Wawasan IT

Cara Masuk ke Deep Web, Mudah dan Aman!

cara masuk ke deep web

Cara masuk ke deep web adalah misteri bagi kebanyakan orang. Deep web sendiri kerap dibayangkan sebagai ruang rahasia di lorong bawah tanah gelap yang tak sembarangan orang bisa memasukinya. Anggapan ini bisa saja benar, tapi bisa juga tidak.

Website yang biasa Anda akses seperti Facebook dan YouTube adalah bagian dari surface web (permukaan). Ini adalah bagian yang paling aman dan diperuntukkan untuk aktivitas digital publik.

Sedangkan deep web berada satu level di bawah surface web. Butuh alat dan teknik khusus untuk masuk ke kedalaman ini. Dan di bawah deep web masih ada satu level lagi yaitu dark web, tempat tergelap di dunia maya.

Perbandingan antara surface, deep, dan dark web bisa Anda lihat pada gambar berikut:

Perbandingan surface web, deep web, dan dark web
Perbandingan besar Deep Web, Dark Web, dan Surface Web. Sumber: Cloudwards

Anda bisa melihat bahwa internet yang kita akses setiap hari ternyata hanya 0,25% dari keseluruhan jagat maya. Sedangkan deep web jauh mendominasi dengan persentase mencapai 94,77%. Bahkan dark web yang berlokasi di bagian palung internet pun jumlahnya lebih besar dari surface web.

Banyak isu deep web beredar di dunia maya yang memicu rasa penasaran publik. Rasa penasaran inilah yang membuat banyak orang ingin ‘mengintip’ deep web dan membuktikan kebenaran isu-isu tersebut. Identik dengan narkoba, perdagangan organ, pornografi, kelompok hacker, dan hal-hal negatif lainnya, tak heran jika deep web mendadak mendapat cap buruk di masyarakat.

Di artikel ini, kita akan membahas pengertian deep web, perbedaan deep web dan dark web, serta cara masuk ke deep web yang aman agar tidak menjadi korban cyber crime.

Apa itu Deep Web?

Deep web adalah bagian website yang tidak terindeks oleh search engine. Contohnya seperti portal pembayaran, form autentikasi, login dan password, serta situs-situs yang memang dipublikasikan khusus di deep web.

Komposisi deep web dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Komposisi dan cara masuk ke deep web
Komposisi konten dari Deep Web. Sumber: Cloudwards

Dapat Anda lihat bahwa yang mendominasi deep web adalah database publik dengan persentase 54%. Database ini menyimpan data website yang biasa Anda akses dengan web browser.

Kemudian di posisi kedua adalah situs tor / onion dengan persentase 33%. Jenis situs ini tidak bisa Anda akses dengan web browser dan jaringan internet biasa. Cara masuk ke deep web memerlukan kombinasi beberapa tools yang akan kita bahas di bagian selanjutnya.

Yang terakhir adalah situs intranet dengan persentase 13%. Situs ini tergolong privat dan hanya bisa diakses oleh orang-orang yang berada dalam jaringan tertentu. Contohnya seperti situs internal perusahaan.

Dari ketiga kategori di atas, yang akan menjadi fokus perhatian kita adalah kategori kedua yaitu situs tor / onion. Namun sebelumnya kita perlu meluruskan kebenaran isu bahwa deep web berisi situs-situs berbahaya dan aktivitas kriminal.

Perbedaan Deep Web dan Dark Web

Dark web adalah bagian dari deep web yang berisi berbagai konten berbahaya, aktivitas kriminal, dan hal-hal negatif lainnya. Disebut dark web karena isinya memang ‘gelap’.

Gambar di bawah ini menunjukkan komposisi dark web.

Komposisi dark web didominasi oleh situs ilegal dan kriminal
Konten dari Dark Web. Sumber: blackMORE Ops

Anda bisa melihat bagaimana dark web berisi banyak hal yang tidak mungkin bisa Anda temukan di surface web. Jadi dark web adalah bagian dari deep web, tapi deep web tidak hanya berisi dark web. Banyak jenis website lain di deep web yang tidak berbahaya dan tidak melanggar hukum. Hanya saja isi materi atau aktivitasnya memang tidak bisa dipublikasikan di surface web sehingga harus beroperasi secara sembunyi-sembunyi di deep web.

Setelah memahami apa itu deep web dan dark web, sekarang kita akan masuk ke bagian yang paling menarik: cara masuk ke deep web.

Cara Masuk ke Deep Web

Cara masuk ke deep web sekarang sudah lebih mudah dan user-friendly. Banyak tools dengan tampilan antarmuka yang nyaman dan cara pemakaian yang praktis untuk memasuki deep web. Di sini kita akan membahas cara masuk ke deep web yang paling mudah dan aman.

1. Gunakan VPN yang Aman

Cara masuk ke deep web yang pertama adalah dengan mengaktifkan Virtual Private Network (VPN). Sebenarnya yang Anda butuhkan adalah Tor, bukan VPN. Namun mengingat ancaman kejahatan siber di deep web yang begitu besar, menambah lapisan keamanan dengan VPN adalah sebuah langkah cerdas.

Anda bisa menggunakan VPN apapun, namun pastikan bahwa VPN tersebut benar-benar menjaga privasi dan keamanan Anda. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan layanan VPN dari sumber terpercaya seperti Kaspersky, Avast, atau Norton.

2. Download dan Install Tor Browser

Tor Browser

Cara masuk ke deep web yang kedua adalah dengan mengaktifkan Tor Browser. Tor adalah sebuah jaringan khusus yang terdiri dari ribuan relay untuk menjaga anonimitas pengguna dan membuka akses ke situs-situs rahasia.

Anda bisa mengunduh Tor Browser dari halaman resmi Tor Project. Pastikan bahwa Anda sudah memahami risiko penggunaan Tor dan langkah antisipasinya. Hindari mengunduh Tor (atau software apapun) dari pihak luar karena berpotensi mengandung virus dan malware.

3. Jelajahi Deep Web dengan Tor Browser

Setelah instalasi Tor berhasil, lanjutkan dengan mengaktifkan koneksi Tor agar Anda bisa menjelajahi deep web. Setelah koneksi aktif, Anda bisa langsung memanfaatkan search box yang tersedia untuk mengakses situs onion yang Anda inginkan. Atau Anda juga bisa menggunakan kata kunci untuk mencari informasi tertentu layaknya search engine pada umumnya.

4. Selalu Jaga Anonimitas

Deep web berisi banyak tipuan dan situs palsu. Jadi jika Anda berniat untuk membuat akun di situs onion atau melakukan transaksi di sana, selalu gunakan identitas anonim agar data Anda tidak terlacak.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa deep web, terutama di bagian dark web, didominasi oleh situs-situs ‘jahat’. Jangan sampai rasa penasaran Anda terhadap deep web justru membuat Anda kehilangan uang atau mengalami masalah hukum.

Itulah cara masuk ke deep web menggunakan kombinasi VPN dan Tor yang disebut dengan Tor-over-VPN. Di dalam deep web, Anda mungkin saja menemukan banyak konten mengagumkan yang tidak bisa Anda temukan di surface web. Yang terpenting adalah tetap menjaga keamanan dan privasi selama berselancar.

Mengapa Dark Web Tidak Ditutup?

Jika dark web identik dengan kriminalitas, lalu mengapa pemerintah tidak menutupnya saja? Mungkin pertanyaan ini juga muncul di benak Anda.

Pertama, Anda perlu menyadari bahwa internet adalah ruang raksasa yang hampir tak terkendali. Surface web yang terikat regulasi saja bisa sangat berbahaya dan sulit diawasi, apalagi dark web yang jelas-jelas ilegal?

Kedua, para pemain dark web sangat ahli menjaga anonimitas. Melacak identitas asli orang-orang di dark web tidaklah mudah, bahkan oleh instansi pemerintah sekalipun. Seringkali, pemerintah berhasil menangkap pelaku kriminal di dark web dengan cara menjebak, bukan dengan melacak.

Sama seperti surface web yang semakin tak terkendali, menutup atau menghentikan aktivitas di dark web adalah hal yang mendekati mustahil.

Alangkah baiknya untuk menghindari deep web kecuali untuk tujuan riset, investigasi, dan latihan teknis. Tapi jika Anda ingin mampir sesekali, cara masuk ke deep web di atas selalu bisa Anda praktikkan.

Published by Ahmat Roihan

Experienced SEO content writer & copywriter, digital marketing enthusiast, tech savvy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.