Wawasan IT

MetaMask: Pengertian, Sejarah, Cara Instalasi, dan Cara Login

Kini terdapat banyak dompet kripto yang digunakan untuk menyimpan uang kripto, salah satunya adalah MetaMask. Crypto wallet satu ini cukup terkenal di kalangan trader.

Kepopuleran uang digital semakin pesat tiap harinya, begitu juga dengan dompet penyimpanan uang kripto yang semakin dibutuhkan. MetaMask sendiri adalah salah satu dompet kripto atau crypto wallet yang memiliki reputasi bagus di antara para trader. Keuntungan menggunakan software satu ini juga cukup banyak.

MetaMask: Pengertian, Sejarah, dan Fitur-fiturnya

MetaMask adalah software crypto wallet yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan Ethereum. Namun, bisa juga digunakan sebagai media penukaran uang kripto yang lain. Para penggunanya dapat berinteraksi menggunakan blockchain Ethereum.

Aplikasi satu ini juga bisa diakses melalui Google Chrome atau menggunakan aplikasi mobile agar dapat terhubung dengan decentralized applications. Pengguna software juga dapat menyimpan atau mengelola kunci pada tiap akun miliknya, menyiarkan berbagai interaksi, melakukan transaksi berbagai macam uang kripto dan token yang berbasis Ethereum, dan masih banyak lagi.

Software cryptocurrency wallet dengan nama MetaMask ini dikembangkan oleh ConsenSys Software Inc. Sebuah perusahaan software spesialisasi blockchain yang berfokus pada infrastruktur dengan basis utama Ethereum.

Diperkenalkan sejak tahun 2016, dompet kripto ini hanya dapat diakses melalui Mozilla Firefox dan Google Chrome. Baru ada tahun 2019, dikembangkanlah aplikasi seluler versi beta. Di tahun 2020, akhirnya aplikasi dirilis secara resmi untuk iOS dan Android sehingga dapat digunakan oleh publik.

Fitur-fitur MetaMask

Dompet kripto ini memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat di dalamnya.

Beli Token – Adanya fitur built-in coin purchasing membuat pengguna dapat membeli token langsung dari dalam aplikasi. Apalagi dompet ini juga terhubung langsung dengan dua bursa kripto Ethereum ternama, yakni Coinbase dan ShapeShift.

Menyimpan Token – Di dalam dompet ini juga tersedia fitur penyimpanan yang dapat digunakan untuk mengelola berbagai aset digital. Mulai dari brankas berkunci, login aman, dan dompet token.

Pengguna juga dapat membuat dan mengatur beberapa dompet sekaligus di dalam aplikasi. Agar keamanan pengguna tetap terjamin, di awal pendaftaran pengguna diminta memasukkan serangkaian frase rahasia. Frase ini dapat digunakan untuk memulihkan akun jika diperlukan sewaktu-waktu.

Penukaran Token – Dompet MetaMask ini juga dapat dimanfaatkan untuk menukar koin dengan biaya yang murah. Pasalnya, ada layanan terintergrasi untuk saling bertukar Ethereum. Biaya layanan yang dikenakan untuk setiap transaksi sebesar 0,875 persen dari nominal transaksi yang berhasil dilakukan.

Fitur EIP-1559 – Fitur satu ini baru saja diperkenalkan, berfungsi untuk menghilangkan harga lelang pertama. Lalu menggantinya dengan harga tetap saat penjualan.

Pengguna tidak perlu lagi mempertanyakan berapa banyak gas yang harus dikeluarkan. Pasalnya, biaya dasar telah dimasukkan secara eksplisit di blok selanjutnya.

Biaya gas pun menjadi lebih transparan sehingga biaya transaksi dapat diprediksi dengan pasti. Ada pula fungsi berupa user experience yang dapat mengurangi risiko keterlambatan konfirmasi transaksi. Penawaran harga pun dilakukan secara otomatis.

Keamanan Data – Dompet ini memungkinkan penggunanya untuk membuat kata sandi sendiri. Sehingga, hanya pengguna terautentikasi yang dapat mengakses akun tanpa khawatir diketahui oleh orang lain. Ada pula pilihan untuk membagikan kabar terbaru atau justru merahasiakannya.

Ekplorasi Blockchain – Dengan meng-install aplikasi ini, pengguna dapat mengendalikan interaksi di web yang telah terdesentralisasi.

Cara Install MetaMask di Google Chrome dan Android

Setelah memahami dan mengenal definisi dan sejarah MetaMask, selanjutnya Anda dapat mencoba menggunakannya. Cara install dan mendaftar di aplikasi Android maupun di Google Chrome tidaklah rumit, bahkan bagi pemula sekalipun. Anda dapat mempraktekkannya sendiri agar dapat langsung melakukan transaksi.

Cara Install MetaMask di Browser Google Chrome

MetaMask adalah dompet kripto: ekstensi Chrome.
Ekstensi Chrome MetaMask
  1. Akses laman ekstensi MetMask di Chrome Web Store.
  2. Klik tombol “Add to Chrome”.
  3. Tunggu proses instalasi selesai, lalu tekan tombol “Get Started” di kotak dialog yang muncul.
  4. Klik tombol “Create a Wallet”.
  5. Buat kata sandi Anda, selanjutnya tekan “Create”.
  6. Anda akan diberi 12 kata frase seed yang harus disimpan di tempat aman mengingat perannya yang sangat penting.
  7. Pilih “I’ve copied it somewhere safe” atau “Save seed words as file”.

Cara Install MetaMask di Android atau iOS

Agar dapat menggunakan MetaMask, Anda harus melakukan pendaftaran dulu. Sebelumnya, pastikan smartphone Anda mendukung instalasi aplikasi tersebut. Bila smartphone Anda versinya mencukupi, maka dapat melakukan instalasi. Begini caranya:

  1. Cari aplikasi di Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Install aplikasi sebesar 31MB di ponsel Anda.
  3. Berikutnya, pilih untuk mendaftar di Android, iOS, atau PC.

Cara Mendaftar dan Login MetaMask

Begitu selesai melakukan instalasi, baik di PC atau Android, selanjutnya selesaikan proses pendaftaran. Di bagian halaman utama aplikasi, Anda dapat melakukan login MetaMask menggunakan akun baru. Begini caranya:

MetMask adalah dompet kripto: daftar.
  • Tekan tombol Persiapan terlebih dulu.
  • Pilih Buat Dompet Baru.
  • Ketika memilih Buat Dompet Baru, akan muncul pilihan Bantu Kami untuk Menyempurnakan. Klik Saya Setuju.
  • Buat kata sandi baru dengan panjang minimal 8 karakter. Jangan sampai melupakan kata sandi yang telah dibuat.
  • Klik tombol Saya Mengerti Bahwa MetaMask Tidak Dapat Memulihkan Kata Sandi Ini untuk Saya.
  • Amankan Dompet lalu klik Mulai.
  • Selanjutnya di laman Frasa Rahasia, baca semua detail kebijakan di dalamnya agar tidak timbul kesalahpahaman.
  • Tekan kolom berwarna hitam untuk memunculkan frase rahasia. Sebaiknya catat di buku agar tidak hilang mengingat frase ini sangat penting.
  • Klik Berikutnya.
  • Wallet MetaMask sudah dapat digunakan.

Cara Membeli Koin dan Token Ethereum

Setelah mendaftar dan membuat akun, transaksi pun dapa dilakukan dengan segera. Tidak perlu khawatir gagal, karena aplikasi ini telah digunakan oleh 1 juta lebih pengguna.

  1. Buka aplikasi yang sudah di-install di Google Chrome atau Android.
  2. Pilih tombol Buy jika ingin melakukan pembelian token.
  3. Anda dapat memilih Coinbase atau ShapeShift untuk pengisian token.
  4. Jika ingin melakukan pengiriman, klik menu Send.
  5. Masukkan MetaMask Wallet Address alamat tujuan disertai dengan jumlah yang akan dikirimkan.
  6. Selanjutnya tinggal klik Accept.

Cara Menambahkan Token di Wallet MetaMask

Popularitas MetaMask di kalangan trader semakin naik karena fungsinya yang sangat efektif. Sehingga pengguna merasa dimudahkan. Selain itu, pengguna dapat menambahkan jaringan blockchain lain, tidak hanya Ethereum, misalnya BNB dan Huobi Eco Chain (Heco).

Bagi Anda yang ingin menambahkan token, dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Add Tokens yang ada di laman utama.
  2. Pilih tombol Search.
  3. Tambahkan jenis koin atau MetaMask token yang ingin dimasukkan.
  4. Pilih Next.
  5. Bisa juga memanfaatkan fitur Custom Tokens dengan menambahkan alamat smart contract, simbol, serta tempat desimal kontrak.

Sekarang Anda sudah memahami mengenai MetaMask, bukan? Jika Anda ingin menggunakan jaringan selain Ethereum, maka jangan lupa untuk mengganti jaringannya terlebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.