Berita

Keamanan Microsoft, Apple, Google, dan Linux, Siapa Paling Unggul?

Keamanan Microsoft Apple Google Linux

Tim Peneliti Keamanan “Project Zero” Google, dari Januari 2019 hingga Desember 2021, rupanya mempelajari kecepatan perbaikan bug keamanan dari Microsoft, Apple, Google, dan Linux. Siapa paling unggul?

Project Zero sendiri merupakan grup peneliti Google yang melakukan riset khusus guna menemukan kelemahan keamanan di sejumlah platform. Biasanya, begitu ditemukan kerentanan, tim akan segera memberi waktu pengembang untuk melakukan perbaikan atas celah keamanan selama sekitar 90 hari.

Dilansir dari laman slashdot.org, dari seluruh pengembang sistem operasi di atas, rupanya Linux lah yang sungguh-sungguh berupaya menambal bug keamanan dengan lebih cepat.

Jika pada 2019 waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kelemahan keamanan adalah 32 hari, di akhir Desember 2021, waktunya dapat ditekan menjadi hanya 15 hari.

Sehingga, “Project Zero” Google pun menegaskan bahwa keunggulan Linux dalam penelitian ini bukan lantaran sistem operasi yang secara inheren memang aman, tapi justru disebabkan oleh kerja keras mereka menambal celah keamanan.

Dalam rentang waktu penelitian yang sama, tampaknya pengembang lainnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memperbaiki masalah serupa.

Ironisnya, masih dari penelitian yang sama, disebutkan bahwa kendati Windows kini masih dianggap sebagai sistem operasi terpopuler untuk dipakai di rumah dan perkantoran, tapi ternyata waktu rata-rata yang dibutuhkan Microsoft untuk menambal celah keamanan, hampir 3 bulan.

Masalah browser juga diperbaiki dengan lebih cepat. Chrome memperbaiki 40 masalahnya dengan rata-rata di bawah 30 hari. Mozilla Firefox, dengan hanya 8 celah keamanan, menambalnya dalam rata-rata 37,8 hari.

Webkit, mesin peramban web Apple, yang digunakan oleh Safari, memiliki rekam jejak yang jauh lebih buruk. Webkit membutuhkan waktu rata-rata lebih dari 72 hari untuk memperbaiki bug.

Penelitian ini ternyata juga mengkaji soal kerja keras sistem operasi mobile dalam menyelesaikan masalah keamanan mereka.

Walau lelah menghadapi ancaman keamanan yang lebih banyak, rupanya iOS dari Apple merilis patch lebih cepat daripada Android Google.

Sistem operasi Apple iOS rata-rata membutuhkan 70 hari dalam menyelesaikan masalah keamanannya. Sehingga, catatan waktunya masih lebih bagus ketimbang Android yang butuh waktu 72 hari.

Namun di sisi lain, iOS memiliki 72 bug. Ini tentu jauh lebih banyak ketimbang Android yang hanya memiliki 10 bug.

Baca juga Negara Ini Legalkan Bitcoin dan Cryptocurrency

Leave a Reply

Your email address will not be published.