Berita

Pendapatan Terus Tumbuh Signifikan, Industri Game PC Justru Diprediksi Melemah di 2022

Meskipun pendapatannya tumbuh sangat signifikan dua tahun terakhir, namun industri game PC justru diprediksi melemah di tahun 2022.

Laporan analisis pasar dari NPD Group menyoroti pertumbuhan besar industri perangkat keras dan aksesoris game PC.

Pertumbuhannya di 2021 telah mencapai lebih dari $5,74 miliar.

Rupanya peningkatan pendapatan lebih dari 25 persen tersebut, sebagian besar dipicu oleh berlanjutnya pembatasan kegiatan masyarakat selama pandemi Covid-19.

Kondisi pandemi memang memaksa banyak orang untuk mencari metode alternatif dalam bekerja, bermain, dan bersosialisasi.

Maka, tidak mengherankan bila peningkatan pendapatan ini juga berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi konten digital dan waktu yang dihabiskan untuk game PC.

Laporan tersebut secara khusus menyoroti pertumbuhan belanja konsumen untuk perangkat keras dan aksesori game, yang melonjak menjadi lebih dari $5,74 miliar pada tahun 2021.

Bertambahnya pendapatan yang cukup signifikan, yakni sebesar 25 persen tersebut terjadi setelah peningkatan besar-besaran sejumlah 62 persen pada tahun 2020, atau naik sebesar $4,5 miliar dari tahun 2019.

Laporan tersebut juga merinci pertumbuhan di beberapa kategori produk, dimana komputer desktop, laptop, dan mikrofon memimpin peningkatan permintaan secara keseluruhan.

Mikrofon dan monitor PC, sekali lagi, telah menduduki posisi puncak pertumbuhan volume penjualan. Dan ini mencerminkan tren peningkatan yang sebelumnya telah dilaporkan di tahun 2020.

Peningkatan pendapatan hardware pun terus dipengaruhi oleh berlanjutnya kebijakan pembatasan kegiatan dan meluasnya upaya pencegahan Covid-19, sebab pengguna dituntut untuk mencari cara baru dalam bekerja, bersosialisasi, dan menghibur diri dengan mencari kenyamanan dan keamanan rumah di mereka sendiri.

Maka tidak mengherankan jika kemudian NPD melaporkan peningkatan lima persen untuk konsumsi konten digital selama setahun terakhir, sehingga totalnya di tahun 2021 menjadi $7,9 miliar.

Peningkatan konten digital juga telah menunjukkan peningkatan pada keseluruhan waktu bermain game PC, yakni dengan angka yang meningkat satu jam dari rata-rata tahun 2020 menjadi 7,7 jam per minggu.

Menariknya, NPD justru memprediksi penurunan tren game dan perangkat keras di 2022. Penurunan ini, menurut NPD, terkait dengan lonjakan volume yang sudah sangat tinggi selama periode pelaporan 2020 dan 2021.

Selain itu pihaknya kemungkinan memperkirakan adanya kejenuhan pasar di 2022. Terlebih bila pembatasan kegiatan selama Covid dicabut, maka amat masuk akal bila permintaan akan perangkat keras dan aksesori PC turun karena pengguna sudah banyak kembali beraktivitas normal di luar ruangan.

Baca juga Hacker Korea Utara Luncurkan Serangan Menggunakan Windows Update dan GitHub

Leave a Reply

Your email address will not be published.