Freelance, Trivia

15 Kata Motivasi Tokoh IT untuk Seorang Programmer

Jika Anda seorang programmer, maka di satu titik mungkin Anda membutuhkan motivasi agar konsisten dalam pemrograman. Baik Anda pemula maupun programmer yang berpengalaman, semua membutuhkan motivasi dan inspirasi.

Pada artikel ini, kami menyajikan 15 kata motivasi dari tokoh IT ternama di seluruh dunia. Semoga dapat mencerahkan hari-hari Anda dalam membuat program. Mari kita simak!

15 Kata Motivasi Tokoh IT untuk Seorang Programmer

Alan Turing

Alan Turing

“Sebuah komputer layak disebut cerdas jika dapat menipu manusia agar percaya bahwa itu adalah manusia.”

Alan Turing adalah seorang ahli matematika, logika, dan kriptografi yang berasal dari Inggris. Alan Turing memecahkan kode Enigma dari Nazi pada Perang Dunia II. Hasil kerjanya membantu kemenangan tentara Sekutu di Eropa. Alan Turing juga memprakarsai pembuatan komputer.


Bill Gates

“Saya masih berpikir bahwa salah satu tes terbaik dari kemampuan pemrograman adalah memberikan programmer sekitar 30 halaman kode dan melihat seberapa cepat dia dapat membaca dan memahaminya.”

Bill Gates merupakan programmer dan pengusaha yang mendirikan Microsoft Corporation bersama Paul Allen. Sekarang, Microsoft adalah perusahaan software terbesar di dunia.


Bjarne Stroustrup

“Sebuah organisasi yang memperlakukan programmer-nya sebagai orang bodoh, akan segera memiliki programmer yang hanya mau dan mampu bertindak seperti orang bodoh saja.”

Bjarne Stroustrup adalah ilmuwan komputer yang berasal dari Denmark. Dia paling dikenal dengan hasil karyanya dalam membuat dan mengembangkan bahasa pemrograman C++.


David Heinemeier Hansson (DHH)

“Anda tidak dapat mempelajari semuanya. Anda tidak dapat menyimpan semua konsep yang sepenuhnya berkembang di kepala Anda. Terlebih lagi, Anda seharusnya tidak melakukannya. Saat kami memperkecil konsep yang memang sudah mendasar, kami memberi ruang untuk ide baru yang lebih besar.”

David Heinemeier Hansson, dikenal juga dengan DHH, adalah seorang programmer dari Denmark. DHH dikenal sebagai kreator dari framework pemrograman Ruby on Rails dan juga Instiki Wiki. DHH merupakan salah satu mitra dari perusahaan pengembang software, Basecamp.


Edsger W. Dijkstra

“Programmer yang kompeten menyadari sepenuhnya kapasitas otaknya yang terbatas. Karena itu, dia menyelesaikan tugasnya dengan pendekatan yang penuh kerendahan hati, dan menghindari trik cerdik yang seperti penyakit.”

Edsger W. Dijkstra adalah seorang ilmuwan komputer dan pengembang software yang berasal dari Belanda. Salah satu hasil karyanya yang paling dikenal adalah algoritma jalur terpendek (shortest-path algorithm) yang bernama Algoritma Dijkstra.


Jeff Atwood

“Kita harus berhenti mengoptimalkan software untuk programmer, dan mulai mengoptimalkannya untuk pengguna.”

Jeff Atwood adalah seorang software developer, pengusaha, dan juga blogger. Jeff Atwood menulis sebuah blog tentang pemrograman yang dinamakan Coding Horror. Jeff Atwood merupakan co-founder dari Stack Overflow, Stack Exchange, dan juga platform Discourse.


Jeff Bezos

“Jika Anda akan melakukan sesuatu yang baru atau inovatif, Anda harus bersedia menerima kesalahpahaman.”

Jeff Bezos adalah pendiri dan CEO dari platform e-commerce Amazon.


Jeff Sutherland

“Scrum itu seperti aturan sepak bola. Mematuhi aturannya tidak serta-merta membuat Anda menjadi pemain yang hebat.”

Jeff Sutherland adalah salah satu kreator dari Scrum, sebuah framework untuk membuat dan mengembangkan produk secara berkelanjutan. Bersama dengan Ken Schwaber, dia mempresentasikan Scrum pada OOPSLA’95. Jeff Sutherland juga berkontribusi pada perumusan Agile Manifesto pada tahun 2001.


Jeff Weiner

“Hampir tanpa pengecualian, produk terbaik dikembangkan oleh tim dengan keinginan untuk memecahkan masalah, bukan didorong untuk memenuhi kebutuhan strategi perusahaan.”

Jeff Weiner merupakan ex-CEO dari platform jejaring profesional LinkedIn. Karirnya di LinkedIn berawal pada akhir tahun 2008 sebagai Presiden Interim. Jeff Weiner memiliki peranan yang besar saat LinkedIn diakuisisi Microsoft senilai USD 26 miliar pada tahun 2016.


Joel Spolsky

“Kami adalah programmer. Programmer, dalam hati mereka, adalah arsitek. Hal pertama yang ingin mereka lakukan ketika tiba di sebuah tempat adalah meratakannya dan membangun sesuatu yang baru dan megah. Kami tidak senang dengan renovasi bertahap: mengutak-atik, memperbaiki, atau membuat taman bunga.”

Joel Spolsky seorang software developer dan penulis. Dia memiliki blog yang bernama Joel on Software, yang mengulas tentang software development. Joel Spolsky juga merupakan salah satu pendiri dari Trello, Stack Overflow, dan Stack Exchange.


Linus Torvalds

“Kebanyakan programmer hebat melakukan pemrograman bukan karena mereka mengharapkan bayaran atau pujian dari publik, tetapi karena melakukan pemrograman itu menyenangkan.”

Linus Torvalds merupakan software engineer yang berasal dari Helsinki, Finlandia. Linus Torvalds adalah krator dan pengembang utama dari kernel Linux.


Paul Graham

“Ketika Anda menemukan bug lebih awal, Anda juga akan menemukan beberapa bug gabungan. Bug gabungan adalah dua bug terpisah yang saling berinteraksi. Ketika Anda terpeleset saat menuruni tangga, Anda meraih pegangan, kemudian tangan Anda terlepas dari pegangan tersebut.”

Paul Graham adalah seorang ilmuwan komputer, pengusaha, dan venture capitalist. Salah satu karya terbesarnya adalah bahasa pemrograman Lisp, startup Viaweb, blog Hacker News, dan akselerator startup bernama Y Combinator.


Rasmus Lerdorf

“PHP sama menariknya dengan sikat gigi. Anda menggunakannya setiap hari, dan itu membersihkan gigi Anda. Sikat gigi adalah alat yang sederhana. Jadi, kenapa? Siapa yang mau membaca tentang sikat gigi?”

Rasmus Lerdorf adalah programmer yang berasal dari Greenland. Rasmus Lerdorf merupakan kreator dari bahasa pemrograman populer PHP. Sempat menjabat di beberapa perusahaan seperti Yahoo, WePay, Etsy, dan Room77.


Stephen Hawking

“Musuh terbesar dari pengetahuan bukanlah ketidakpedulian, tetapi ilusi mengenai pengetahuan.”

Stephen Hawking adalah seorang fisikawan, kosmologis, dan penulis. Sebelum meninggal, Stephen Hawking adalah Direktur Riset pada Centre for Theoretical Cosmology di Universitas Cambridge.


Steve Jobs

“Anda tidak dapat hanya bertanya kepada pelanggan apa yang mereka inginkan dan kemudian mencoba memberikannya kepada mereka. Pada saat Anda membangun produknya, mereka akan menginginkan sesuatu yang baru.”

Steve Jobs adalah salah satu pionir terkemuka di era Personal Computer (PC). Bersama dengan Steve Wozniak, Steve Jobs mendirikan Apple Inc. pada tahun 1976. Dengan visi yang hebat dan kejeniusannya, Steve Jobs adalah orang di balik peluncuran produk iPod dan iPhone yang revolusioner.

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.