Software, Software Development

13 Tips Memilih Perusahaan Custom Software Development

memilih perusahaan custom software development

Perangkat lunak memainkan peran penting dalam bisnis. Perangkat lunak yang tepat dapat meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan dan menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Teknovidia akan memberikan tips dan trik memilih perusahaan custom software development terbaik.

Apa itu Custom Software Development?

Custom software development adalah proses merancang, membuat, dan memelihara perangkat lunak untuk sekelompok pengguna atau organisasi tertentu. Adapun perusahaan custom software development biasanya melayani pembuatan software, seperti:

  • Sistem manajemen gudang untuk produsen peralatan.
  • Aplikasi perbankan online.

Apakah Anda mencari perusahaan custom software development terbaik untuk proyek Anda? Lewat pencarian cepat di internet, Anda akan mendapatkan ratusan hasil di depan Anda. Tetapi, tentu saja Anda harus memilih untuk bermitra dengan perusahaan yang dapat membantu Anda untuk memberikan solusi integrasi bisnis dan keamanan.

Artikel ini dimaksudkan untuk memberi Anda gambaran umum tentang bagaimana Anda harus memilih perusahaan custom software development yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Persiapan Sebelum memilih Perusahaan Custom Software Development

Untuk membuat perangkat lunak yang ideal, penting untuk terlebih dahulu menemukan perusahaan custom software development terbaik. Tetapi sebelum itu, Anda harus fokus menjawab pertanyaan berikut:

  • Tujuan bisnis apa yang akan terbantu dengan adanya software?
  • Masalah bisnis apa yang akan dipecahkan?
  • Bagaimana customized software dapat membantu meningkatkan ROI perusahaan Anda?
  • Fitur dan fungsionalitas apa saja yang akan ada di software?
  • Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan perangkat lunak tersebut?
  • Berapa anggaran perusahaan Anda, dan berapa banyak yang akan Anda keluarkan untuk customized software?

Anda harus memiliki tujuan sebelum memulai proyek. Ini akan menghemat dan mengurangi waktu penyelesaian perangkat lunak.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencari perusahaan custom software development terbaik:

1. Meneliti Dengan Seksama

Sebelum memilih perusahaan, Anda wajib mengenal perusahaan tersebut dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus mencermati:

  • Situs web perusahaan.
  • Tim yang mereka miliki.
  • Pengalaman mengerjakan proyek di industri yang sama.
  • Teknologi yang digunakan.
  • Proyek apa saja yang pernah diselesaikan.
  • Media sosial perusahaan, di sana Anda dapat membaca umpan balik pelanggan.
  • Blog perusahaan, guna mendapatkan informasi tentang pengetahuan teknis mereka.
  • Metode manajemen proyek juga penting karena akan menjelaskan kemampuan mereka untuk menyelesaikan proyek.

2. Mintalah Referensi dari Jaringan Pertemanan Anda

Bicaralah dengan rekan Anda untuk mendapatkan beberapa referensi tentang perusahaan custom software development yang handal. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan umpan balik yang jujur sebelum terlibat dengan vendor mana pun.

Berikut adalah beberapa petunjuk pertanyaan yang dapat membantu Anda saat meminta saran pada beberapa profesional berpengalaman di jaringan Anda:

  • Apakah perusahaan tersebut mudah diajak komunikasi?
  • Apakah perusahaan tersebut terbiasa menyelesaikan proyek dalam batas waktu yang ditentukan?
  • Apakah layanan mereka sesuai budget atau anggaran Anda?
  • Bagaimana dengan layanan purna jual perusahaan?

3. Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Memulai Pekerjaan

  • Kenali tim Anda dengan lebih baik.
  • Dengarkan ide-ide mereka dan sampaikan juga pemikiran Anda.
  • Ada banyak perusahaan dan teknologi custom software development. Pastikan mereka dapat mengembangkan perangkat lunak sesuai kebutuhan bisnis Anda.
  • Anda harus memastikan bahwa perusahaan custom software development yang Anda pilih memiliki ide-ide inovatif dan memiliki banyak pengalaman terkait teknologi yang Anda butuhkan.

4. Mencermati Aspek Pembiyaan

Dalam memilih perusahaan custom software development, kita harus bijak mencari solusi hemat biaya. Ingatlah selalu, harga tinggi tidak selalu menjamin layanan yang berkualitas. Dan harga murah bukan berarti tidak berkualitas.

Selain itu, penyelesaian tepat waktu produk Anda juga harus menjadi prioritas. Dan jangan lupa untuk menguji dan men-debug (jika ada) saat menentukan jadwal penyelesaian proyek.

5. Berhati-hatilah dengan Software Developer Freelance

Tidak ada salahnya mempekerjakan freelancer custom software developer. Tetapi jika Anda mencari custom software untuk bisnis Anda, tidak ada salahnya jika mencari perusahaan custom software development yang lebih besar.

Cobalah untuk mencari perusahaan custom software developer terbaik dengan setidaknya enam personil software developer internal.

Jangan lupa bahwa pengembangan software itu lebih dari sekadar pemrograman; itulah sebabnya di perusahaan custom software developer yang Anda sewa, harus memiliki minimal 2-3 manajer proyek.

Sebagai sebuah organisasi, Anda akan memerlukan penyedia layanan custom software yang memiliki sumber daya yang cukup untuk mendukung bisnis Anda di masa mendatang.

6. Pertimbangkan Lokasi

Saat menjalankan proyek outsourcing, Anda bisa saja tegiur untuk memilih perusahaan custom software development yang lokasinya di luar kota, hanya karena menawarkan layanan yang lebih murah.

Tapi hati-hati, karena dalam proses pengembangan perangkat lunak, murah mungkin saja berisiko. Belum lagi jika itu perusahaan luar negeri, Anda juga akan menjumpai hambatan komunikasi, budaya, dan bahasa.

Kolaborasi yang sukses membutuhkan komunikasi yang efisien. Dan kolaborasi mungkin gagal jika perusahaan custom software tidak berbicara dalam bahasa yang sama dengan Anda, sebab hambatan bahasa dapat mempersulit keduabelahpihak dalam hal memahami persyaratan dan umpan balik.

Pilihlah perusahaan custom software yang telah berkolaborasi dengan perusahaan di wilayah Anda, yang berbicara dalam bahasa yang sama dengan bahasa Anda.

7. Fokus pada Waktu Penyelesaian Proyek

Selalu pilih perusahaan custom software yang cukup efisien dan menyelesaikan proyek tepat waktu. Mintalah contoh laporan serah terima proyek sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang hal ini. Ini akan memberi Anda cukup waktu untuk menganalisis perusahaan custom software dan memutuskan (untuk maju atau tidak).

Dalam tahap negosiasi, perbaiki tenggat waktu pengiriman proyek karena ini akan memberi Anda waktu yang tepat untuk pelatihan staf, menemukan bug, dan memperbaikinya.

8. Bukan Sekedar Penyedia Layanan, Carilah Hubungan Jangka Panjang

Pilih perusahaan custom software development yang terpercaya untuk bisnis Anda. Perusahaan yang peduli dengan kesuksesan Anda sebelum kesuksesan mereka sendiri dan perusahaan yang percaya diri untuk bekerja dalam jangka panjang.

9. Mintalah Sampel Kapan pun Diperlukan

Pilih perusahaan custom software development yang bersedia memberi Anda prototipe kapan pun diperlukan, dan gratis.

10. Sampaikanlah Persyaratan Detail Proyek

Kurangnya detail yang relevan dan persyaratan proyek yang tidak perlu dapat menyebabkan kegagalan proyek. Jika ada organisasi atau individu yang berharap agar proyek mereka dikirimkan kepada mereka tanpa penundaan, maka persyaratan proyek harus jelas bagi perusahaan custom software development.

Persyaratan yang salah juga dapat menyebabkan banyak pengerjaan ulang pada tugas serupa. Oleh karena itu, waktu penyelesaian proyek menjadi sangat lama dan terkadang menjadi gagal karena konflik terkait dana di tahap selanjutnya.

11. Diskusikan dengan Tim Teknis

Setelah rencana terperinci disiapkan, detail (fitur, ruang lingkup, dan tujuan proyek) harus disampaikan kepada tim teknis dan mereka harus memahaminya dengan benar. Hal ini diperlukan karena jika Anda memberikan mereka dokumen tanpa rincian, maka ada kemungkinan tim teknis tidak dapat memahaminya secara menyeluruh, dan proyek dapat keluar jalur.

12. Jangan Abaikan Legalitasnya

Terlepas dari teori teknis dan strategis, mengabaikan aspek hukum dari layanan custom software dapat berbahaya bagi bisnis Anda. Itu karena perusahaan pengembangan custom software yang Anda tunjuk, pasti akan mendapatkan akses ke strategi bisnis, dokumen perdagangan, dan kekayaan intelektual organisasi Anda. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan latar belakang untuk memastikan kehandalan perusahaan custom software development.

Di sini, akan baik untuk bermitra dengan perusahaan custom software development yang berpengalaman karena perusahaan custom software tersebut telah membuktikan kredibilitas mereka berkali-kali. Selanjutnya, ketika memilih perusahaan custom software dari negara lain, pastikan Anda mengetahui bagaimana implikasi hukum dari negara tersebut bekerja.

13. Terus Periksa Layanan yang Tidak Dapat Dinegosiasikan

Ada beberapa hal khusus yang harus Anda konfirmasikan dengan perusahaan pengembangan custom software sebelum menyegel kesepakatan:

Layanan purna jual – Perusahaan pengembang custom software harus setuju untuk memberikan dukungan purna jual setelah menyerahkan perangkat lunak.

Keamanan dan Kerahasiaan – Pastikan bahwa klausul kerahasiaan tidak boleh dilanggar oleh perusahaan penyedia layanan pengembangan custom software. Oleh karena itu, sebelum menyerahkan perangkat lunak kepada Anda, pengujian kerentanan keamanan harus dilakukan.

Lisensi – Perangkat lunak ini sepenuhnya milik Anda atau perusahaan Anda, Anda membayarnya, dan Anda tidak boleh berkompromi dengan hal ini dengan cara apa pun. Pastikan bahwa lisensi pengguna dan semua hak atas nama Anda tanpa syarat dan ketentuan tersembunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.