Bisnis, Bisnis Umum

7 Cara Meyakinkan Investor untuk Bekerja Sama

Untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis butuh keseriusan mulai dari perencanaan hingga pendanaan. Terkadang kita butuh cara meyakinkan investor untuk bekerja sama. Tujuannya untuk mengembangkan bisnis.

Memahami Posisi Investor

Mengembangkan sebuah usaha atau bisnis juga harus memikirkan pendanaan. Terkadang hal itu menjadi kendala utama yang dialami para pengusaha. Iming-iming modal usaha dari berbagai lembaga keuangan memang menggiurkan.

Baca juga

Namun, tak jarang bunga yang ditawarkan sangat tinggi. Anda bisa mencari investor untuk menandai berjalannya bisnis. Melalui investor, Anda bisa pendanaan tanpa bunga.

Meskipun mereka tidak secara langsung menginvestasikan dana yang mereka miliki kepada Anda. Pikirkan bagaimana cara mencari investor untuk UKM. Secara umum, para investor akan melakukan penilaian, apakah bisnis Anda akan memberi feedback positif.

Cara meyakinkan investor untuk bekerja sama adalah menjelaskan keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan. Semakin besar suntikan dana akan tergantung besar kecilnya usaha yang Anda bangun sekarang.

Investor akan menilai apakah usaha Anda bisa berkembang untuk beberapa tahun mendatang. Mereka tidak akan mengambil risiko bagi perusahaan yang tidak jelas.

7 Cara Meyakinkan Investor untuk Bekerja Sama

Untuk meyakinkan investor agar bisa menyuntikkan dana untuk perusahaan Anda, ada baiknya menyimak caranya berikut ini:

1. Meyakinkan Investor akan Potensi Brand

Merk atau brand akan berpengaruh kepada citra perusahaan Anda. Ini bisa menjadi daya tarik untuk mendapatkan calon investor. Jika pelayanan yang ada di perusahaan Anda selama ini memuaskan, pasti akan menarik minat mereka.

Brand dan pelayanan merupakan dua komponen yang menjelaskan bagaimana kualitas perusahaan Anda. Hal tersebut akan menjadi penilaian pertama dari pemilik modal yang akan menanamkan modalnya kepada Anda.

Jika perusahaan yang akan mereka beri modal memenuhi standar kualitas, maka keuntungan yang akan peroleh juga akan otomatis meningkat.

2. Rencana Bisnis yang Baik

Cara meyakinkan investor untuk bekerja sama selanjutnya adalah dengan menyiapkan rencana bisnis yang baik. Bisnis yang memiliki perencanaan yang baik, operasinya juga akan lancar. Tidak menutup kemungkinan kondisi keuangan juga akan terkendali.

Baca juga: Membuat Business Plan, Agar Bisnis Lebih Terarah (Disertai Template)

Anda akan mudah menganalisis bisnis yang akan Anda jalankan akan mengarah ke mana. Investor akan mendapatkan informasi yang sangat jelas ketika Anda bisa menjelaskan rencana bisnis.

3. Membuat Model Bisnis yang Inovatif

Gunakan aplikasi untuk mencari investor agar mempercepat menemukan investor yang tepat. Untuk mendukung hal tersebut, Anda perlu menyiapkan model bisnis yang inovatif.

Berikan kejelasan terkait bisnis Anda dengan memaparkan model bisnis yang akan berjalan. Detail model bisnis tidak hanya berisi laporan bisnis. Hal tersebut tidak cukup menjadi bahan pertimbangan calon investor.

4. Memilih Mitra Bisnis yang Tepat

Dalam setiap bisnis, pasti membutuhkan mitra untuk menjalankan rangkaian bisnis. Mulai dari penyedia bahan baku hingga pendistribusian yang tidak mungkin semuanya dilakukan sendiri.

Cara meyakinkan investor untuk bekerja Fungsi dari produk akan menarik banyak konsumen untuk memakainya. Investor akan mengamati hal ini. Jika banyak yang tertarik dengan fungsi produk yang perusahaan Anda miliki, maka akan menarik investor juga.sama selanjutnya adalah memilih mitra bisnis yang terpercaya. Investor akan melihat keseriusan Anda menjalankan bisnis secara detail hingga bagian yang terkecil.

Ada baiknya lebih selektif memilih mitra bisnis karena pengaruhnya bukan hanya kepada perusahaan Anda saja. Namun, berhasil tidaknya Anda membujuk investor untuk bergabung juga menjadi taruhannya.

5. Gunakan Gaya Komunikasi yang Mudah Dipahami

Cara berkomunikasi terlihat sepele untuk beberapa orang. Namun, ini justru mencerminkan sikap. Saat menjelaskan perusahaan Anda kepada investor, sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Tidak sembarangan menggunakan istilah tanpa mengerti maksudnya dan relevan atau tidak dipakai dalam berkomunikasi. Gunakan gaya bahasa formal selama berkomunikasi dengan investor.

6. Tingkatkan Kemampuan Persuasi

Mengasah kemampuan untuk membujuk seseorang sangat perlu Anda kuasai. Ini salah satu cara meyakinkan investor untuk bekerja sama. Ketika Anda mahir membujuk orang, maka akan mudah mendapatkan investor.

Oleh karena itu, kemampuan ini salah satu yang harus diasah oleh pemilik bisnis. Seorang investor bisa tertarik dengan perusahaan Anda tergantung dari cara Anda menawarkan keuntungan.

7. Meyakinkan dengan Fungsi Produk

Setelah memberikan sejumlah informasi mengenai bisnis Anda, makan akan tahu manfaatnya. Namun, tidak semua orang bisa memahaminya. Sehingga Anda harus menyampaikannya dengan cara semenarik mungkin.

Fungsi dari produk akan menarik banyak konsumen untuk memakainya. Investor akan mengamati hal ini. Jika banyak yang tertarik dengan fungsi produk yang perusahaan Anda miliki, maka akan menarik investor juga.

Setelah memahami beberapa alasan investor untuk bergabung dengan perusahaan, maka Anda akan menerima kabar baik.

Mengapa Perlu Mencari Cara Meyakinkan Investor untuk Bekerja Sama?

Bekerja sama melakukan penanaman modal bukan dilakukan secara sembarangan, melainkan harus memiliki alasan penting. Anda perlu mencari investor agar tidak terjebak pada penanaman modal yang sia-sia yang pada akhirnya membebani keuangan.

Cara meyakinkan investor untuk bekerja sama juga harus memperhatikan alasan berikut ini, yaitu:

1. Ekspansi Bisnis

Dalam perjalanan usaha Anda, akan senang jika mengalami peningkatan. Namun, untuk peningkatan tersebut, Anda butuh modal tambahan. Modal akan berguna untuk pemasaran, kantor atau gudang baru, untuk merekrut karyawan baru dan banyak lagi.

Tambahan modal dari investor berguna untuk keperluan ekspansi bisnis. Semakin berkembangnya bisnis Anda, akan semakin besar biaya operasional yang dibutuhkan.

2. Menjaga Arus Kas

Anda memerlukan arus kas agar tetap terus berjalan. Terutama ketika produk dari perusahaan Anda belum banyak tersebar secara luas. Sehingga belum banyak pemasukan yang Anda hasilkan.

Baca juga: Software Akuntansi, Membantu Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Untuk mengatasi kelancaran arus kas, tentunya memerlukan tambahan modal. Seorang investor akan mendukung usaha Anda. Tantangan besar dari seorang pengusaha adalah bisa menjaga arus kas.

Untuk itu, hal tersebut harus benar-benar tertangani dengan serius. Biaya operasional, gaji karyawan, dan tagihan-tagihan berkaitan perusahaan harus dikelola dengan baik. Arus kas yang lancar akan memperlancar pula keberlangsungan perusahaan.

3. Menambah Inventaris Usaha

Cara meyakinkan investor untuk bekerja sama dengan alasan untuk menambah inventaris usaha. Usaha yang sedang dalam tahap perkembangan akan mulai memiliki banyak permintaan barang. Anda akan mendapatkan kesulitan untuk mengelola ketersediaan barang.

Misalnya saja ketika tidak ada keseimbangan dengan stok barang yang ada. Untuk itu Anda memerlukan tambahan stok. Sehingga berimbas kepada biaya tambahan untuk produksi. Investor akan menjadi jawaban yang tepat untuk menambah produksi.

4. Menambah dan Menjaga Aset

Penambahan dan perawatan aset akan memberikan pengaruh terhadap banyaknya biaya produksi. Anda harus memiliki cadangan dana khusus yang tentunya tidak sedikit. Cara menarik investor masuk ke Indonesia juga bisa menjadi solusi.

Baca juga: Software Manajemen Aset, Si Pelindung Harta Perusahaan

Ketersediaan dana akan aman jika Anda mendapatkan investor yang bisa digunakan untuk membeli peralatan untuk mendongkrak bisnis Anda. Yakinkan investor Anda dengan laporan keuangan perusahaan yang tersusun dengan baik dan bisa dipertanggungjawabkan.

Cara meyakinkan investor untuk bekerja sama akan sangat berguna untuk perkembangan perusahaan Anda. Hanya saja perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk membuat perusahaan layak mendapat suntikan dana dari investor.

Artikel terkait Investor

Leave a Reply

Your email address will not be published.