Apa yang Membuat Desain Web eCommerce Bagus?

Teknovidia.comDesain Web eCommerce-Memiliki situs web eCommerce saja tidak cukup. Sangat penting untuk memahami hal ini karena merek menghadapi persaingan yang lebih ketat untuk menangkap, mengonversi, dan mempertahankan pembeli online – dan hanya segelintir situs web eCommerce yang mendapatkan daya tarik.

Bagaimana Anda memastikan Anda tidak berakhir berjuang? Prinsip seperti aturan 15 detik dapat memberi Anda pemahaman awal tetapi hanya dapat membawa Anda sejauh ini. Ini adalah desain pemenang yang akan membedakan situs web eCommerce Anda. Pengguna membentuk opini dalam waktu kurang dari 17 mikrodetik; jika pendapat itu mendukung, Anda mendapatkan perhatian Anda.

Situs web yang profesional, ramping, dan mudah digunakan adalah suatu keharusan bagi pengecer mana pun yang ingin menonjol di pasar yang kompetitif ini. Blog ini adalah awal yang tepat jika Anda mencari inspirasi desain situs web eCommerce baru.

Apa yang Membuat Desain Situs Web eCommerce Bagus?

Sebuah studi ResearchGate menunjukkan bahwa pengguna hanya membutuhkan 50 milidetik untuk memutuskan apakah mereka ingin tetap berada di situs web eCommerce atau tidak.

Anda memiliki kurang dari satu detik untuk mengesankan pengguna, dan tanpa memahami apa yang membuat desain situs web eCommerce bertahan, Anda mungkin tidak dapat mendaratkannya. Berikut adalah empat elemen penting yang membuat desain situs web eCommerce hebat:

Banding Visual ( Visual appeal)

Kesan pertama pengguna terhadap situs web Anda sangat bergantung pada visualnya. Visual adalah hal pertama yang mereka lihat, dan mereka memutuskan apakah akan tetap tinggal atau melompat dari kapal berdasarkan visual tersebut. Anda harus fokus untuk menciptakan daya tarik visual yang imersif dengan gambar berkualitas tinggi. Ini akan menarik perhatian pengunjung, membangkitkan minat, dan memaksa mereka untuk melihat produk sekali saja.

Inilah cara Anda dapat membangkitkan daya tarik visual yang hebat di situs web Anda:

  • Gunakan grafis berkualitas tinggi. Sebaiknya gunakan gambar yang diambil dengan kamera profesional.
  • Sertakan foto dengan latar belakang putih untuk memastikan pelanggan fokus pada produk saja
  • Gunakan foto gaya hidup produk Anda sehingga pelanggan dapat membayangkan menggunakannya
  • Pilih warna dan font untuk situs web eCommerce Anda dengan bijak untuk membangkitkan respons emosional yang tepat
  • Batasi diri Anda hanya pada dua warna. Banyak warna bisa jadi rumit dan membuat situs web Anda terlihat berantakan.
  • Selalu ingat aksesibilitas. Pengunjung dari segala usia dan kemampuan harus dapat membaca dan memahaminya

Navigasi Halus (Smooth)

Terkadang, pelanggan meninggalkan situs web karena navigasinya rumit. Itulah mengapa navigasi yang lancar sangat penting di situs web Anda. Tidak hanya memastikan pelanggan menemukan apa yang mereka cari di situs web eCommerce Anda, tetapi juga meningkatkan SEO-nya

Untuk memastikan kelancaran navigasi, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ingat:

  • Menempel beberapa tajuk menu dalam navigasi Anda. Juga, bersikap lugas saat memberi label pada mereka
  • Letakkan menu lain seperti kebijakan pengembalian dan persyaratan layanan di kiri bawah

Anda selalu dapat mengubah tajuk jika Anda tidak melihat cukup klik pada tajuk tersebut atau menambahkan menu sub-navigasi untuk menambah koleksi produk lebih lanjut

Responsive

Laporan ComScore menunjukkan bahwa pengunjung menghabiskan 70% waktu media digital di perangkat seluler. Perdagangan digital adalah norma sekarang untuk hampir semua bisnis – meskipun demikian, banyak bisnis eCommerce tidak mengoptimalkan situs web mereka untuk seluler dan kehilangan sejumlah besar penjualan baru

Daya tanggap harus menjadi prioritas utama Anda jika Anda tidak ingin kehilangan penjualan. Pastikan situs web eCommerce Anda ramah pengguna di berbagai perangkat, sistem operasi, dan ukuran layar

Saat memilih tema berdasarkan pengoptimalan seluler, uji sendiri untuk kemudahan penggunaan. Jika Anda tidak puas dengan itu, pelanggan Anda tidak akan puas. Terus uji sampai Anda menemukan kecocokan yang tepat

Terpercaya

Daya tarik visual, daya tanggap, dan navigasi yang lancar dapat membuat pengunjung terpikat, tetapi mereka tidak akan membeli dari Anda kecuali Anda membangun kepercayaan. Mereka harus yakin bahwa produk yang Anda kirimkan akan sesuai dengan yang Anda tampilkan di situs web.

Berikut adalah tiga indikator yang dapat Anda gunakan di situs web Anda untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda:

  • Informasi Kontak untuk memastikan pelanggan mengetahui bahwa mereka membeli dari entitas sebenarnya.
  • Kebijakan pengembalian agar pelanggan dapat mengembalikan produk dengan lebih mudah jika mereka tidak puas.
  • Sertifikasi teknis untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda memiliki keahlian untuk mengirimkan produk mereka dengan aman dan melindungi informasi mereka

Banyak platform untuk membangun situs web eCommerce tersedia di pasar. Butuh perencanaan dan strategi. Anda harus mengingat banyak faktor kecil, seperti preferensi audiens, pengalaman pelanggan, dan tren.

Pola desain UI mana yang digunakan situs web eCommerce?

Lima pola desain populer di situs web eCommerce:

  • Masuk fleksibel: Selalu pertahankan masuk sebagai opsional kecuali pengguna perlu melakukan checkout dengan produk.
  • Cari berdasarkan teks, gambar, suara, atau kode batang: Hal ini penting karena lanskap digital terus berkembang.
  • Menelusuri berdasarkan kategori produk: Ini memastikan pengguna mendapatkan apa yang mereka cari secara teratur.
  • Variasi dan konsistensi kartu: Karena kartu adalah hal pertama yang berinteraksi dengan pengguna, fitur ini menciptakan kesan yang kuat.
  • CTA yang berbeda untuk tahapan pengguna yang berbeda: CTA yang berbeda untuk tahapan yang berbeda memastikan Anda tidak mengomel secara paksa orang tersebut untuk membeli produk.

Bagaimana Anda membangun situs web e-niaga dari awal?

Ada tiga cara untuk membangun situs web eCommerce dari awal:

  • Kode seluruh website Anda
  • Gunakan platform pembuat situs web seperti Shopify atau Foursquare
  • Libatkan perusahaan pengembang web untuk mengembangkan situs web Anda

Berapa banyak halaman yang harus dimiliki situs web e-niaga saya?

Jumlah halaman di situs web eCommerce sepenuhnya bergantung pada berapa banyak produk dan kategori produk yang Anda miliki. Jika Anda menawarkan sepuluh jenis produk, Anda akan memiliki minimal 12 halaman Kategori dan halaman Detail Produk terpisah untuk setiap penawaran.

Demikian ulasan singkat tentang Apa yang Membuat Desain Web eCommerce Bagus? Sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga ulasan tentang Blog dan SEO hanya di Teknovidia.com

Leave a Comment