7 Kebiasaan Penyebab Baterai HP Rusak, Jangan Diremehkan!

teknovidia.comPenyebab Baterai HP Rusak – Penyebab utama baterai hp rusak dengan cepat ialah kebiasaan user hp yang cuman terfokuskan dalam merawat fisik hp saja dan tanpa perhatikan kesehatan hp, terkhusus pada baterai. Jika ingin menggunakan baterai hp dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya hindari kebiasaan berikut mulai sekarang. Yuk simak sampai akhir!

Penyebab Baterai HP Rusak

Penyebab Baterai HP Rusak

Charger semalam suntuk

Apakah anda salah satu dari orang yang mengisi baterai hp sebelum tidur dimalam hari lalu cabut ketika sudah bangun dipagi hari? Kebiasaan cara mengisi daya hp yang seperti ini sering kali dijadikan alasan untuk memastikan hp bisa dipakai dalam kondisi prima dipagi harinya saat akan memulai aktivitas.

Ternyata hanya mengisi daya hp anda semalaman dan mengeluarkannya di pagi hari bisa merusak baterai hp anda. Daya baterai yang secara terus-menerus diisi meskipun baterai sudah penuh bisa menjadi penyebab kebocoran atau kerusakan baterai. maka dari itu, segera cabut charger sesudah baterai hp terisi penuh supaya baterai bisa bertahan lebih lama dan awet.

HP tak pernah dimatikan

Layaknya manusia yang butuh istirahat, hp anda pun butuh ‘istirahat’ dengan mematikannya secara berkala. Jika anda menggunakan hp terlalu sering tanpa istirahat, baterai hp anda akan menjadi panas, yang tidak baik untuk baterai itu sendiri dan komponen hp lainnya.

Kami menyarankan anda mematikan hp saat tidak digunakan, seperti saat tidur, untuk memastikan kinerja baterai yang andal.

Menggunakan HP terlalu lama ketika mengisi daya

Disarankan untuk mematikan telepon atau tak menggunakannya sama sekali saat mengisi daya. Akan tetapi di dunia nyata atau kenyataannya, seringkali orang masih memakai hp nya untuk mengobrol, menelepon, bahkan main game sambil mengisi daya.

Kebiasaan ini tidak baik sekali untuk kwalitas baterai hp, sebab menggunakannya sambil mengisi daya akan menaikkan suhu hp serta merusak sel-sel yang ada pada baterai hp.

Menggunakan charger yang tidak sesuai spesifikasi

Umumnya orang tak peduli apakah charger yang mereka gunakan pas dan sesuai dengan spesifikasi hpnya atau malah tidak sesuai.

memang anda tetap bisa menggunakannya untuk mengisi daya hp, namun dengan memakai charger yang tak sesuai spesifikasi bisa menyebabkan kerusakan pada baterai hp anda. Semisal, kalau anda memiliki hp cerdas Blackberry, coba gunakan pengisi daya yang serupa. Maka anda juga perlu menggunakan pengisi daya Blackberry.

Untung saja, kini sudah tersedia charger untuk semua jenis hp, terkhusus yang punya micro USB di ujung kabelnya. Jadi anda tak usah bingung kalau charger hp asli anda rusak ataupun hilang. Namun, perlu diingat bahwa anda sebaiknya memilih kabel charger berdasarkan spesifikasi hp anda.

Pengisi daya dilepas sebelum baterai penuh

Ketika kita ingin melakukan perjalanan, kita buru-buru mengambil telepon kita meskipun sedang diisi. Kebiasaan mencabut hp saat belum terisi penuh juga bisa menyebabkan baterai rusak.

Pasalnya, pada umumnya baterai yang digunakan pada hp lithium-ion memiliki masa pakai yang bergantung pada besaran dayanya. Maka dari itu, semakin sering anda mengisi daya, semakin pendek masa pakai baterai.

Menggunakan HP ketika panas

Jika dalam keadaan yang sangat panas juga bisa menjadi penyebab baterai hp anda cepat rusak. Udara panas bisa merusak hp anda yang akan berimbas menaikkan suhu mesin dan baterai hp anda. Maka dari itu, mulai kurangi pemakaian hp di luar ruangan, terutama saat kena sinar matahari secara langsung.

Menyalakan Jaringan Wifi

Penyebab lain yang bisa merusak baterai hp ialah selalu mengaktifkan layanan pencarian sinyal wifi. Jika secara terus-terusan menyalakannya maka akan memakan banyak sekali daya pada baterai hp, karena hp akan terus mencari sinyal wifi disekitarnya. Jadi nyalakan saja jika dibutuhkan, dan matikan jika tidak sedang dibutuhkan.


Sekian beberapa Penyebab Baterai HP Rusak. Selain faktor perangkat keras, terlalu banyak memakai aplikasi yang berjalan di background juga dapat mengurangi daya tahan baterai. Pastikanlah aplikasi yang berjalan secara online yang anda pakai berasal dari sumber yang bisa dipercaya contohnya Google Play dan App Store.

1 thought on “7 Kebiasaan Penyebab Baterai HP Rusak, Jangan Diremehkan!”

Leave a Comment