Trivia

5+ Tips Cara Mengatur Keuangan Harian

Sampai dengan saat ini banyak dari kalangan masyarakat yang menghabiskan uang di awal bulan dan mulai berhemat di akhir bulan. Selain itu, untuk di akhir bulan biasanya pengeluaran akan berusaha dihemat semaksimal mungkin karena gaji yang sudah habis.

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai tips mengatur keuangan harian. Bagi Anda yang penasaran dengan beberapa tips tersebut, bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Baca juga 3 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Dana Pensiun dengan Baik

Tips Mengatur Keuangan Harian

Mempunyai kebiasaan di awal bulan dengan berfoya-foya, tentu saja akan merugikan diri sendiri di kemudian hari. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa digunakan agar keuangan harian terkontrol berikut ini:

1. Membuat Budget Harian, Mingguan, dan Bulanan

Tips mengatur keuangan harian kali ini terkesan sederhana untuk dilakukan oleh kalangan masyarakat. Namun, pada kenyataannya masih banyak dari kalangan masyarakat yang mengabaikan tips ini. Cara mudah untuk mengatur keuangan adalah dengan mencatatnya menggunakan aplikasi mobile catat keuangan sehingga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja saat kita melakukan transaksi.

Aplikasi mobile pencatat keuangan. Sumber: Dribbble Della Clarissa

Tidak ada salahnya Anda menerapkan satu hal ini untuk mengatur budget uang yang akan dikeluarkan harian, mingguan, maupun bulanan.

Misalnya, Anda mempunyai gaji Rp6.000.000,00 dan ingin menabung Rp2.000.000,00. Maka untuk pengeluaran yang bisa digunakan adalah Rp4.000.000,00. Dengan budget tersebut ada beberapa rincian biaya hidup dalam kurun waktu satu bulan, yaitu:

  • Biaya makan dalam kurun waktu satu bulan Rp1.000.000,00.
  • Biaya pulsa internet Rp100.000,00.
  • Kebutuhan sehari-hari Rp300.000,00.
  • Bensin Rp300.000,00.
  • Uang darurat Rp300.000,00.
  • Membayar cicilan Rp2.000.000,00.

Ketika Anda sudah melakukan breakdown seperti ini, pasti akan diberikan kemudahan ketika akan mengatur pengeluaran Anda.

2. Lebih Berhemat dalam Urusan Makanan

Bagi Anda yang bertempat tinggal di kota metropolitan, ada banyak sekali restoran makanan yang sangat menggoda untuk dikunjungi. Bahkan untuk jenis makanan yang ingin dimakan bisa ditemukan dengan hitungan menit.

Tentu saja Anda sudah memahami bahwa pada saat makan di restoran akan lebih banyak menguras uang. Langkah yang bisa Anda lakukan agar tidak kehabisan uang di tanggal tua adalah mengontrol diri dalam memilih makanan.

Untuk hal kali ini, bukan berarti Anda tidak boleh makan di restoran. Akan tetapi, Anda boleh saja makan di restoran dengan sekali tempo saja atau paling tidak satu bulan sekali.

3. Manfaatkan Diskon dan Promo

Pada era perkembangan teknologi seperti sekarang, banyak sekali dari kalangan masyarakat yang berlomba-lomba membuka bisnis. Bahkan semua bisnis saling berlomba-lomba untuk memberikan promo yang menarik.

Dengan adanya promo ini mereka bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Nah, untuk Anda sebagai konsumen yang pintar dan bijak, bisa memanfaatkan kesempatan yang ada di waktu tersebut.

Tidak ada salahnya Anda memanfaatkan setiap diskon yang diberikan oleh berbagai tipe produk. Untuk Anda yang ingin mendapatkan informasi mengenai program diskon bisa mengunduh beberapa aplikasi, seperti Groupon, Dealoka, dan masih banyak lainnya.

4. Menghindari Belanja secara Berlebihan

Bagi Anda yang tidak ingin bersedih di tanggal tua, maka tidak ada salahnya mengontrol diri untuk mengurangi belanja secara berlebihan. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah memprioritaskan apa yang sudah menjadi kebutuhan.

Hindari belanja yang tidak perlu. Sumber: ELMENS

Ketika Anda ingin membeli hanya untuk memenuhi keinginan pribadi saja, lebih baik ditahan dulu. Membuang uang untuk membeli suatu barang yang tidak dibutuhkan bukanlah hal yang bijak.

Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa “Apabila Anda membuang-buang uang untuk hal yang tidak penting, maka Anda akan menjual barang tersebut di kemudian hari”. Selain itu, juga ada satu pepatah lagi yaitu “Bersikaplah bijak ketika berbelanja, bila tidak ingin kehabisan uang di akhir bulan”.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Tips berikutnya yang Anda bisa lakukan adalah mencari penghasilan tambahan untuk menambah pundi-pundi keuangan. Sedangkan untuk Anda yang ingin menikmati hidup dan tidak ingin kesusahan bisa melakukan tips satu ini.

Tentu saja semakin besar penghasilan yang didapatkan, maka semakin besar pula uang yang bisa dinikmati untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan untuk Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan, biasanya bisa melakukan beberapa hal.

Ada beberapa pilihan yang dapat dipilih, yaitu membuka bisnis, berjualan online, atau melakukan investasi. Dengan melakukan investasi ini, secara tidak langsung Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Semakin Anda rutin melakukan investasi, maka besar bunga efektif yang diberikan akan lebih besar. Selain itu, untuk Anda yang melakukan investasi bisa memperoleh pendapatan pasif setiap bulannya.

6. Mencari Kegiatan yang Bermanfaat di Waktu Luang

Libur panjang di akhir pekan terkadang menjadi salah satu momen untuk menghabiskan uang. Untuk Anda yang ingin menghindari hal tersebut bisa dengan mencari kegiatan yang bermanfaat di waktu luang.

Tentu saja untuk setiap orang mempunyai hobi yang berbeda-beda. Maka dari itu, supaya tidak hanya membuang-buang uang, Anda bisa menekuni hobi yang tidak membutuhkan banyak uang seperti olahraga.

Itulah dia enam tips yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan harian. Semoga dengan adanya pembahasan diatas sudah tidak ada lagi kalangan masyarakat yang kehabisan uang di akhir bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.