Trivia

Sharing 7 Siswa SMK Al Falah Tempat Magang / PKL RPL di Bandung

Masa magang atau PKL (Praktik Kerja Lapangan), bagi siswa-siswi SMK menjadi tantangan tersendiri. Tempat magang / PKL yang terbatas, serta pekerjaan yang tidak sesuai jurusan adalah beberapa kendalanya.

Pada artikel kali ini, Teknovidia merangkum beberapa pengalaman dari siswa-siswi SMK Al Falah Bandung jurusan RPL terkait aktivitas magang atau PKL mereka. Di akhir artikel, siswa-siswi SMK Al Falah juga memberikan beberapa rekomendasi tempat Magang / PKL RPL di Bandung yang dapat menjadi opsi. Mari kita simak!

Baca juga

Sharing Pengalaman Magang / PKL dari Siswa-Siswi SMK Al Falah Bandung

1. Melli Susan

SMK Al Falah Bandung Lulusan 2021
Magang / PKL di Politeknik LP3I Bandung

Tempatnya nyaman. Di Politeknik LP3I ini saya bertugas di divisi LPMI, yaitu Lembaga Penjaminan Mutu Internal. Saya bertugas melanjutkan pembuatan website LPMI. Suasana rekan kerja sangat ramah.

Pengalaman yang saya dapatkan, antara lain: bagaimana cara membuat website dengan CMS WordPress, mendapatkan ilmu yang di sekolah belum saya dapatkan, bertambah wawasan, dan bisa mengenal lingkungan baru.

Kelebihannya, saya mendapatkan ilmu baru, pengalaman baru. Untuk kekurangannya, mungkin setiap orang yang mempunyai argumen yang berbeda-beda. Dan untuk saya, mungkin tugasnya agak berat. Namun, selama dibimbing dan dikerjakan dengan ikhlas, semua berjalan dengan lancar.

2. Regina Andani

SMK Al Falah Bandung Lulusan 2021
Magang / PKL di BATAN

Saya mendapatkan tempat atas rekomendasi dari sekolah. BATAN bergerak di industri tenaga nuklir. Saya di sana di berikan tugas untuk membuat sebuah website.

Para rekan pagawai di sana sangat ramah dan baik semua, sehingga saya nyaman berada disana. Pengalaman dalam bersosialisasi, para pegawai di sana sangatlah baik dan ramah kepada semua orang. Mereka sangat disiplin. Kekurangannya, mungkin fasilitas untuk tamunya.

PSTNT BATAN, Tempat Magang / PKL RPL di Bandung

3. Dinda Ramdaningrum Y.

SMK Al Falah Bandung Lulusan 2021
Magang / PKL di PSTNT BATAN

Saya PKL bersama 3 orang teman saya dan kita dibagi menjadi 2 kelompok. 2 teman saya berada di bagian UPN dan saya beserta 1 teman saya berada dibagian K3.

Selama PKL kurang lebih 4 bulan, saya beserta teman saya disuruh membuat website tentang laporan dosis TLD. Selama 4 bulan itu saya dan teman saya merasakan yang namanya salah coding, error, tidak muncul hasilnya, dan lainnya.

Namun, saya mengerjakan tidak hanya berdua dengan teman saya. Ada pembimbing di PKL yang memberitahu, serta ada bantuan dari pembimbing sekolah juga. Semacam diskusi untuk menyelesaikan tugas. Jika tidak ada bantuan dari para pembimbing, mungkin tugasnya tidak akan selesai.

Hal ini dikarenakan kondisi masih pandemi, jadi perusahaan menyuruh saya beserta teman saya untuk mengerjakan online. Hanya beberapa kali ke perusahaannya untuk menanyakan lebih jelas, atau meminta tanda tangan untuk jurnal.

Mungkin segitu cerita singkat saya selama PKL. Sangat-sangat berkesan dan banyak pelajaran yang bisa saya dan teman-teman saya ambil.

4. Hasna Nabhan Arasy

SMK Al Falah Bandung Lulusan 2021
Magang / PKL di PT Karya Eka Nala

PT KEN bergerak dalam pembuatan aplikasi. Suasananya sangat tenang. Namun para kakak-kakak di sana sangat humble.

Pengalaman yang saya peroleh selama PKL di sana adalah kita harus konsisten menggerjakan sesuatu yang diminta oleh atasan. Kelebihannya, dari segi tempat yang memadai dan dilengkapi fasilitas wifi. Namun, kekurangannya adalah minimnya komputer atau laptop yang tersedia.

5. Rangga Dwi Cahya

SMK Al Falah Bandung Lulusan 2021
Magang / PKL di PT Karya Eka Nala

Saya mendapatkan tempat PKL dari rekomendasi guru di sekolah. Tempatnya sangat bagus, karena view-nya menunjukkan pemandangan langsung hampir seluruh kota Bandung. PT Karya Eka Nala ini, bergerak di bidang IT, bisa berbasis website, membuat game, atau pun yang lain.

Saya mengerjakan pembuatan website sederhana. Suasana kerjanya pun sangat nyaman, karena orang-orangnya sangat ramah. Pengalaman saya di sana, saya bisa membuat website menggunakan framework yang berbeda dari pelajaran sekolah. Kekurangannya, hanya jauh dari moda transportasi umum.

ASM Ariyanti, Tempat Magang / PKL RPL di Bandung

6. Yusuf Permana

SMK Al Falah Bandung Lulusan 2021
Magang / PKL di ASM Ariyanti

ASM Ariyanti ini bergerak di bidang pendidikan. Saya diberi kesempatan untuk melaksanakan PKL di ASM Ariyanti yang berada di Jl. Pasir Kaliki No. 127-129, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. PKL ini dimulai dari tanggal 19 April sampai 19 Juli 2020, atau kurang lebih 3 Bulan.

Di hari pertama kami datang bersama-sama pada pukul 08.00 WIB, kami dikumpulkan oleh seorang karyawan di kelas yang lumayan luas. Kami diberikan arahan tentang aturan-aturan yang berlaku di dalam perusahaan tersebut. Di hari pertama kami tidak langsung melaksanakan PKL. Kami dipulangkan lebih awal karena masih ada siswa dari sekolah lain yang masih melaksanakan PKL untuk hari terakhirnya.

Hari berikutnya, kami masuk seperti kemarin dan berkumpul. Seorang karyawan yang sekaligus menjadi pembimbing PKL kami di perusahaan tersebut, Pak Rangga, menghampiri kami dan mengatur kami untuk ditempatkan di mana saja kami harus melaksanakan PKL. Saya dan satu teman saya, Kharnisa, ditempatkan di satu ruangan tetapi beda instansi, yaitu akademik.

Pada saat itu saya diperkenalkan dengan karyawan yang akan menjadi pembimbing saya selama saya melaksanakan PKL di tempat tersebut. Pembimbing saya ada dua orang, yaitu Bu Yeni dan Pak Izal. Pertama-tama saya diajarkan tentang bagaimana cara kerja SIKAD. SIKAD adalah Sistem Informasi Akademik. Hari demi hari saya diajarkan untuk jadi operator Zoom, filling dokumen, input dan output data, membuat project Landing Page, membuat soal di Quizizz, mengedit foto di Adobe Photoshop dan Corel Draw, dan lain-lain.

Setiap hari saya melaksanakan tugas yang diberikan pembimbing tersebut. Pada awalnya saya merasa sangat canggung. Hingga lama-kelamaan saya sudah mulai merasa akrab dengan yang lainnya. Mereka semua baik dan ramah.

Waktu begitu cepat hingga tiba saatnya hari terakhir saya dan teman-teman untuk melaksanakan PKL pun tiba. Saya dan teman-teman pamit kepada pembimbing kami masing-masing dan mengucapkan terima kasih karena sudah membimbing kami dalam melaksanakan PKL selama 3 bulan di perusahaan tersebut. Kami semua merasa sedih karena kami semua sudah merasa nyaman di perusahaan tersebut. Harus berpisah karena waktu yang sudah ditentukan.

Selama 3 bulan tersebut saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang bisa saya ambil. Salah satunya harus bersikap inovatif, kreatif, dan disiplin dalam dunia kerja. Itu sangat dibutuhkan.

PT Karya Eka Nala: Tempat Magang / PKL RPL di Bandung

7. Pebrian Agung Gumilang

SMK Al Falah Bandung Lulusan 2021
Magang / PKL di PT Karya Eka Nala

Pengalaman yang saya dapat pada saat PKL sangat penting dan sangat berguna untuk ke depannya, karena pada saat PKL saya lebih disiplin waktu, disiplin mengenai pekerjaan, dan disiplin untuk hal yang lainnya. Saya mendapatkan ilmu yang sangat banyak dan sangat penting, khususnya untuk ilmu web developer.

Suasana tempat PKL saya sangat sejuk karena lokasi tempat PKL berada di Dago Dream Park yang masih asri. Rekan kerjanya juga asik-asik, saling menghormati, dan membantu satu sama lain.

Rekomendasi Tempat Magang / PKL Jurusan RPL di Bandung dari Teman-teman SMK Al Falah

Berikut ini beberapa rekomendasi Tempat magang / PKL RPL di Bandung.

Baca juga 15 Software House Terbaik di Bandung

1. BMKG Bandung

Website: https://bmkgbandung.id/
No. Telp: 022 2036212
Email: stageof.bandung@bmkg.go.id
Alamat: Jl. Cemara No. 66, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung

2. ICM, Indonesia Congress Management

Website: https://clickicm.co.id/
No. Telp: 082110405228
Alamat: Jl. Westhoff No. 35, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung

3. Itenas, Institut Teknologi Nasional

Website: https://www.itenas.ac.id
No. Telp: 022 7272215
Email: humas@itenas.ac.id
Alamat: Jl. PH H. Mustopa No. 23, Bandung

4. Kantor Pusat Kantor Pos

Website: https://www.posindonesia.co.id
No. Telp: 150061
Alamat: Gedung Graha Pos Indonesia, Jl. Banda No. 30, Bandung

5. LLDIKTI Wilayah IV

Website: https://www.lldikti4.or.id/
No. Telp: 082244121226
Emal: informasi@lldikti4.or.id
Alamat: Jl. PH. H. Mustofa No. 38, Cikutra, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung

6. STPB, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Website: https://www.stp-bandung.ac.id/
No. Telp: 022 2011456
Email: contact@stp-bandung.ac.id
Alamat: Jl. Dr. Setiabudhi No. 186, Bandung

7. Telkom Bandung

Website: https://telkom.co.id
No. Telp: 021 808 63539
Email: corporate_comm@telkom.co.id
Alamat: Jl. Japati No. 1, Bandung

8. Unikom, Universitas Komputer Indonesia

Website: https://unikom.ac.id/
No. Telp: 022-2504119
Alamat: Jl. Dipatiukur No. 112-116, Coblong, Lebakgede, Bandung

9. Universitas Islam Nusantara

Website: https://uninus.ac.id/
No. Telp: 0811-2312-530
Email: humasuninus@gmail.com
Alamat: Jl. Soekarno-Hatta No. 530, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.