Bisnis, Bisnis Umum

10+ Bisnis Jajanan Anak SD Omset Besar Minim Modal

Jajanan anak SD memiliki rasa yang beraneka, manis hingga pedas. Anda pasti tidak mengira jika bisnis jajanan anak SD bisa meraup omset yang lumayan. Modalnya minim, tetapi setiap hari omset menjanjikan bisa jadi tambahan pundi-pundi keuangan.

Jajanan anak SD harganya tergolong murah karena memang pada usia ini uang jajan mereka cukup terbatas. Namun, bukan hanya kalangan anak SD saja yang bisa jadi target konsumen. Orang dewasa juga banyak yang suka membeli jajanan ini, entah sebagai cemilan menunggu waktu, atau sekadar mengenang masa kecil. Selain itu harganya juga tergolong murah meriah.

Bisnis jajanan anak SD merupakan bisnis yang praktis, tepat, dan tentunya menguntungkan. Bisnis ini cenderung hanya memerlukan modal kecil dan mudah untuk dilakukan. Anda hanya memerlukan kreatifitas yang unik untuk menjualnya saja.

Seperti kita ketahui bahwa setiap jenis usaha pasti memiliki pangsa pasar sendiri. Ada jenis usaha yang target konsumennya kaum wanita / pria saja, karyawan, atau anak-anak sekolah seperti para siswa SD.

Bisnis yang target pangsa pasarnya anak sekolah merupakan jenis bisnis yang memiliki masa depan bagus. Selain lebih jelas dan tertarget, jumlah konsumen juga sangat banyak. Dalam satu sekolah pada umumnya memiliki jumlah murid mulai dari ratusan hingga ribuan anak.

Nostalgia Jajanan Anak SD

Sebagai orang tua yang sering menunggu atau menjemput anak saat sekolah, tentu tidak asing dengan aneka jajanan yang ditawarkan. Ada banyak jajanan favorit anak SD yang banyak dijual di pasaran. Jajanan ini mudah dibuat, punya cita rasa yang enak, sehat, dan memiliki nilai nostalgia.

Sebut saja es serut, es lilin, sampai rambut nenek yang sekarang lebih dikenal dengan arum manis. Jajanan-jajanan ini tetap ada meski zaman semakin canggih.

10+ Jenis Bisnis Jajanan Anak SD Omset Besar Modal Minim

Beberapa jenis jajanan yang kerap ditemui, antara lain:

1. Telur Gulung

Resepnya tergolong mudah dan ekonomis. Untuk membuat tekstur telur supaya lebih lembut, Anda bisa mencampurkan sedikit air ke dalam telur. Dengan cara ini bisa juga menghasilkan telur yang lebih banyak. Sebagai variasi, Anda dapat menambahkan bahan lain seperti sosis, bakso, atau mi sebagai campuran.

2. Bakso Bakar

Bakso bakar adalah jajanan yang tidak sulit dibuat. Berbeda dengan bakso biasa, modal yang dibutuhkan lebih sedikit. Bahannya cukup bakso dengan beberapa  bumbu tambahan. Bakso cukup ditusuk menggunakan tusuk sate buat penyajian, tidak perlu mangkok.

3. Kue Leker

Kue leker bisa dikatakan sebagai versi sederhana crepes yang dijual di mall. Bertekstur renyah dan manis sehingga banyak peminatnya. Harga kue leker juga jauh lebih murah dari crepes, hanya Rp2000. Target pasarnya bukan cuma anak-anak, kalangan dewasa pun banyak yang suka.

Apabila Anda tertarik dengan peluang bisnis ini, tak ada salahnya mencoba mempraktekkan resep kue leker tersebut. Anda juga bisa memvariasikan isian kue leker sesuai selera seperti keju atau selai lainnya.

4. Rambut Nenek / Arum Manis

Arum Manis. Sumber: Resepedia

Jajanan anak SD yang manis dan sangat terkenal dari dulu adalah rambut nenek. Bentuknya berserat dengan warna putih pucat, sekilas mirip rambut nenek. Itulah mengapa dinamakan seperti itu.

5. Telur Mini

Untuk para generasi 90-an, pasti tahu dan pernah mencicipi jajanan satu ini saat sekolah dulu. Telur mini tidak jauh berbeda dengan telur gulung, tidak butuh banyak bahan untuk pembuatannya. Bisa menggunakan telur ayam atau telur puyuh.

Walau ditampilkan secara sederhana, telur mini ternyata mampu menjadi favorit anak-anak sekolah. Hanya seharga Rp2000 sudah bisa menikmatinya, sesuai uang jajan anak SD.

6. Cilok dan Cimol

Siapa yang belum pernah mencicipi jajanan khas Bandung ini? Berbahan dasar tepung aci dan beberapa bumbu, camilan ini disukai banyak orang.

Untuk bahan pembuatan cilok mungkin agak sedikit lebih mahal dari cimol karena memerlukan minyak untuk menggoreng. Namun, modalnya tetap terhitung murah. Penasaran ingin mencobanya?

7. Es Lilin

Es lilin biasa dijual dengan harga Rp1000 saja. Es yang dibungkus dengan ukuran kecil ini biasanya berisi teh, kacang hijau, atau rujak yang dibekukan. Modal es lilin tidak sampai Rp500 ribu. Anda hanya perlu memiliki freezer karena es lilin dijual dalam keadaan beku.

8. Aneka Minuman Sachet

Untuk bisnis jajanan anak SD satu ini, Anda hanya membutuhkan cup / plastik dan aneka macam minuman sachet serta es batu. Selain itu, tentu saja air matang untuk melarutkan serbuk minuman cepat saji ini. Tidak harus menggunakan blender, dengan gelas kocok (shaker) saja bisa. Biasanya dijual seharga Rp2000-3000, tergantung tambahan topping seperti keju, coklat chips, dll.

9. Martabak Manis Mini

Martabak manis mini. Sumber: Ninja Resep

Kue martabak manis mini dibuat dengan aneka campuran bahan seperti tepung terigu, soda kue, gula, ragi, santan, dan lain sebagainya.

Ukuran martabak yang besar terkadang membuat penikmatnya sering merasa kekenyangan saat mengonsumsinya. Selain itu juga, harganya tidak terjangkau untuk anak SD. Untuk itulah pelaku bisnis jajanan anak SD menyiasatinya dengan ukuran mini.

Cara membuat martabak mini juga tergolong mudah. Rasanya juga enak sehingga banyak dicari para penikmat kuliner ketika ada acara atau sekadar untuk camilan bersama keluarga. Selain itu aneka variasi topping juga menjadikan martabak semakin menarik.

10. Mie Lidi

Mie lidi termasuk jajanan yang awet jika disimpan dalam waktu lama sehingga tidak perlu khawatir jika belum terjual. Makanan kering ini tidak hanya digemari anak SD lho, tetapi juga orang dewasa.

Jajanan ini juga bisa dijual secara online. Modal yang diperlukan tidak sampai Rp500 ribu. Bagaimana, murah bukan?

11. Es Serut

Es serut merupakan es legendaris. Es berwarna-warni ini terbuat dari campuran sirup yang disiram di atas es balok yang telah diserut. Pilihan yang tepat saat cuaca panas.

12. Es Gabus

Es gabus. Sumber: Cookpad

Es dengan bahan utama tepung hunkwe ini bertekstur lembut dan halus, berbeda dari es pada umumnya. Es gabus hanya memerlukan tiga bahan yang sangat mudah serta paling murah ditemukan yaitu: kelapa, gula pasir, dan hunkwe. Sekilas tampilan es ini mirip kue dengan warna pelangi.

Anda bisa memadukannya dengan bubuk coklat atau sirup buah untuk aroma dan rasa. Pembuatannya juga sangat mudah.

Strategi Menjalankan Bisnis Jajanan Anak SD

Ada beberapa strategi yang perlu diterapkan dalam bisnis ini, yaitu:

  • Harga harus terjangkau.
  • Rasanya harus enak.
  • Inovatif dan kreatif.
  • Harus unik.

Sekarang setelah mengetahui aneka ragam jajanan beserta peluang bisnis jajanan anak SD, Anda bisa langsung mulai mempraktekkannya terlebih dahulu. Khususnya untuk olahan makanan supaya mendapatkan cita rasa yang pas. Mulai dengan modal yang paling minim dan jangan lupa sisihkan keuntungan yang diperoleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.