Cara Mengganti Background Zoom Melalui Laptop dan Handphone

teknovidia.comCara Mengganti Background Zoom – Meskipun saat ini tidak sedikit orang yang mulai kerja dengan sistem offline, akan tetapi rapat online dengan memakai aplikasi video call conference tetap masih dilakukan di perkantoran namun hanya beberapa, terkhusus yang sudah mengadopsi sistem hybrid.

Zoom adalah satu dari bermacam aplikasi konferensi video yang populer dipakai untuk rapat online di Indonesia dan di luar negeri. Bahkan pertemuan antar negarapun bisa juga dilakukan dengan gampang memakai Zoom asalkan koneksi internet cepat dan stabil. Salah satu feature yang bagus dari Zoom adalah Anda dapat mengubah latar belakang host maupun peserta menggunakan wallpaper tang tersedia diaplikasi, jika mau unduh latar belakang sendiri juga bisa ya.

Mengubah background biasanya dipakai ketika Anda ada di lokasi yang bisa jadi kurang bagus. Sebelum mengubah background Zoom, pastikan computer Anda didukung dengan processor yang mendukung feature seperti Intel Pentium Gold, Intel Core i3, Intel Core i5, AMD Ryzen 5, AMD Ryzen 7, dll.

Jika processor tak bisa mendukung feature ini, menu pemilihan latar belakang tidak dapat ditemukan. Dengan begitu Anda harus mengunakan latar belakang seadanya.

Cara Mengganti Background Zoom

Lewat Laptop dan PC

Cara Mengganti Background Zoom

  1. Bukalah aplikasi Zoom diperangkat laptop atau pc.
  2. Masuklah ke akun lalu masuk ke room rapat yang dituju.
  3. Di room rapat, pilihlah “video” dibawah.
  4. Pilihlah Virtual Background dari pop-up yang muncul. Lalu pilih.
  5. Kemudian di halaman Setting, dibagian Virtual Backgrounds, pilihlah background yang tersedia.
  6. Kembali ke ruangan dengan mengklik tombol tutup ikon X dikanan atas.
  7. Background sudah berubah.

Jika kamera memiliki detail yang bagus, maka dapat menampilkan latar belakang dengan subjek yang terpotong rapi. Jika kamera laptop kurang bagus, Anda bisa memakai kamera eksternal yang bisa dihubungkan menggunakan aplikasi tambahan.

Di sisi lain, jika latar belakang Anda memiliki beragam warna, Anda harus memutuskan 1 warna primer sebagai landasan warna yang luas dan nanti akan diganti dengan background yang anda pilih. Zoom juga memberikan fitur ini ke aplikasi selulernya.

Lewat Handphone

Cara Mengganti Background Zoom

  1. Bukalah aplikasi Zoom di hp milik Anda lalu login.
  2. Masuklah ke room meeting yang ditunjuk
  3. Pilihlah “Lainnya” dengan 3 titik di sisi kiri layar.
  4. Pilihlah opsi background dan efek dari menu pop-up yang muncul.
  5. Di bagian Virtual Backgrounds, pilihlah wallpaper yang disediakan.
  6. Selanjutnya, background video diubah.

Sama seperti notebook, di bagian Virtual Backgrounds Anda bisa memasukkan background Anda sendiri dengan menekan menu +Add. Fitur blur juga mengaburkan latar belakang asli sehingga terlihat estetis dan fokus pada Anda.

Lalu ada juga filter video yang memberikan efek warna menarik untuk diterapkan pada video Anda. Terakhir, ada avatar yang mengubah wajah dan tubuh tergantung pada avatar yang Anda pilih.

Selain itu, tidak semua ponsel dapat menawarkan fitur ini. Secara umum, perangkat yang didukung kamera dengan resolusi kecil dan chipset berdaya rendah tidak dapat menampilkan semua fitur ini.


Berikut penjelasan gimana Cara Mengganti Background Zoom untuk mendukung komunikasi di situasi yang tidak tepat. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA