5 Tips memilih Pendingin PC, Kipas atau Likuid? Simak

teknovidia.comTips memilih Pendingin PC – Suhu pada elektronik adalah hal yang penting sekali untuk di perhatikan. Secara umum suhu tinggi jadi masalah utama hampir pada semua barang atau komponen elektronik, seperti komputer. Itu mengapa PC atau laptop anda wajib memiliki sistem pendingin yang bisa melakukan kontrol suhu.

Sehingga anda bisa pilih sistem pendingin yang anda inginkan untuk PC anda serta anggaran dan keperluan anda. Ada berbagai jenis sistem pendingin yang banyak terpasang di PC: kipas dan likuid (cairan). Dari kedua itu memiliki tujuan yang sama, tetapi punya sistem dan dampak yang berbeda secara signifikan. Nah, sebelum anda lakukan pemasangan pendingin di PC, yuksimak beberapa hal dibawah ini.

Tips memilih Pendingin PC

Tips memilih Pendingin PC

1. Jika memilih kipas pendingin, perhatikan sirkulasi udara

Pendingin kipas koncensional banyak menjadi pilihan user PC karena ukurannya yang relatif kecil, mudah dipasang, murah, dan mempunyai kinerja pengatur suhu atau suhu PC yang cukup baik. PC memiliki kipas terpasang, seperti casing, VGA, prosesor, dan catu daya.

Namun, kipas pendingin akan bergantung pada kwalitas sirkulasi udara. Jangan sampai salah saat pasang kipas dikarenakan bisa membikin PC anda jadi kepanasan. Lokasi yang bagus, seperti yang dilaporkan oleh Game PC, ialah aliran udara ke depan dan bawah casing PC anda. Sedangkan exhaust fan (yang menghembuskan udara) di pasang diatas dan dibelakang casing PC.

2. Jika pendingin cair terpasang, periksa kebocoran

Memasang pendingin air atau radiator di PC anda tentu membutuhkan persiapan yang matang. Alasannya adalah jika anda melakukan sedikit kesalahan, air dapat keluar dari sisi komponen dan membanjiri komponen aktif. Namun dibalik kerumitannya, ternyata sistem ini memiliki fitur yang lebih unggul dibandingkan dengan kipas angin.

Diketahui dari berbagai sumber bahwa cairan pendingin PC mampu mendinginkan suhu prosesor dengan lebih bertenaga dan andal. Dalam beberapa kasus, prosesor berpendingin cairan dapat terasa 50% lebih dingin daripada kipas saja. Jadi sesuaikan sesuai kebutuhan.

3. Dampak terhadap harga

Liquid cooler atau radiator yang dipasang di PC biasanya harganya lebih mahal karena komponen yang harus dipertimbangkan lebih banyak. Padahal, perakitannya juga cukup rumit dan membutuhkan tenaga profesional atau mekanik untuk melakukannya. Di sisi lain, kipas pendingin masih tergolong murah karena mudah diaplikasikan pada komputer.

Di beberapa toko online unit pendingin air untuk PC dijual dengan harga mulai dari jutaan rupiah tergantung merk dan model modnya. Memang pada beberapa modifikasi lanjutan, sistem pendingin cair harganya bisa puluhan bahkan puluhan juta. Tentu saja, ini cukup berbeda dengan kipas angin yang harganya hanya puluhan atau ratusan ribu.

4. Kapan PC membutuhkan pendingin cair?

Lantas, kapan PC benar-benar membutuhkan pendingin cair? Seperti yang disebutkan di halaman Panduan Teknis kami, pendinginan cair mungkin diperlukan saat pengguna PC sering melakukan overclock berbagai komponen seperti prosesor dan kartu grafis. Jika anda memiliki komponen PC berperingkat ekstrim yang sering membuang panas berlebihan, anda mungkin sangat membutuhkan jenis pendingin ini.

Namun, jika anda menggunakan PC untuk pekerjaan sehari-hari, bermain game, dan multimedia yang dapat bertahan dengan pendinginan kipas, anda tidak memerlukan radiator. Memasang dan membangun sistem berpendingin air di PC berspesifikasi rendah atau sedang masih terasa sia-sia dan hanya mengandalkan tampilan.

5. Jenis pendingin likuid untuk PC

Ya, pendinginan air pada PC anda tidak berarti PC anda hadir tanpa kipas. Dalam praktiknya, ini setara dengan sistem pendingin pada sepeda motor atau mobil yang masih membutuhkan kipas untuk menghilangkan panas yang terkumpul di radiator, biasanya terbuat dari aluminium. Seperti yang diulas oleh Trenton Systems, ada dua jenis pendingin cair yang biasa dipasang di PC.

Pendinginan air all-in-one atau all-in-one: Ini adalah jenis pendingin air yang paling umum dan paling sederhana yang dapat diterapkan pada PC. Anda hanya perlu menginstalnya sesuai dengan manualnya dan biasanya komponen ini sudah memiliki bentuk yang sesuai dengan casing PC anda. Jangan salah. Pendingin air AIO memiliki banyak merek dan harga di pasaran.

Custom Cooling Loop: Jenis pendingin cair yang digunakan oleh pengguna PC yang ingin memodifikasi PC mereka. Jenis ini hadir dalam banyak ragam, bentuk dan model tergantung permintaan. Tentu saja, itu juga yang paling mahal.

Sekarang, kami mengetahui beberapa hal penting untuk dipertimbangkan sebelum memasang pendingin di PC anda. Jika anda menginginkan performa maksimal, radiator untuk PC Anda bisa menjadi pilihan, terutama bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas. Pemilik PC ekstrim harus memasang pendingin ini untuk menjaga suhu tetap rendah.

Namun, jika suhu prosesor PC anda masih di bawah 80 derajat Celcius (selama beban kerja yang berat), pendinginan cairan mungkin tidak diperlukan. Pilih komponen anda dari pasar dan semuanya kembali kepada anda. Anda perlu menyesuaikan anggaran dan menghindari pemborosan.


Sekian artikel diatas mengenai Tips memilih Pendingin PC antara kipas atau likuid. Apakah sudah menentukan mana yang bakalan anda pilih?. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Leave a Comment