Berita

Dunia DeFi Terguncang, Kripto Senilai 322 Juta Dollar Diretas

Dunia DeFi Terguncang Kripto Senilai 322 Juta Dollar Diretas

Dunia DeFi tampaknya terguncang setelah eksploit menyebabkan kripto senilai 322 juta dollar diretas.

Sebagaimana dirilis mashable.com, lebih dari 300 juta dollar telah dicuri Rabu (2/2) kemarin. Hal itu diduga terjadi karena eksploit besar-besaran dalam protokol Wormhole DeFi.

Menyikapi hal itu, tim di belakang protocol – yang memungkinkan interaksi lintas blockchain – untuk sementara menarik semuanya.

“Jaringan wormhole sedang dalam pemeliharaan karena kami melihat kemungkinan adanya kiriman paket eksploit,” demikian pengumuman yang dirilis tim Wormhole, Rabu sore (2/2).

Tim Wormhole kemudian berjanji untuk memberikan update-nya. “Pembaruannya nanti di sini, segera setelah kami memilikinya. Terima kasih atas kesabaran Anda”, ujarnya.

Tak lama kemudian, tim pun menjelaskan berapa banyak cryptocurrency yang benar-benar dicuri.

“Jaringan wormhole diretas untuk mendapatkan 120 ribu wETH ,” tulis tim tersebut.

ETH, lanjutnya, akan ditambahkan selama beberapa jam ke depan untuk memastikan wETH dikembalikan 1:1. “Detail lebih lanjut akan segera hadir. Kami sedang bekerja agar jaringan bisa kembali dengan cepat”, tambahnya.

Pada saat berita ini disusun, 120.000 weTH bernilai sekitar 323 juta dollar.

Dalam permohonan yang dikodekan ke dalam blockchain, tim Wormhole meminta Hacker untuk mengembalikan uang dan menjanjikan hadiah 10 juta dollar sebagai imbalannya.

“Kami ingin menawarkan kepada Anda kesepakatan whitehat, dan memberi Anda hadiah sebesar 10 juta dollar untuk mendapatkan detail peretasan, dan juga mengembalikan uang yang telah Anda cetak. Anda dapat menghubungi kami di kontak @certus.one”, tulis Tim Wormhole.

Wormhole juga mengatakan dapat menambal kerentanan itu di kemudian hari, dan mengonfirmasi bahwa itu akan berfungsi untuk membuat jaringannya kembali online.

Sementara itu sejumlah pemerhati menyebut, apa yang dicuri bukan hanya ethereum biasa.

Pada tingkat yang paling dasar, wETH adalah token yang dipatok ke nilai eter, dan eter yang dikemas sangat penting untuk fungsi banyak aplikasi terdesentralisasi (dikenal sebagai DApps).

Langkah sementara yang kini diambil memang memohon pencuri untuk mengembalikan dana curian.

“Mungkin tampak seperti tanda keputusasaan, tapi itu tidak berarti lantas tidak akan berhasil. Sebab pada Agustus lalu, peretas DeFi lainnya mengembalikan sekitar 600 juta dollar dalam bentuk cryptocurrency yang dicuri”, ujarnya.

Pengembang Wormhole hanya perlu berharap bahwa penawaran 10 juta dollar mereka cukup untuk membujuk peretas.

Baca juga: Mulai Jalankan Server 1 Tahun Penuh, Google Cloud Masih Merugi

Leave a Reply

Your email address will not be published.