Mengenal Transformasi Digital dan Pengertiannya Menurut Para Ahli

Halo rekan-rekan tekno, apa kabarnya? Pada artikel ini Teknovidia merangkum beberapa pengertian transformasi digital menurut para ahli. Yuk, simak artikel ini sampai akhir agar kamu tahu bagaimana para ahli memberikan pendapatnya tentang transformasi digital.

Transformasi digital sendiri sebenarnya banyak memberikan pengaruh di berbagai sektor kehidupan manusia. Mulai dari bisnis, pendidikan, hingga hiburan, semuanya tidak lepas dari yang namanya digitalisasi.

Konsep transformasi digital marak diperbincangkan akhir-akhir ini, ditambah lagi Covid-19 yang mampu mendorong percepatan proses transformasi digital.

Bahkan 59% dari 373 pakar IT mengatakan bahwa tekanan yang berangkat dari pandemi Covid-19 mempercepat upaya transformasi digital. Ini merupakan data yang diambil dari hasil survei bisnis yang dilakukan oleh IDG Research pada bulan Juli tahun 2020 lalu.

Jika kita berbicara tentang sejarahnya, sebenarnya konsep trasnformasi digital ini tak lepas dari yang namanya teknologi komputer yang hadir pada tahun 1990-an.

Sejak saat itu, orang-orang sudah mampu mengubah media konvensional (dokumen dan foto) yang tadinya berbentuk hard copy menjadi data biner (1 dan 0).

Apalagi jika kita berbicara tentang bisnis, sektor kehidupan manusia yang paling dekat dengan praktik transformasi digital.

Dalam dunia bisnis banyak teknologi digital yang muncul seperti kecerdasan buatan, cloud computing, dan Internet of Things.

Para ahli teknologi digital berlomba-lomba memberikan karya terbaiknya. Hal ini semakin mempercepat transformasi digital di sektor bisnis.

Transformasi digital dalam dunia bisnis lebih kompleks ketimbang mengganti surat pos dengan email.

Transformasi digital adalah proses yang terjadi pada teknologi digital untuk menciptakan sesuatu yang baru atau memodifikasi model bisnis, budaya, dan pengalaman pelanggan yang ada untuk menjawab masalah yang ada serta memenuhi kebutuhan pasar.

Transformasi digital untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (CX – Customer Experience). Sumber: Modern Dealership

Transformasi digital dapat mengubah sebuah perusahaan untuk melampaui gerak bisnis konvensional seperti penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan.

Sebenarnya, dalam memahami konsep transformasi digital ini dimulai dan diakhiri dengan bagaimana cara Anda memikirkan dan ikut serta dengan masalah yang ada.

Meskipun konsep transformasi digital ini sebagian besar digunakan dalam konteks bisnis yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan, transformasi digital sebenarnya juga berdampak pada organisasi lainnya seperti institusi pemerintah dan lembaga publik atau swadaya masyarakat.

Laju perkembangan teknologi di era digital membuat setiap organisasi harus turut serta dalam transformasi digital, karena para pesaing terus menyesuaikan teknologi baru.

Transformasi digital ini juga telah membawa kepada kultur konsumen yang lebih menuntut standar kepuasan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Misalnya saja konsumen akan mencari pelayanan yang lebih baik dan juga lebih cepat.

Banyak sektor industri yang akan bertransformasi ke arah penggunaan teknologi digital, seperti industri retail. Sebelum menjamurnya marketplace dan toko-toko online, pendistribusian produk hanya bisa dilakukan dengan menaruh produk dari toko ke toko. Dan butuh waktu yang lama untuk mulai mengenalkannya kepada audiens.

Namun, sekarang berkat perkembangan tenologi digital yang luar biasa para pelanggan dapat dengan mudah mengetahui produk apa saja yang baru diluncurkan lewat notifikasi di gadget mereka.

Lalu sebenarnya, apa yang dimaksud dengan transformasi digital?

Pengertian Transformasi Digital Menurut Para Ahli

Berikut kami telah merangkum pengertian transformasi digital menurut pendapat para ahli.

Westermen dan Bonnet, 2011

Leading Digital, buku yang ditulis oleh Westermen, Bonnet, dan McAfee. Sumber: The Digital Transformation People

Menurut Westermen dan Bonnet (2011), transformasi digital adalah proses perubahan organisasi yang melibatkan manusia, strategi, strutuktur melalui penggunaan teknologi digital dan model bisnis yang menyesuaikan guna meningkatkan kinerja organsasi.

Kemudian mereka juga mendefinisikan transformasi digital sebagai perubahan yang akan melakukan banyak sekali inovasi yang mengubah perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dalam menjalankan bisnis.

Fitzgerald, 2013

Definisi transformasi digital menurut Fitzgerald (2013) adalah penggunaan teknologi digital yang dilakukan secara radikal untuk meningkatkan kinerja atau untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

Ia juga menambahkan transformasi digital membawa serta banyak tantangan baru kepada organisasi dan menuntutnya agar harus lebih hati-hati dari era sebelumnya.

Maksym Babych

Maksym Babych. Sumber: ideamensch

Menurut Babych, CEO dari Spdload.com transformasi digital adalah perubahan besar dalam aktivitas proses, kompetensi, dan model bisnis untuk sepenuhnya memanfaatkan peluang berbagai teknologi digital yang muncul dengan mempertimbangkan perubahan saat ini dan masa depan. Perubahan yang dimaksud adalah sebagi berikut:

  • Menggunakan lebih sedikit pena dan kertas, lebih banyak menggunakan alat dan aplikasi online.
  • Memiliki ruang arsip yang lebih kecil dan mulai beralih ke penyimpanan cloud.
  • Mengurangi kekhawatiran dalam jaringan, lebih banyak lagi memikirkan tentang keamanan data, tren teknologi, dan menggabungkan sistem teknologi terintegrasi untuk bisnis.
  • Lebih sedikit mengeluh pada perkembangan software, lebih banyak mempelajarinya, dan memiliki pengetahuan tentang penggunaan itu.

John Moss

John Moss menjelaskan bahwa untuk dapat menilai keberhasilan dari transformasi digital, sangat penting bagi para eksekutif perusahaan untuk menentukan bagaimana merencanakannya sejak awal, sebelum melakukan transformasi digital.

Eric Jeffery

Menurut Eric Jeffery, transformasi digital adalah kata kunci untuk membangkitkan emosi dan menarik tindakan. Transformasi digital muncul untuk membantu organisasi tumbuh dalam kematangan teknologi sambil berfokus pada kebutuhan bisnis.

Eric juga berpendapat bahwa bergerak menuju jalur transformasi digital tanpa memahami tujuannya dapat menyebabkan pengeluaran keuangan yang tidak perlu. Transformasi digital dapat memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Sukhi Jutla

Sukhi Jutla. Sumber: Professional Jeweller

Sukhli Jutla menjelaskan bahwa transformasi digital membawa visibilitas suatu produk menjadi penting. Artinya produk yang ditawarkan oleh organisasi harus dapat dengan mudah dicari di mesin pencari.

Ini adalah transformasi digital yang besar dan untuk mengimplementasikannya, perusahaan membutuhkan pengembang teknologi yang luar biasa serta kemampuan untuk meyakinkan pelanggan untuk menerima inovasi ini. Oleh karena itu, tantangan terbesarnya adalah meyakinkan investor untuk bergabung.

Max Falb

Max Falb memberikan definisi transformasi digital sebagai bentuk inkorporasi teknologi digital ke dalam produk dan memprosesnya untuk memperoleh daya saing dalam ekonomi digital.

Peter Wilfahrt

Menurut Peter Wilfahrt, transformasi digital adalah sebuah proses dimana kamu sebagai seorang pebisnis, harus mencoba untuk mengubah segala bentuk interaksi manusia dengan proses digital. Maksudnya adalah secara sadar pebisnis harus dapat memanfaat teknologi digital untuk keperluan seperti perancangan produk, ketersediaan bahan baku, digital marketing, keamanan, dan lain lain.

Avinash Chandra

Menurut Avinash Chandra, transformasi digital adalah mengintegrasikan teknologi digital ke semua area bisnis, yang secara fundamental mengubah cara beroperasi dan memberikan nilai kepada pelanggan.

Integrasi teknologi digital ini mencakup hal-hal seperti iklan, promosi, dan layanan pelanggan. Inovasi digital harus dimulai dan diakhiri dengan pemikiran dan iteraksi konsumen.

Nah, itulah tadi beberapa pendapat dari beberapa ahli tentang pengertian transformasi digital. Semoga dengan membaca artikel ini kamu menjadi lebih paham tentang pengertian transformasi digital menurut para ahli.

1 thought on “Mengenal Transformasi Digital dan Pengertiannya Menurut Para Ahli”

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA