Berita

Klaim Asuransi terkait Perangkat Meta Ini, Kian Marak di 2022

klaim asuransi headset vr oculus quest 2 meta

Klaim asuransi terkait perangkat Meta ini diperkirakan akan kian marak di tahun 2022. Pasalnya headset Virtual Reality (VR) Oculus Quest 2 dari Meta telah menjadi hadiah Natal yang paling populer di akhir 2021.

Dilansir dari laman engadget.com, Aviva yang merupakan salah satu perusahaan asuransi di Inggris, tahun lalu telah melihat peningkatan 31 persen terkait klaim kerusakan perabot dan isi rumah akibat penggunaan headset VR.

Lebih lanjut Aviva mengungkapkan bahwa secara keseluruhan peningkatan klaim meningkat 68 persen sejak 2016.

Pada tahun 2021, tambahnya, klaim rata-rata untuk kerusakan yang tidak disengaja akibat headset VR, sekitar £650 atau $880, dan sebagian besar insiden melibatkan layar TV yang retak.

“Banyak orang yang secara tidak sengaja merusak TV mereka”, tegas Kelly Whittington, Aviva’s UK property claims director.

Kepada The Guardian, Whittington, menyebut bahwa gadget baru kerap menjadi alasan pelanggan saat mengajukan klaim asuransi.

“Di masa lalu, kami telah melihat tren serupa yang melibatkan game kebugaran dan rogue fidget spinners”, imbuhnya.

Satu setengah bulan berlalu di 2022, Aviva terus memproses sejumlah klaim terkait VR dan rupanya perusahaan mengharapkan lebih banyak lagi klaim yang masuk di sepanjang tahun.

Meski demikian, Aviva tetap menyarankan kepada para pengguna headset VR untuk tetap berhati-hati saat bermain VR di dalam rumah.

“Pastikan perabot dan barang-barang mahal yang rentan terhadap kerusakan, disingkirkan lebih dulu”, tambahnya.

Dan supaya lebih tenang, ia tentu menyarankan agar mereka ikut asuransi perlindungan kerusakan yang tidak disengaja pada perabot rumah mereka.

Lebih lanjut, Whittington mengaku bila hingga saat ini, pihaknya belum tahu pasti berapa banyak headset VR yang telah dibeli pengguna.

Menyangkut Quest 2, lanjut Whittington, perkiraan yang relatif mendekati angka sebenarnya, mungkin yang dikemukakan oleh CEO Qualcomm Cristiano Amon pada November 2021.

Saat itu, dia mengatakan Meta telah mengirimkan sekitar 10 juta unit headset VR terbarunya.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, Divisi Reality Labs VR Meta belum mengungkapkan secara pasti berapa banyak headset Quest 2 yang telah terjual.

Baca juga Cent Tangguhkan Penjualan NFT Lantaran Keluhkan Hal yang Sama dengan OpenSea

Leave a Reply

Your email address will not be published.