Bisnis, Bisnis Umum

10 Programmer Terkaya di Dunia

Siapa programmer terkaya di dunia? Jawabannya tetap menjadi perdebatan sampai sekarang. Setidaknya, ada puluhan nama programmer bertaraf ahli sekaligus paling kaya di planet ini. Mereka tidak hanya bekerja di perusahaan besar. Lebih dari itu, merekalah pendirinya.

Inilah yang menjadi perdebatan. Memang agak sulit memilah antara programmer dan pebisnis. Tokoh-tokoh yang akan kita bahas memang lebih dikenal sebagai pebisnis dan tidak banyak yang masih terlibat langsung dalam development.

Namun bagaimana pun juga, latar belakang mereka adalah programmer. Sampai sekarang pun mereka tetap aktif dalam bidang development di perusahaan yang mereka pimpin. Itulah mengapa nama-nama di bawah ini pantas kita sebut sebagai programmer tersukses sedunia.

Baca juga

10 Programmer di Dunia

Mungkin Anda akan terkejut saat membaca biografi para tokoh besar di artikel ini. Bukan karena kekayaan mereka yang mencapai ribuan triliun, tapi karena Anda tidak menyangka bahwa mereka sebenarnya adalah programmer.

1. Elon Musk

Siapa yang tidak kenal dengan Elon Musk? Julukan “Iron Man Dunia Nyata” bahkan disematkan padanya berkat dedikasinya di bidang teknologi.

Karir Elon Musk sebagai programmer berawal dari Zip2, sebuah layanan panduan kota yang Ia dirikan pada tahun 1995. Musk membangun Zip2 dengan Java, sesuai trend pemrograman pada masa itu.

Hasil yang Musk dapatkan dari Zip2 dia gunakan untuk mendirikan X.com pada tahun 1999, layanan mobile banking yang berhasil merevolusi dunia finansial global. X.com adalah cikal bakal PayPal yang kita kenal saat ini.

Tidak berhenti sampai di situ, Musk kembali berinovasi dengan mendirikan Tesla dan SpaceX. Bahkan salah satu ambisinya adalah mendirikan pabrik Tesla di Mars. Saat ini, Elon Musk tercatat sebagai programmer sekaligus orang paling kaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD 271,1 miliar.

2. Bill Gates

Bill Gates adalah pendiri Microsoft, salah satu raksasa teknologi global. Karir Bill Gates sebagai programmer melonjak drastis lewat sistem operasi Windows yang Ia rilis pertama kali pada tahun 1985.

Tak butuh waktu lama, Windows segera mendominasi pasar PC dunia. Sampai sekarang pun Windows tetap menjadi OS terpopuler dengan persentase mencapai 75,18%. Inilah yang berhasil mendaratkan Bill Gates di daftar programmer terkaya di dunia.

Selain Windows, Bill Gates juga turun tangan langsung dalam pengembangan BASIC dan MS-DOS, dua teknologi ‘leluhur’ Windows.

Bill Gates tidak hanya bermain di pasar OS. Lewat Microsoft, Gates juga menghasilkan banyak produk inovatif lain. Salah satunya adalah Microsoft Azure yang menjadi layanan cloud nomor satu di dunia.

Saat ini, Bill Gates menempati posisi keempat dalam daftar orang terkaya sedunia. Nilai kekayaannya mencapai USD 138,8 miliar.

3. Larry Page

Jika Anda menemukan artikel ini melalui Google, maka ucapkan terima kasih pada Larry Page, programmer yang mendirikan Google Search Engine.

Sebelum adanya Google, mesin pencari belumlah sepintar sekarang. Hasil pencarian terkesan acak dan seringkali menampilkan hasil yang kurang relevan. Dari sinilah Larry Page menemukan ide untuk membuat mesin pencari yang lebih terstruktur dan sistematis.

Pada bulan Agustus 1996, Larry Page pun merilis Google Search pertama kali di jaringan Universitas California. Ia menamai algoritma Google Search dengan nama belakangnya, yaitu Page Rank. Sampai hari ini, Google Search menyumbang 75% dari total pendapatan Google.

Layanan Google pun meluas ke hampir semua sektor. Chrome menjadi juara web browser dengan dominasi pasar mencapai 64,67%. Sedangkan Safari milik Apple di posisi kedua hanya mampu menjangkau 19,06%. Perbandingan yang sangat jauh.

Sistem operasi Android pun termasuk produk Google. Sebagai mobile OS terpopuler sedunia, Android mendominasi dengan persentase sebesar 71,09%. Sama seperti di pasar web browser, posisi kedua mobile OS terpopuler juga ditempati Apple lewat produk iOS dengan persentase 28,21%. Secara global, Larry Page berada tepat di bawah Bill Gates sebagai orang terkaya nomor 5 di dunia. Nilai kekayaan Larry Page mencapai USD 127 miliar.

4. Sergey Brin

Larry Page tidak sendirian dalam mengembangkan Google. Pada masa-masa awalnya, Sergey Brin adalah sosok yang banyak membantu Page. Sampai sekarang, Sergey Brin tetap menjadi tokoh penting di perusahaan yang berbasis di Mountain View, California tersebut.

Page dan Brin bertemu di Universitas California. Saat itu, mereka berdua tengah menempuh Ph.D di bidang Computer Science.

Posisi Page dan Brin pun selalu berdekatan dalam jajaran programmer terkaya di dunia. Saat ini, Sergey Brin menjadi orang terkaya nomor 7 global dengan nilai kekayaan sebesar USD 122,3 miliar.

5. Satoshi Nakamoto

Satoshi Nakamoto adalah programmer paling misterius di dunia. Nama Satoshi Nakamoto sendiri merupakan pseudonym alias nama samaran. Di jagat teknologi, Nakamoto dikenal sebagai pengembang Bitcoin.

Tidak ada yang tahu siapa Satoshi Nakamoto sebenarnya, apakah Ia merujuk pada satu orang atau sebuah kelompok, dan mengapa dia / mereka menyembunyikan identitas aslinya.

Sejauh ini, sudah banyak orang yang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto asli. Beberapa pihak juga membuat prediksi tentang sosok Satoshi Nakamoto berdasarkan kemiripan nama, profil, atau kemungkinan-kemungkinan lain. Namun belum ada satu pun hasil yang terkonfirmasi.

Siapapun Satoshi Nakamoto sebenarnya, pembuat Bitcoin ini termasuk salah satu programmer paling kaya di dunia dengan kekayaan USD 19,6 miliar.

6. Patrick dan John Collison

Patrick & John Collison

Patrick dan John Collison adalah kakak beradik pendiri Stripe, sebuah layanan pembayaran online untuk bisnis berbasis internet. Tidak hanya mahir berbisnis, mereka berdua juga ahli pemrograman.

Program inti Stripe adalah hasil karya Collison bersaudara. Kemampuan mereka dalam bidang coding juga sudah terbukti sebelum mereka mendirikan Stripe. Collison bahkan pernah menyabet juara 2 dalam event “Young Scientist and Technology Exhibition” lewat Isaac, project Artificial Intelligence (AI) buatannya.

Kini, Patrick dan John Collison termasuk dalam daftar programmer terkaya di dunia dengan kekayaan masing-masing sebesar USD 9,5 miliar.

7. Markus Persson

Markus Persson

Industri game rupanya menawarkan peluang besar bagi para programmer. Salah satu saksi hidupnya adalah Markus Persson, programmer yang menjadi triliuner lewat produksi game.

Karirnya berawal saat dia mendirikan Mojang sebagai perusahaan induk. Puncak karirnya tercapai saat Mojang memproduksi Minecraft. Popularitas Minecraft terus melejit hingga menjadi nomor satu di dunia.

Selain Minecraft, Persson juga memproduksi banyak game lain, di antaranya:

  • Caller’s Bane
  • 0X10C
  • Breaking the Tower
  • Crown and Council

Pada tahun 2014, Microsoft mengakuisisi Mojang senilai USD 2,5 miliar. Dari kecintaannya terhadap dunia game, Markus Persson berhasil menjadi programmer sukses dengan kekayaan mencapai USD 1,7 miliar.

8. Rasmus Lerdorf

Rasmus Lerdorf adalah otak di balik terciptanya bahasa pemrograman PHP. Sejak rilis pertama tahun 1995, PHP semakin berkembang dan menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler di bidang pengembangan website.

Kini, 78,3% website di dunia menggunakan PHP. WordPress sebagai CMS nomor satu dunia pun menggunakan PHP sebagai bahasa utama. Begitu juga dengan deretan website populer seperti Facebook, Wikipedia, dan Instagram, semuanya menggunakan PHP.

Selain mengembangkan PHP, Lerdorf juga berjasa dalam pengembangan Apache HTTP Server dan SQL DBMS. Dia juga pernah bekerja sebagai developer di Yahoo dan Etsy.

Berkat sepak terjangnya di dunia pemrograman, Rasmus Lerdorf berhasil menjadi salah satu programmer terkaya di dunia dengan nilai kekayaan USD 1,4 miliar.

9. Vitalik Buterin

Vitalik Buterin

Selain Satoshi Nakamoto, ada tokoh cryptocurrency sukses lain bernama Vitalik Buterin. Ia adalah pengembang Ethereum, aset crypto nomor 2 di dunia tepat di bawah Bitcoin.

Ketertarikan Buterin terhadap dunia cryptocurrency sudah muncul sejak booming Bitcoin. Hal ini terbukti dari Bitcoin Magazine, majalah yang Ia dirikan pada tahun 2012.

Buterin kemudian menjadi programmer sekaligus co-founder Ethereum. Ia juga turut berkontribusi dalam pengembangan DarkWallet, Bitcoin Python Libraries, dan marketplace crypto bernama Egora.

Perjalanan karirnya yang cemerlang berhasil mengantarkan Vitalik Buterin dalam jajaran programmer terhebat di dunia dengan harta mencapai USD 500 juta.

10. Steve Wozniak

Begitu mendengar nama Apple, ingatan Anda pasti langsung tertuju pada Steve Jobs. Namun di balik nama besar Apple dan Steve Jobs, ada satu tokoh lain yang kontribusinya sangat signifikan.

Ialah Steve Wozniak, orang yang pertama kali mengembangkan sistem Apple. Wozniak mengembangkan Apple 1 pada 1975 dan Apple 2 pada 1977. Ia juga menyumbangkan banyak ide desain untuk Macintosh dari tahun 1979 sampai 1981. Lalu pada tahun 1985, Steve Wozniak resmi meninggalkan Apple.

Sampai saat ini, nama Steve Wozniak tetap bertengger dalam sejarah teknologi sebagai co-founder Apple. Nilai kekayaannya yang mencapai USD 100 juta memasukkannya dalam daftar programmer terkaya di dunia.

Belajar dari Para Programmer Terkaya di Dunia

Tidak ada kesuksesan instan. Semua tokoh yang kita bahas di atas telah menjalani proses panjang yang menuntut dedikasi, konsistensi, dan totalitas. Elon Musk misalnya, Ia berani mengambil risiko besar saat mendirikan Tesla meskipun mendapat tantangan dari banyak pihak.

Sebelum Tesla berdiri, mobil listrik tak lebih dari prototipe pelengkap pameran teknologi yang hampir mustahil untuk terealisasi. Musk menghadirkan Tesla sebagai gebrakan besar di industri otomotif. Kini, hampir semua brand otomotif dunia mengikutinya dengan berlomba-lomba memproduksi mobil listrik.

Tak heran jika Elon Musk berhasil menempati rangking satu dalam Forbes Real Time Billionaires. Dapatkah Anda membayangkan, seperti apa rasanya menjadi programmer terkaya di dunia?

Published by Ahmat Roihan

Experienced SEO content writer & copywriter, digital marketing enthusiast, tech savvy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.