Bisnis, Bisnis Umum

5 Daftar Investor Terpenting Sepanjang Sejarah Amerika

Dunia tidak akan pernah berkembang bila tidak ada penggerak utamanya, di berbagai sektor apapun membutuhkan yang namanya investor agar bisa terus berkembang. Termasuk dengan Amerika, sangat penting untuk mengenal investor terpenting sepanjang sejarah Amerika.

Dengan mengenal orang-orang penting yang menjadi investor terpenting sepanjang sejarah Amerika, setidaknya orang akan lebih paham dengan dunia ekonomi yang ada saat ini.

Apalagi ditambah dengan faktor kemajuan teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini, tentu saja kehadiran seorang investor sangat dibutuhkan. Selain berguna untuk produk itu sendiri, berguna juga untuk hal-hal krusial lainnya.

Baca juga

Nama Investor Terpenting Sepanjang Sejarah Amerika

Tak kenal maka tak sayang, akan ada selalu pepatah seperti itu untuk bisa mengenal beberapa tokoh yang menjadi penggerak roda ekonomi di dunia.

Berikut ini adalah beberapa nama dari tokoh-tokoh penting yang sudah menjadi investor terpenting sepanjang sejarah Amerika berikut dengan julukannya.

Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya sampai akhir!

1. Bill Miller

Bill Miller

Investor yang memiliki pengaruh penting asal Amerika pertama adalah Bill Miller, yang lahir di Laurinburg, Carolina Utara, Amerika pada tanggal 23 Januari tahun 1955.

Sampai saat ini kekayaan yang dimiliki oleh Miller belum dapat dipastikan berapa, namun dana yang ada di LLM yakni perusahaan milik pribadinya tercatat ada sekira USD 2 miliar. Berikut dengan aset yang dikelola mencapai USD 252,3 miliar.

Adapun nama perusahaan yang Miller miliki sampai saat ini adalah Miller Value Partner.

Sejarah Bill Miller untuk bisa menjadi seorang investor yang terpenting di dunia ini tidak didapat dengan cara yang mudah. Ada banyak pengorbanan yang harus ia lakukan.

Pada tahun 1991 sampai 2005, ia bersama dengan Legg Mason Value Trust mampu mengalahkan pengembalian S&P 500.

Kemudian pada tahun 1999, Bill Miller dinobatkan oleh Morningstar.com sebagai “Manajer Dana Dekade”.

Tidak sampai disitu saja, Miller juga merupakan pemegang saham mayoritas di beberapa perusahaan penting seperti Amazon.com, Apple Inc, JP Morgan Chase & Co, Restoration Hardware, serta 30 persen saham di Bitcoin.

2. John “Jack” Bogle

John “Jack” Bogle

Investor selanjutnya ada John Bogle, seorang investor asal Amerika yang lahir pada tanggal 8 Mei 1929 di Montclair, New Jersey, Amerika. Dan meninggal pada tanggal 16 Januari 2019 lalu di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Adapun total kekayaan dan aset yang dikelola oleh John Bogle adalah mencapai angka USD 5,1 triliun, dan nama perusahaan yang ia bangun dan miliki adalah Vanguard Group.

Sama seperti orang penting pada umumnya, perjalanan hidup untuk bisa menjadi sukses seperti saat ini bukanlah hal yang mudah untuk diraih.

John “Jack” Bogle merupakan legenda mutlak atas usahanya yang sudah mendirikan perusahaan besar yang sampai saat ini berdiri, yakni Vanguard Group.

Atas usaha yang telah ia raih, oleh majalah Fortune memberikan nama untuknya sebagai salah satu dari “Empat Raksasa Investasi Abad ke-20” pada tahun 1999.

Buku dengan judul “Common Sense on Mutual Funds: Imperatif Baru untuk Investor Cerdas” merupakan karya yang paling banyak dibaca, bahkan sangat dihormati oleh komunitas investasi.

3. Warren Buffet

Warren Buffet

Warren Buffet atau lebih dikenal dengan julukan “Penyihir dari Omaha” tersebut sangat terkenal di dunia investasi.

Buffet yang lahir pada 30 Agustus 1930 di Omaha, Nebraska, Amerika tersebut memiliki jumlah kekayaan sebesar USD 83,4 miliar. Berikut dengan aset yang dikelolanya mencapai sekira USD 702,1 miliar.

Nama perusahaan yang dibangun dan dijalankan oleh Buffet adalah CEO Berkshire Hathaway.

Di telinga investor nama Warren Buffet sudah tidak lagi asing, bahkan sampai dengan pengusaha dan para penentu kebijakan negara yang ada di dunia.

Nama yang sudah dibangun oleh Warren ini tentu saja bukan hal yang mudah untuk dicapai, sebab ia memulainya dari langkah yang kecil sebelum akhirnya bisa sampai besar seperti ini.

Modal awal Buffet yang gunakan untuk berinvestasi sangat kecil sekali sampai sekarang total nilai investasinya mencapai angka USD 85 miliar.

Buffet juga dikenal sebagai investor yang ringan tangan, ia tidak sungkan untuk menyumbangkan sebagian hartanya ke beberapa yayasan.

Terakhir menurut informasi yang didapat, total sumbangan yang dilakukan oleh Buffet pada tahun 2006 adalah tercatat tidak kurang dari USD 400 triliun di 5 yayasan.

4. Peter Lynch

Peter Lynch

Investor legendaris ternama urutan keempat adalah Peter Lynch yang lahir pada 19 Januari 1944 di Newton, Massachusett, Amerika.

Kekayaan yang dimiliki oleh Lynch diperkiraan mencapai angka USD 352 miliar, dan total aset yang dikelola mencapai USD 2,4 triliun.

Nama dari perusahaan yang dibangun oleh Lynch adalah Fidelity Magellan Fund, yang terus berkembang sampai dengan saat ini.

Peter Lynch tidak hanya dikenal sebagai investor Amerika saja, tetapi juga dikenal sebagai manajer reksa dana dan seorang dermawan yang baik hati.

Modal awal yang digunakan oleh Lynch untuk investasi bisa mengembalikan modal yang sudah ia keluarkan sebanyak 29,2 persen. Yang mana, itu berarti secara konsisten sudah kembali dua kali lipat melebihi indeks pasar S&P 500.

Menariknya lagi, selama dalam masa jabatannya aset yang ia kelola meningkat pesat. Yakni dari USD 18 juta menjadi USD 14 miliar.

Tidak hanya menjadi investor yang legendaris, Lynch juga menuangkan perjalanan hidupnya untuk menjadi saat ini ke dalam beberapa buku yang berhasil menjadi best seller.

Menurut keterangan yang didapat dari buku yang ditulis oleh Jason Zweig yakni Benjamin Graham tahun 2003 dan The Intelligent Investor, menyebutkan nama Lynch yang sudah dianggap sebagai investor legendaris sepanjang jaman.

5. Bill Gross

Bill Gross

Terakhir ada Bill Gross atau lebih dikenal dengan sebutan “Raja Obligasi” ini lahir pada 13 April 1944 di Middletown, Ohio, Amerika yang menjadi investor terpenting sepanjang sejarah Amerika.

Memiliki total kekayaan sebesar USD 1,5 miliar dan total aset yang dikelola mencapai USD 1,75 triliun memiliki kisah yang bisa dijadikan sebagai pelajaran.

Julukan yang didapatkannya yakni raja obligasi bukanlah tanpa sebab, hal tersebut disebabkan oleh keberhasilannya dalam melakukan investasi pendapatan tetap.

Yang membuat namanya dikenal sebagai salah satu dari pelaku investasi yang terbaik sepanjang masa.

Bill Gross juga merupakan pendiri dari perusahaan besar yang masih berdiri sampai saat ini, ia berlaku sebagai co-founder dari PIMCO. Yang mana saat ini sudah memiliki aset dalam pengelolaan sebesar USD 1,77 triliun.

Sebagai penemu dari perusahaan besar bukan berarti Bill Gross tidak pernah terpuruk, hal tersebut ia rasakan saat memutuskan untuk bekerja di Janus Capital Group pada tahun 2014.

Mengingat pengalaman tersebut, Bill Gross memberikan nasehat baik untuk calon kapitalis yang berminat untuk melakukan investasi agar tidak berinvestasi di “korporasi zombie” dan tidak berinvestasi pada bisnis riil.

Bill Gross juga selalu menekankan diversifikasi dan mengambil peluang bisnis berdasarkan dengan pengetahuan pada calon kapitalis. Bahkan ia juga menyarankan agar mempertahankan cukup uang tunai dalam genggamannya.


Demikianlah ulasan menarik mengenai daftar investor terpenting sepanjang sejarah Amerika yang bisa dijadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait Investor

Leave a Reply

Your email address will not be published.