuk didinding, atap langit, dan permukaan yang lain yang memungkinkan tumbuhnya jamur.
  • Pengurangan polutan di udara : Exhaust Fan bisa meminimalisir bertumpuknya bahan kimia serta kontaminan lain dalam ruangan. Bahan kimia yang dibiarkan mengendap akan membahayakan anda kalau itu terhirup.
  • Menghilangkan Bau : Exhaust Fan juga berguna di garasi serta bengkel untuk ventilasi ruangan. Kedua area itu bisa menghasilkan bau yang kuat yang akan membuat pekerja dapat berinteraksi dengan bahan kimia. Exhaust Fan bisa digunakan untuk menciptakan udara yang lebih sejuk, sehingga┬á dapat hilangkan bau serta asap dari cat ataupun pernis.
  • Meningkatkan kualitas udara : Exhaust Fan berguna untuk menaikkan kwalitas udara didalam ruangan dengan hilangkan bau, polutan, dan kelembapan. Proses ventilasi yang tepat bisa menghilangkan udara stagnan di rumah dan mengganti dengan udara segar untuk mengisi ruangan.

4. Fungsi Exhaust Fan pada dapur

Menurut Home Question Answer, fungsi exhaust fan umumnya digunakan di lingkungan seperti dapur. Lokasi ini cenderung dipenuhi uap yang dapat mendorong pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, Exhaust Fan digunakan untuk mengeluarkan udara hangat dan lembab ke luar dengan cara yang tidak berbahaya.

Exhaust Fan melepaskan bau masakan ke luar sehingga tidak tinggal di dalam ruangan. Misalnya, saat orang memasak makanan berasap, Exhaust Fan dapat membantu menjaga udara masuk dan keluar dapur tetap bersih.

Tudung di atas kompor dapur adalah jenis Exhaust Fan. Ini dirancang untuk menyedot asap dari kompor dan mencegahnya menyebar ke seluruh ruangan.

5. Fungsi Exhaust Fan pada kamar mandi

Ciri khas dari kamar mandi ialah tempat yang sangat lembab dan aroma yang khas. Walaupun kelembapan merupakan faktor penting supaya kamar mandi anda berfungsi baik, namun kelembapan yang terlalu tinggi dapat membuat dinding mengelupas dan rusak.

Salah satu kelebihan terbesar jika gunakan Exhaust Fan ialah dapat menurunkan kelembapan. Menurunkan kelembapan akan mencegah jamur yang menumpuk, yang akan jauh lebih susah untuk dibersihkan.

Kemudian, jika ada bau tak enak dikamar mandi, exhaust fan juga akan bekerja maksimal untuk menghilangkan bau itu. Sistem ventilasi dari exhaust fan tak hanya bisa bantu jaga kamar mandi anda tetap terawat, tetapi juga dapat memberikan nuansa yang lebih sejuk dan segar bagi yang akan menggunakannya di lain waktu.

Utamanya fungsi exhaust fan sebagai alat mengatur sirkulasi udara untuk menjamin kwalitas udara yang sehat meskipun ruangan tertutup. Perlu dicatat bahwa efektivitas Exhaust Fan tergantung pada ukuran ruangan dan kecepatan aliran udara yang dibutuhkan untuk ruangan itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan pengukuran khusus disetiap ruangan untuk memaksimalkan fungsi exhaust fan.


Sekian pembahasan tentang beberapa Fungsi Exhaust Fan yang sangat penting untuk sirkulasi dibeberapa bagian dirumah anda. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk anda para pembaca setia Teknovidia. Terima Kasih!

Leave a Comment