Bisnis, Bisnis Umum, Panduan & Tips Software, Software

4 Manfaat Utama Menggunakan ESS, Employee Self-Service

Perkembangan zaman dan teknologi yang kian pesat, akhirnya mempengaruhi manajemen perusahaan. Hal ini membutuhkan dukungan dari pihak perusahaan untuk meningkatkan kualitas pengembangan karyawan secara optimal. Salah satunya dengan menggunakan ESS (Employee Self-Service).

Sederhananya, ESS adalah sebuah perangkat lunak yang dapat membantu karyawan untuk mengakses dan mengelola informasi pribadi sampai mencatatkan kehadiran.

Baca juga

Pernahkah perusahaan Anda menggunakan Employee Self-Service atau yang dikenal sebagai ESS sebelumnya? Apa saja manfaat yang dimiliki oleh ESS? Mari simak satu per satu di bawah ini.

Manfaat Menggunakan Employee Self-Service (ESS)

1. Meringankan Kerja HRD

Sudah bukan rahasia umum jika pekerjaan HRD cukup berat dan kompleks, mulai dari pekerjaan yang berkaitan dengan manajemen atau administrasi, sampai perencanaan strategis untuk mengembangan kualitas karyawan. Dengan begitu banyak tugas, tak jarang HRD juga dapat merasa kewalahan.

Secara tidak langsung, implementasi ESS dalam perusahaan dapat meringankan beban kerja HRD. Bagaimana bisa? Sebab, karyawan dapat mengakses dan melakukan perubahan data terkait informasi pribadi tanpa perlu melalui HRD terlebih dahulu. Data atau informasi yang di-update oleh karyawan ini langsung tersimpan di dalam sistem.

2. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Selain meringankan kerja HRD, manfaat lain yang bisa dirasakan perusahaan apabila menggunakan ESS adalah meningkatkan keterlibatan karyawan. Keterlibatan karyawan akan meningkatkan rasa nyaman dan loyalitas karena karyawan merasa menjadi bagian dari perusahaan.

Di sisi lain, penggunaan ESS juga dapat meningkatkan rasa bangga karyawan pada perusahaan, karena perusahaan menerapkan sistem yang canggih. 

3. Keamanan dan Kerahasiaan Data Terjamin

Keamanan dan kerahasiaan data karyawan merupakan aspek yang harus diperhitungkan oleh HRD. Sayangnya, berbagai kejadian seperti kebocoran data atau manipulasi sering terjadi dan merugikan pihak karyawan maupun perusahaan.

Implementasi ESS dapat membantu perusahaan meningkatkan keamanan dan kerahasiaan data karyawan berkat adanya dukungan cloud-based server yang tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

Contoh aplikasi ESS yang terkenal memiliki tingkat keamanan tinggi adalah LinovHR. Sebagai vendor, LinovHR sudah dikenal melalui Performance Management Software yang telah digunakan banyak perusahaan.

4. Dapat Digunakan di Mana Saja

Fleksibilitas kerja menjadi primadona di masa yang semakin dinamis. Banyak perusahaan mulai menerapkan sistem kerja remote atau Work From Home (WFH). ESS dapat membantu karyawan yang bekerja dari jarak jauh ini dapat mencatatkan kehadiran dengan mudah dan akurat. 

Cukup berswafoto melalui aplikasi ESS, maka kehadiran karyawan langsung tersimpan. Karyawan juga dapat melihat riwayat kehadiran dalam sebulan atau seminggu.


Nah, bagaimana? Apakah perusahaan Anda tertarik untuk menggunakan ESS? Penggunaan ESS dapat membantu manajemen SDM lebih efektif, cepat, dan efisien. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.