Bisnis, Bisnis Umum

10 Cara Gratis Mendapatkan Database WA dan Email

Dalam strategi marketing, kita mengenal ada dua metode, yaitu push dan pull. Push adalah mendorong barang atau jasa yang kita jual ke hadapan target pelanggan. Metode push marketing yang paling banyak digunakan adalah iklan berbayar. Metode ini memang membutuhkan biaya. Strategi yang kedua adalah dengan cara menarik calon pelanggan.

Bagaimana cara menarik calon pelanggan?

Value. Berikan kepada mereka nilai tambah, sesuatu yang bermanfaat. Sehingga mereka berkenan untuk menukar nomor WA atau email untuk mendapatkan manfaaat yang Anda tawarkan.

Dengan strategi pull marketing ini, Anda akan mendapatkan database WA dan email secara gratis! Ini adalah salah satu kelebihan metode pull dibandingkan push marketing.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan database WA dan email secara gratis? Mari simak beberapa contoh dari kami.

10 Cara Gratis Mendapatkan Database WA dan Email

1. Membuat Grup WA

Cara pertama yang paling sering digunakan adalah dengan membuat grup WA. Anda dapat mengajak calon pelanggan bergabung dengan grup WA yang Anda buat dengan menawarkan tips-tips gratis atau sekedar menjadi tempat berbagi dan berjejaring. Dengan cara ini, otomatis nomor WA calon pelanggan Anda masuk ke dalam grup.

2. Kontak Kami

Jika Anda memiliki website, Anda dapat membuat halaman kontak kami. Pada halaman ini, jika ada calon pelanggan yang membutuhkan konsultasi atau informasi detail, harus memasukkan nomor WA dan alamat email mereka. Anda juga dapat mengganti halaman kontak kami ini dengan link langsung ke nomor WA Anda. Begitu pula jika tidak memiliki website, Anda dapat mencantumkan link WA di sosial media.

3. Live Chat

Cara ini juga membutuhkan website. Tambahkan live chat di pojok kiri website Anda untuk melayani calon pelanggan yang ingin bertanya. Atur live chat ini agar calon pelanggan wajib mengisi nomor WA dan alamat email. Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh database kontak WA dan email dengan gratis.

4. Seminar / Webinar

Jika saat ini yang sedang tren adalah webinar, maka dahulu orang mengadakan seminar. Jika mengadakan seminar, terkadang kita harus mengeluarkan biaya untuk sewa ruangan dan membeli konsumsi, maka dengan webinar dapat sepenuhnya gratis. Anda tidak perlu mengenakan biaya pada peserta, agar lebih banyak yang hadir. Ingat, yang Anda jual bukan konten webinar ini. Untuk mendapatkan database kontak WA dan email melalui webinar, Anda perlu membuat form pendaftaran yang mengharuskan untuk mengisi kedua informasi tersebut.

5. Program Customer Loyalty

Cara berikutnya adalah membuat customer loyalty. Selain mendapatkan database kontak WA dan email yang gratis, dengan program ini Anda juga akan mendapat pelanggan yang loyal. Calon pelanggan yang ingin berpartisipasi pada program ini, harus membuat kartu loyalty dengan mengisi form yang berisi nomor WA dan email. Biasanya program ini menawarkan reward jika pelanggan sudah mencapai sekian transaksi atau nominal transaksi mencapai sekian rupiah.

6. Kupon Diskon / Cashback

Selain program customer loyalty yang memberikan reward, calon pelanggan juga suka jika ada penawaran diskon atau cashback. Diskon dan cashback ini akan diberikan jika mereka memasukkan nomor WA dan alamat email. Cara ini memang secara tidak langsung mengeluarkan ‘biaya’. Meskipun tidak secara langsung mengeluarkan uang, tapi Anda harus memangkas margin keuntungan.

7. Ujicoba Gratis

Siapa yang tidak mau mendapatkan penawaran gratis? Tidak ada yang akan menolaknya. Untuk mendapatkan ujicoba gratis dari produk Anda, calon pelanggan harus memberikan nomor WA dan email. Cara ini banyak ditemui pada bisnis yang menjual produk software dan aplikasi. Namun, cara ini juga dapat diberikan untuk bisnis penjualan barang maupun makanan-minuman.

8. Newsletter

Anda pasti sering menemui website yang menawarkan program newsletter. Dengan berlangganan newsletter, calon pelanggan akan menerima informasi bermanfaat secara rutin. Bisa mingguan atau bulanan. Saat mendaftar pada program newsletter ini, calon pelanggan harus memasukkan alamat email. Anda dapat melakukan modifikasi dengan menambahkan kolom untuk nomor WA.

9. Template

Banyak calon pelanggan yang membutuhkan template untuk aktivitasnya. Bisa template transaksi penjualan, template laporan keuangan, template presentasi, template website, atau template lainnya. Tawarkan template gratis pada mereka, dengan mengharuskan mengisi nomor WA dan alamat email.

10. Ebook

Dan tips mendapatkan database kontak WA dan email gratis yang terakhir adalah dengan membagikan ebook. Cara yang terakhir ini memang sangat segmented untuk pembeli Indonesia. Minat baca yang kurang adalah alasannya. Anda harus memahami target calon pelanggan Anda. Apakah memang mereka suka membaca? Jika iya, maka Anda dapat menggunakan cara ini untuk memperoleh database kontak WA dan email secara gratis.

Penutup

Strategi pull marketing adalah metode pemasaran dengan memberikan nilai tambah kepada calon pelanggan agar mereka datang ke bisnis kita. Anda harus menawarkan nilai tambah atau manfaat bagi mereka. Anda memberikan nilai tambah ini secara gratis, dengan imbalan mereka harus memberikan nomor WA dan email. Sehingga Anda dapat menjaga komunikasi dengan calon pelanggan Anda.

Pada artikel ini kita telah membahas 10 cara untuk mendapatkan database kontak WA dan email dengan gratis. Silakan Anda praktikkan dan semoga bisnis Anda laku keras!

Salam.

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.