5 Cara Memilih Kipas Angin yang Baik dan Pas Sesuai Kebutuhan

teknovidia.comCara Memilih Kipas Angin yang Baik – Ketika musim panas datang, maka otomatis kita akan merasa kepanasan dan lebih cenderung sering berkeringat. Karena itu tidak sedikit orang beli alat bernama kipas angin dengan tujuan untuk menyejukkan ruangannya. Selain itu, penyejuk ruangan ini menggunakan daya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan penyejuk udara seperti air conditioner.

Umumya, kipas angin memakai daya 103 watt. Jika anda menggunakannya 8 jam sehari, anda hanya akan menghabiskan sekitar Rp 12.000 saja setiap bulan. Akan tetapi, jangan sampai memilih kipas angin dengan sembarangan. Banyak hal yang wajib untuk diperhatikan, mulai dari kekuatan angin yang dibuat sampai model bentuknya.

Di bawah ini kita menjelaskan gimana sih cara pilih kipas angin yang baik ketika anda akan membalinya. Yuk simak lebih jelasnya.

Lalu bagaimana Cara Memilih Kipas Angin yang Baik?

Cara Memilih Kipas Angin yang Baik

Nah, untuk memberikan bantuan untuk menjawab kebingungan yang anda rasakan, Baca dibawah ini beberapa tips memilih kipas angin yang bisa membantu anda dalam membeli kipas angin. Di atnaranya :

1. Kenali model kipas

Kipas angin umumnya mengeluarkan hembusan udara yang dapat mendinginkan ruangan. Tidak mengherankan jika ada beberapa jenis kipas angin, mulai dari kipas yang menempel didinding, kipas yang bisa berdiri dilantia, sampai model kipas mini atau berukuran kecil.

Nah, supaya gampang dalam memilih model kipas angin, anda wajib tahu terlebih dahulu ukuran dan bentuk dari ruangan yang akan diberi kipas angin. Jika ruangan yang lumayan besar, kipas angin yang dipasang di dinding bisa jadi focal point. namun sayang, model ini tidak dapat dipindah dan hanya ada di satu tempat.

Tapi jika anda membutuhkan alat portabel, anda dapat memilih kipas portabel. Berikut beberapa rekomendasi kipas angin untuk kedua jenis tersebut.

2. Perhatikan fungsi dan kualitas

Kipas angin yang bagus dan baik harus kuat dan tahan lama, serta memiliki tingkat kecepatan putar yang berbeda-beda sesuai dengan selera anda. Jadi, pertama-tama pastikan anda tahu apa yang dilakukan penggemar anda. Pastikan putaran kipas bekerja sempurna dan tidak berisik.

Selain itu, jika anda akan membeli kipas angin kelas atas, anda perlu memastikan bahwa bahan kipas tersebut cukup tebal untuk menopangnya jika terjatuh. Terakhir, periksa dan pilih produk dengan garansi resmi. Jadi meskipun kipas anda cepat rusak, kami dapat memperbaikinya secara gratis.

3. Memilih Jumlah Bilah Kipas yang Sesuai

Kipas umumnya mempunyai tiga bilah baling-baling. Jumlah baling-baling ini seukuran kipas angin dengan diameter 16 inc atau 40 cm. Tapi terdapat juga angin yang dikupas dengan 4 sampai 5 baling-baling. Semakin banyak baling kipas, maka makin cepat pula putarannya, dan dapat menghasilkan udara yang makin sejuk juga. Alangkah baiknya jika menggunakan kipas angin dengan baling-baling yang banyak meskipun ruangan sempit, agar terasa sangat sejuk ya teman.

4. Ketahui daya dan kipas

Kipas angin merupakan voltaseĀ produk elektronik yang membutuhkan perhatian terhadap konsumsi dayanya juga. Untuk melakukannya, cari tahu sebelumnya berapa banyak daya yang akan digunakan perangkat anda saat anda menyalakannya.

Biasanya, daya kipas angin sekitar 30-50 watt. Anda kemudian dapat menghitung ulang total kapasitas daya yang dipasang di rumah anda.

5. Sesuaikan ukuran kipas angin dengan ukuran ruangan

Ukuran kipas sangat bergantung dengan ruangan jika ingin sirkulasi udara yang optimal. Semakin besar ruangannya maka semakin besar pula ukuran diamater kipas angin yang dibutuhkan. Contohnya, jika ukuran ruangan anda 6 x 4 meter, maka anda dapat pilih kipas angin dengan ukuran 75 cm. Anda bisa memakai jenis kipas angin dinding dan menaruhnya di ruang makan serta ruang tamu anda. Kamar keluarga juga bisa menggunakan jenis kipas angin ini ya teman.

Anda juga bisa memakai kipas uap jika diperuntukan pada ruangan yang lumayan besar untuk menjaga udara tetap terjaga sejuknya, terutama di siang hari yang sangat terasa panas.


Sekian artikel yang menyampaikan beberapa Cara Memilih Kipas Angin yang Baik dan benar sesuai kebutuhan anda. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk anda yang membaca. Terima Kasih!

Leave a Comment