Panduan & Tips Software, Software

Payment Gateway: Definisi, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Seiring masifnya perkembangan dunia e-commerce dalam beberapa tahun terakhir, layanan payment gateway dalam sekejap menjelma menjadi tulang punggung industri. Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi, yang ditambah perilaku impulsif masyarakat dalam membeli barang / jasa secara daring, membuat penetrasi layanan payment gateway menjadi tajam.

Analisis BusinessWire mengungkapkan bahwa pasar layanan payment gateway secara global akan menembus nilai sebesar 87.44 triliun dollar AS pada tahun 2028 dengan estimasi pertumbuhan sebesar 21.7 % pada rentang waktu 2021 sampai 2028. Pertumbuhan layanan payment gateway tentu didorong oleh pertumbuhan sektor e-commerce yang konsisten di seluruh dunia. Kehadiran banyak dompet digital serta transisi layanan produk beberapa bank dari konvensional ke digital juga menjadi faktor-faktor yang bisa mendukung analisis yang diungkapkan oleh BusinessWire.

Apakah Payment Gateway itu?

Payment gateway adalah media yang digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi. Biasanya payment gateway digunakan secara daring oleh penyedia layanan, platform, atau publik. Payment gateway dioperasikan dengan perangkat lunak yang dibangun khusus untuk sistem pengoperasian layanannya.

Secara teknis, payment gateway berperan sebagai media pengirim sinyal permintaan ke beberapa pihak utama yang terkait layanan. Pihak-pihaj yang terkait layanan ini antara lain: Bank, Prosesor Pembayaran, dan Agregator. Ketika pelanggan melakukan proses pembayaran, payment getaway akan langsung mengirimkan sinyal permintaan ke beberapa pihak untuk memvalidasi, mengautentikasi, menyetujui, melakukan pencairan dana, serta penanganan sengketa pembayaran.

Beberapa layanan payment gateway biasanya sudah terintegrasi dengan beberapa metode pembayaran serta platform digital lain yang populer bagi masyarakat. Payment gateway harus mudah dipahami dan fleksibel bagi penggunanya. Serta memiliki sistem keamanan yang mutakhir sehingga dapat melindungi setiap informasi dan data yang disimpan di dalamnya.

Artikel ini akan membahas bagaimana payment gateway dapat menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah bisnis di sektor digital.

Apa saja Manfaat Payment Gateway?

Memiliki platform jual beli digital yang melayani pembayaran daring dapat membuat bisnis Anda berkembang pesat. Sebuah platform jual beli digital membutuhkan sistem layanan payment gateway untuk menjamin keamanan bertransaksi, memberikan pengalaman bertransaksi yang unik bagi pelanggan, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta mengantar bisnis ke level yang lebih tinggi dan berkelanjutan.

Berikut beberapa manfaat penting layanan payment gateway bagi bisnis yang perlu Anda ketahui:

1. Transaksi yang cepat, fleksibel, serta aman

Pengalaman belanja daring yang baik bagi pelanggan biasanya disebabkan oleh kecepatan, fleksibilitas, serta keamanan proses pembayaran yang ditawarkan suatu platform. Yang dimaksud dengan kecepatan dalam proses pembayaran adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pelanggan sebelum akhirnya membayar transaksi pembelian. Sedangkan fleksibilitas dapat diartikan sebagai banyaknya pilihan metode pembayaran yang memberikan keleluasaan pelanggan untuk memilih cara menyelesaikan transaksinya.

Keamanan adalah aspek terpenting yang diperhatikan oleh setiap pihak yang terlibat transaksi digital. Informasi dan data yang disimpan dalam perangkat digital sangat rentan terhadap penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, layanan payment gateway hadir sebagai pilihan aman bagi publik untuk melakukan transaksi pembayaran digital dengan aman.

2. Menghindari bisnis dari biaya tidak terduga

Ketika melakukan transaksi pembayaran secara luring, kita kerap menemukan banyak biaya tidak terduga yang terkadang membuat kita malah mengeluarkan lebih banyak dari seharusnya. Misalnya, ketika membeli kebutuhan bulanan namun diharuskan untuk membeli tas belanja secara terpisah. Atau ketika membeli makanan secara lantatur di rumah makan, namun ternyata ketika melakukan pembayaran, kita diharuskan membayar pajak restoran. Atau bahkan uang parkir saat keluar dari rumah makan atau tempat belanja tersebut.

Di sektor digital, layanan payment gateway dapat menghindarkan kita dari biaya tidak terduga yang tidak perlu kita keluarkan dari biaya seharusnya dengan memotong banyak rantai biaya dari suatu proses pembayaran.

Bagi bisnis, layanan payment gateway akan membuat biaya pemeliharaan aset (kas) berkurang atau bahkan menghilang. Meskipun bisnis Anda akan dikenakan biaya tetap dalam periode tertentu selama penggunaan layanan, biaya-biaya lain yang muncul dan bersifat mengikat saat proses pembayaran luring tidak akan muncul dalam proses pembayaran daring dengan penggunaan payment gateway.

3. Integrasi dan otomatisasi sistem layanan yang efektif dan efisien

Memiliki sistem layanan payment gateway yang terintegrasi dengan perangkat penghubung dan platform digital lain membuat bisnis Anda terus prima dalam memberikan pelayanan serta pengalaman bertransaksi yang berkelas bagi pelanggan. Layanan payment gateway yang terintegrasi dengan banyak perangkat penghubung dan platform digital lain mampu mendorong performa bisnis ke level yang lebih tinggi, karena berhasil memberikan pengalaman bertransaksi yang mengesankan bagi pelanggan.

Selain sistem layanan yang terintegrasi, layanan payment gateway yang terotomatisasi dapat membantu Anda menjalankan aktivitas bisnis yang efektif. Keleluasaan Anda mengatur sistem manajemen di dalam platform dan kemudahan melakukan settlement, rekonsiliasi, serta penanganan sengketa pembayaran di sistem layanan yang terotomatisasi akan membuat Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk fokus pada urusan lain terkait bisnis Anda.

Tips Memilih Layanan Payment Gateway

Di tengah kompetitifnya industri e-commerce yang menuntut percepatan proses transaksi belanja yang aman, dibutuhkan suatu sistem layanan yang menawarkan pengalaman prima bagi konsumen ketika bertransaksi secara daring. Bervariasinya pilihan metode pembayaran yang ditawarkan banyak toko daring menjadi salah satu solusi yang dapat memengaruhi pengalaman berbelanja konsumen. Banyak toko daring yang akhirnya menghindari kesalahan teknis yang terjadi pada sistem layanan di website mereka dengan melakukan banyak pemeliharaan teknis agar tidak mengganggu aktivitas bisnis yang sedang berjalan.

1. Jenis Layanan dan Biaya

Anda mungkin akan membutuhkan layanan payment gateway yang menyediakan pilihan metode pembayaran yang luas untuk mendukung transaksi bisnis di website Anda. Memilih metode pembayaran yang populer di kalangan pengguna layanan payment gateway dapat membuat transaksi bisnis di website Anda terkesan efektif. Ada beberapa penyedia layanan yang menyediakan layanan dengan pilihan metode pembayaran yang sering digunakan oleh para pengguna payment gateway.

Namun, ada juga beberapa penyedia layanan yang tidak menyediakan pilihan metode pembayaran yang populer di kalangan pengguna layanan payment gateway karena belum memiliki lisensi atau hal-hal teknis lainnya. Pilihan metode pembayaran biasanya akan berpengaruh pada besaran biaya layanan yang akan Anda bayarkan ke penyedia selama menggunakan layanan. Selain pilihan metode pembayaran, faktor-faktor lain seperti sistem integrasi dan otomatisasi, penambahan perangkat penghubung, serta jenis keamanan perangkat yang dipilih juga dapat memengaruhi besaran biaya layanan yang perlu dibayarkan pada periode waktu tertentu.

2. Kemudahan Penggunaan

Kekhawatiran sebagian besar pemilik bisnis yang terjun ke sektor digital adalah berkenalan dengan banyak bahasa pemrograman yang membuat pemilik bisnis malas mengetahui aktivitas bisnisnya secara daring. Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa memilih penyedia layanan yang menyediakan layanan payment gateway dengan tampilan serta fitur yang mudah dipahami. Layanan yang mampu memberikan kemudahan dan kesederhanaan bagi pengguna, akan berdampak pada efektivitas setiap transaksi bisnis yang berlangsung di suatu website.

3. Integrasi

Para pemilik bisnis biasanya menginginkan sistem payment gateway yang berjalan di website mereka telah terintegrasi dengan beberapa penghubung perangkat dan platform lain. Integrasi tersebut dapat mendorong keamanan, fleksibilitas, serta kecepatan proses pembayaran dalam setiap transaksi. Bahkan integrasi yang tepat pada sistem layanan dapat memberikan informasi penting yang dapat digunakan sebagai indikator pengambilan keputusan bisnis yang efisien. Misalnya, Anda menginginkan sistem layanan payment gateway yang juga berfungsi sebagai pengendali anggaran. Maka Anda dapat meminta kepada software house yang ada sewa jasanya untuk mengintegrasikan sistem payment gateway website Anda dengan software akuntansi agar dapat melakukan pencatatan otomatis setiap transaksi yang terjadi di website Anda.

4. Keamanan Informasi dan Data

Bagaimanapun, transaksi belanja secara daring selalu rentan terhadap ancaman. Penipuan, pencucian uang, hingga pencurian data merupakan jenis ancaman yang sering muncul di permukaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sistem payment gateway wajib memiliki prosedur keamanan standar untuk melindungi transaksi belanja. Prosedur keamanan standar yang perlu ada dalam layanan payment gateway adalah otentikasi data pembayaran.

Ketika memilih layanan payment gateway yang aman, Anda juga perlu mempertimbangkan sistem keamanan layanan yang ditawarkan penyedia untuk membantu Anda menyelesaikan penanganan sengketa programatis secara efisien.

5. Sistem Settlement dan Rekonsiliasi

Faktor penting lainnya yang dapat memengaruhi Anda dalam memilih layanan payment gateway adalah sistem settlement dan rekonsiliasi transaksi yang ditawarkan masing-masing penyedia layanan. Proses settlement berkaitan dengan waktu sebuah bisnis mengkonversi piutang menjadi kas. Keterlambatan mengkonversi piutang menjadi kas akan berpengaruh pada kondisi keuangan perusahaan yang dapat mengganggu aktivitas bisnis. Jika memiliki bisnis yang menuntut terjadinya perputaran barang atau jasa yang cepat, maka Anda perlu memilih layanan payment gateway yang memiliki sistem settlement dengan proses yang tidak memakan waktu lama.

Selain itu, Anda juga perlu memilih layanan payment gateway yang mengizinkan Anda melakukan rekonsiliasi atau menarik data transaksi penjualan dari sistem layanan pada periode tertentu. Hal tersebut akan sangat membantu mengumpulkan banyak informasi mengenai aktivitas bisnis yang dijalankan sehingga memudahkan Anda mengambil keputusan bisnis yang efisien dan efektif.

Published by Novelia

Lulusan sarjana dan magister dari jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, berturut-turut pada tahun 2013 dan 2017. Saat ini menjadi seorang penulis dan peneliti pada media berita online validnews.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.