List Software Terbaik, Software

10 Contoh Aplikasi Business Intelligence Terbaik

Seiring semakin pentingnya teknologi untuk mendukung pengambilan keputusan, berikut ini adalah contoh aplikasi Business Intelligence terbaik yang dapat Anda pelajari.

Saat ini, bisnis memiliki akses pada sekumpulan data yang sebelumnya tidak tersedia. Untungnya, teknologi sekarang banyak menawarkan solusi untuk mengolah data menjadi insight dan KPI yang dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan. Teknologi ini dinamakan Business Intelligence.

Dengan memanfaatkan fitur analitik data, platform Business Intelligence dapat menggali lebih dalam pada kumpulan data untuk mendapatkan informasi yang relevan. Dampaknya dapat dirasakan pada berbagai aspek, mulai dari meningkatkan penjualan, meningkatkan kualitas karyawan, hingga dukungan pada rencana bisnis yang lebih baik untuk pengembangan bisnis.

Berdasarkan riset dari Dresner, pada tahun 2020 platform Business Intelligence paling banyak digunakan pada industri manufaktur dengan 58%. Diikuti dengan industri jasa keuangan sebanyak 40%.

Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari penerapan Business Intelligence, berikut kami sajikan beberapa contoh aplikasi Business Intelligence terbaik. Mari simak.

Contoh Aplikasi Business Intelligence Terbaik

1. Microsoft Power BI

Contoh aplikasi Business Intelligence: Microsoft Power BI
Contoh Aplikasi Business Intelligence: Microsoft Power BI

Microsoft Power BI adalah salah satu contoh aplikasi Business Intelligence yang digunakan untuk menghubungkan dan memvisualisasikan data. Power BI merupakan tools Business Intelligence yang lengkap, memiliki skalabilitas tinggi, dan mudah digunakan untuk membantu Anda mendapatkan insight data yang lebih tajam.

2. Tableau

Tableau adalah sebuah platform analitik visual yang mengubah cara Anda dalam memanfaatkan data untuk mencari solusi permasalahan. Tableau membantu organisasi dan personil di dalamnya untuk mengoptimalkan penggunaan data sebaik mungkin.

Tableau adalah salah satu pilihan terdepan di pasar Business Intelligence modern. Platform analitik dari Tableau memudahkan Anda untuk menjelajahi dan mengelola data, dan lebih cepat dalam menganalisis dan berbagi insight yang dapat mengubah bisnis dan dunia.

3. Qlik

Qlik membantu Anda dalam mengubah raw data menjadi informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan – semua dalam satu platform. Manfaatkan setiap momentum bisnis dengan tindakan yang cepat menggunakan integrasi data end-to-end dan platform analitik berbasis cloud dari Qlik.

Dengan menggunakan Qlik, Anda beralih dari sistem pasif menjadi sistem aktif yang dibangun untuk menyajikan informasi secara real-time dan mendorong pengambilan keputusan dengan cepat.

4. SAP BusinessObjects

Dengan SAP BusinessObjects, buat keputusan lebih baik dan cepat dengan akses ke informasi yang penuh insight, real-time, dan platform yang scalable.

SAP BusinessObjects adalah platform Business Intelligence terpusat yang berfungsi untuk pelaporan, visualisasi, dan berbagi data. Dengan aplikasi Business Intelligence on-premise dari SAP, ubah data menjadi insight yang bermanfaat, kapan saja dimana saja.

5. Sisense

Contoh aplikasi Business Intelligence: Sisense
Contoh Aplikasi Business Intelligence: Sisense

Analisis data dimana saja dengan Sisense, begitulah tagline-nya. Sisense membantu Anda membangun pengalaman analitik data custom untuk semua orang. Dukungan Artificial Intelligence untuk mengambil keputusan dengan cepat. Ini saatnya cara kerja Anda bertransformasi dengan Sisense.

Jadikan kekuatan analitik data sebagai keunggulan kompetitif bisnis Anda. Optimalkan potensi data Anda untuk mengubah cara kerja perusahaan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mengembangkan bisnis Anda.

6. TIBCO Spotfire

TIBCO Spotfire adalah platform solusi analitik terlengkap di pasar. Dengan TIBCO Spotfire, memungkinkan semua orang untuk mengeksplorasi dan memvisualisasikan insight baru dalam data melalui dashboard bisnis yang interaktif dan canggih.

Analisis dari Spotfire menghadirkan kemampuan dalam skala besar, termasuk analisis prediktif, geolokasi, dan streaming. Dengan Spotfire Mods, Anda dapat membuat aplikasi analitik custom dengan cepat, mudah diduplikasi, dan skalabilitas tinggi.

7. MicroStrategy

Visi MicroStrategy adalah menerapkan Business Intelligence dalam segala bidang. Platform analitik MicroStrategy memberikan jawaban dan membawakan hasil yang nyata. MicroStrategy berkomitmen pada kesuksesan bisnis Anda.

8. Looker

Contoh aplikasi Business Intelligence: Looker
Contoh Aplikasi Business Intelligence: Looker

Biarkan data Anda yang berbicara. Temukan keunggulan data yang sebenarnya dan dapatkan insight yang bermanfaat. Platform analitik data dari Looker dan Google Cloud membantu Anda memberikan nilai tambah melalui pemanfaatan insight yang baru dan kuat.

9. IBM Cognos

Semua jawaban yang Anda butuhkan ada di satu tempat. IBM Cognos menawarkan satu solusi Business Intelligence yang dapat melakukan semuanya: mulai dari menghubungkan beberapa sumber data, membersihkannya, membuat visualisasi data yang memukau, dan memprediksi apa yang terjadi di masa depan pada bisnis Anda.

Dengan aplikasi mobile Cognos yang baru, Anda dapat memperoleh insight baru secara real-time, langsung melalui perangkat seluler Anda.

10. Oracle Business Intelligence

Temukan insight baru dengan Oracle Business Intelligence. Platform Oracle Business Intelligence telah membantu personil di seluruh organisasi untuk mengambil keputusan bisnis dengan lebih cepat, dengan dukungan informasi yang akurat, dan dapat diakses melalui perangkat mobile. Sekarang platfrom ini telah merilis solusi terkini dalam analitik cloud terdepan di industri, Oracle Analytics.

Tren dan Prediksi Business Intelligence di Masa Depan

Pemanfaatan perangkat lunak Business Intelligence untuk memproses big data terus menjadi fokus utama di antara para pengembang dan industri. Masa depan big data dan IoT adalah salah satu faktor terpenting yang mendorong penggunaan cloud dalam mengakses Business Intelligence dan Analytics.

Selain itu, dikarenakan semakin banyak budaya kerja di luar kantor, permintaan dukungan Business Intelligence pada perangkat mobile terus meningkat.

Terakhir, pemanfaatan teknologi deep learning yang semakin dalam, menurut riset dari B-Survey pada tahun 2020, aplikasi Business Intelligence juga akan memberikan perhatian besar pada penggunaan mesin penerjemah (translation machine) dan pengenalan gambar (image recognition).

Artikel terkait Business Intelligence

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.