Trivia

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G XL, Ini Pengalaman Saya

3G ke 4G

Cara upgrade kartu 3G ke 4G XL – Saya adalah tipe orang yang setia, bahkan untuk nomor HP. Sudah sejak kuliah saya tidak pernah mengganti nomor HP saya, masih nomor XL yang sama. Tidak terkecuali dengan kartu chip-nya. Mungkin terakhir kali menggantinya adalah pada tahun 2013, hampir 10 tahun yang lalu! Pada saat itu Blackberry saya kena copet di metromini, bulan pertama saya tinggal di ibukota 😀

Singkat cerita, sudah sejak satu bulan terakhir (Februari 2022) nomor XL saya sulit sekali mendapat sinyal H+, mentok di E bahkan GPRS. Hal ini juga terjadi bahkan di pusat kota, seperti di Rasuna Said. Tentu ini menjadi hal yang menghambat komunikasi, pesan WhatsApp susah masuk, tidak bisa cek email, dan tidak bisa browsing.

Jika tidak salah ingat, memang saya pernah membaca pesan SMS dari XL bahwa mereka menghimbau untuk mengganti kartu 3G dengan 4G. Hal ini untuk menghindari adanya gangguan internet karena adanya migrasi jaringan. Oke, jadi sepertinya saya perlu mengganti kartu chip XL saya, yang sudah berumur hampir 10 tahun ini.

Keunggulan Jaringan 4G dibandingkan 3G

Lebih cepat! Salah satu indikator kualitas internet adalah kecepatannya. Angka G yang lebih besar sudah seharusnya menjamin kinerja akses internet yang lebih cepat. Dikutip dari laman DimensiData, berikut ini beberapa kelebihan jaringan 4G dibandingkan 3G:

  • Kecepatan download mencapai 300 Mbps dan upload hingga 75 Mbps.
  • Mendukung sistem ITU-R dan sistem IMT yang menggunakan gelombang frekuensi (entahlah apa ini).
  • Mendukung kecepatan transfer broadband, karena jaringan 4G memiliki frekuensi band yang jauh lebih tinggi.
  • Mendukung Multicast Broadcast Single Frequency Network.
  • Mendukung mobilitas yang lebih tinggi.
  • Meminimilisasi gangguan jaringan.

Itulah beberapa kelebihan dari jaringan 4G. Saya juga tidak begitu paham keunggulan-keunggulan di atas selain kecepatan download dan upload yang lebih cepat. Hahaha.. Semoga yang saya tuliskan dapat memberi pengetahuan baru bagi rekan-rekan pembaca.

Jaringan 4G, yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2015, telah menjangkau 514 kabupaten / kota di seluruh Indonesia, dan coverage yang mencapi 90% dari keseluruhan populasi. Data tersebut dirujuk dari laporan Kementerian Kominfo yang diterbitkan pada 2019. Namun, menurut riset dari Bank Dunia penetrasi internet 4G di Indonesia baru mencapai 54% pada tahun 2020.

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G XL melalui XL Center

XL Center Pondok Indah. Sumber: Telepon, Alamat, dan Peta

Segala permasalahan terkait provider, selalu dapat diselesaikan di Customer Center. Di zaman serba online ini, seharusnya ada banyak alternatif tanpa harus datang ke kantor cabang atau pusat pelayanan. Apalagi, jika diukur dari jarak rumah ke XL Center, lumayan juga sekitar 12 km ke tempat terdekat di ITC Fatmawati. Opsinya ke Pondok Indah, yang sayangnya juga lebih jauh.

Oleh karena ini adalah eranya generasi rebahan, maka saya carilah cara upgrade 3G ke 4G XL tanpa harus datang ke XL Center. Wah, ternyata ada caranya! Dan ini sudah disosialisasikan oleh XL sejak tahun 2016! Berarti saya yang ketinggalan zaman, 6 tahun lagi. Hahaha..

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G XL secara Mandiri

Jika mencari informasi di internet, ada beberapa situs yang membahas bagaimana cara upgrade kartu 3G ke 4G XL secara mandiri, tanpa harus datang ke gerai XL Center. Berikut salah satu video yang menjelaskan bagaimana cara upgrade kartu XL ke 4G.

Cara upgrade kartu 3G ke 4G XL secara mandiri

Sebenarnya caranya sederhana, cukup beli kartu baru di counter pulsa terdekat, kemudian masukkan nomor panggilan ke XL, dan ganti dengan kartu yang baru. Namun, tidak ada sumber yang menjelaskan secara rinci apakah harus membeli kartu chip khusus atau sembarang kartu perdana XL prabayar?

Oke, setelah mempelajari caranya, saya pergi ke counter pulsa dekat rumah. Ternyata, menurut informasi dari penjaga counter, untuk upgrade ke 4G harus membeli kartu chip khusus. Tidak bisa kartu perdana XL biasa, karena sudah ada nomor HP-nya.

Kartu upgrade 3G ke 4G XL

Saya coba cek di internet, memang ada kartu khususnya. Seperti yang saya temukan di Tokopedia di atas. Oleh karena di counter tersebut sedang tidak ada stok, saya coba cari counter pulsa yang lain.

Di counter pulsa sebelah, informasi yang saya terima berbeda! Di sini, penjaganya dengan yakin upgrade ke 4G bisa menggunakan kartu perdana XL yang bernomor. Bahkan dia menawarkan untuk membantu upgrade, tetapi HP tidak saya bawa, jadi ya sudah beli saja.

Sesampainya di rumah, saya praktikkan langkah-langkah seperti video di atas.

Cara upgrade kartu 3G ke 4G XL
  1. Masih menggunakan kartu 3G yang lama, tekan *123*46# di HP. Pilih YA untuk melanjutkan.
  2. Ada SMS dari XL untuk mematikan HP dan mengganti dengan kartu chip 4G yang baru.
  3. Matikan HP dan ganti dengan kartu chip 4G yang baru (bisa dengan kartu perdana yang sudah ada nomornya).
  4. Setelah HP menyala, kita diminta untuk registrasi kartu baru tersebut. Ini pilih CANCEL saja. Notifikasi registrasi akan muncul berulang-ulang. Pilih CANCEL terus hingga notifikasi hilang.
  5. Kembali hubungi *123*46# dan pilih YA.
  6. Restart HP. Setelah menyala sinyal sudah terhubung dengan jaringan 4G.
  7. Untuk memastikan kartu berisi nomor HP kita yang lama, tekan *123*7#. Kemudian pilih Info Kartu > Info Nomor.

Penutup

Itulah tadi pengalaman saya meng-upgrade kartu 3G ke 4G XL. Kita tidak perlu datang ke XL Center, bisa dilakukan secara mandiri. Cukup beli kartu perdana XL (yang sudah bernomor juga bisa), kemudian ikuti langkah-langkah yang saya jelaskan di atas. Semoga membantu.

Published by Arga Dinata

Berpengalaman sejak tahun 2010 dalam industri IT dalam Pengembangan Software dan Implementasi Business Dashboard, telah membantu berbagai kementerian dan perusahaan swasta. Beberapa customer loyal kami: PT Brantas Abipraya (Persero), Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, PT Fajar Mas Murni, PT Medeq Mandiri Utama, CLC Training, dan PT Asnet Data Solution. Anda dapat menghubungi saya melalui WA 0817-9662-311 atau email arga@polluxintegra.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.