Bisnis, Bisnis Umum

10 Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada, Wajib Anda Coba!

Selain modal, Anda memerlukan kreativitas di dalam membangun sebuah bisnis. Jika Anda bisa memunculkan ide bisnis kreatif yang jarang ada, semakin besar peluang produk Anda dilirik pembeli. Persaingan usaha mengikuti perkembangan teknologi semakin ketat.

10 Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada

Anda pasti pernah menjumpai bisnis yang kemunculannya hanya sesaat. Lalu segera kehilangan peminat. Hal ini tidak terlepas dari kurangnya pemilik bisnis melakukan inovasi. 

Baca juga

Untuk mempertahankan bisnis, Anda perlu memiliki ide-ide unik. Sebagai pembeda bisnis Anda dengan kompetitor lain. Berikut beberapa contoh usaha kreatif dan inovatif yang layak untuk Anda coba, antara lain:

1. Cemilan Unik

Bisnis cemilan terdengar sudah umum, namun selalu ada hal baru untuk menjadi pembeda dari produk kompetitor. Dari tahun ke tahun bisnis bidang ini tidak hentinya menumbuhkan ide unik. 

Ada saja jenis camilan sebagai ide bisnis kreatif yang jarang ada muncul sampai menjadi tren. Tidak menutup kemungkinan ide-ide menarik dalam bisnis cemilan ini bisa membawa produk Anda hingga ke luar negeri.

2. Katering Sehat

Jasa boga sudah ada sejak lama dan sangat umum. Sehingga beberapa orang melakukan inovasi . Salah satunya adalah katering sehat yang semakin banyak peminatnya.

Untuk sukses menggeluti bisnis dalam bidang ini, Anda harus membekali diri dengan pengetahuan mengenai kesehatan dan gizi. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menjalin kerjasama dengan ahli gizi.

3. Sayuran dan Makanan Siap Masak

Ide bisnis kreatif yang jarang ada selanjutnya adalah sayuran dan makanan siap masak. Terlebih di tengah masyarakat yang kian sibuk dengan pekerjaannya. Untuk bersantap di luar rumah seringkali menjadi kurang baik karena tidak bisa berhemat.

Sedangkan berbelanja juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi untuk menyiapkan bahan makanan sebelum memasak. Mengembangkan bisnis ini akan membantu konsumen karena hanya perlu langsung memasaknya saja.

4. Roti dan Kue

Usaha yang masih jarang tapi menguntungkan yang bisa Anda coba adalah usaha membuat roti dan kue. Banyak toko roti dan kue, serta perkembangan cukup signifikan.

Namun, jika Anda memiliki banyak kreasi baru, pelanggan tidak akan lari begitu saja. Rasa yang otentik dan beragam pilihan jenis roti tanpa pengawet bisa untuk dijalankan.

5. Barang Antik

Kalangan lanjut usia masih banyak yang ingin bernostalgia dengan kenangan-kenangan itu. Namun, tidak hanya digemari kaum lansia saja, barang antik juga menarik minat para kawula muda.

Sebelum Anda mengembangkan bisnis barang antik ini, terlebih dahulu berkumpul dengan komunitas kolektor. Anda bisa mengetahui barang apa saja yang banyak dicari.

6. Produk Daur Ulang

Sampah telah lama menjadi masalah lingkungan yang serius. Anda bisa berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan sekaligus menjalankan bisnis. Produk daur ulang dapat menghasilkan berbagai produk menarik, seperti kerajinan tangan.

Daur ulang sampah menjadi barang yang berdaya guna, sudah semakin banyak Anda temui sebagai ide bisnis kreatif yang jarang ada selanjutnya.

7. Rotan

Rotan sebagai bahan dasar kerajinan memang bukan hal baru lagi. Oleh karena itu, Anda perlu mengembangkan produk baru. Selain itu, bisa juga dilakukan pengembangan dari produk yang sudah ada sebelumnya.

8. Florist

Usaha florist merupakan ide bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis florist tidak berpatokan pada menjual bunga saja. Melainkan mendesain dan merangkai buket. 

Anda bisa memanfaatkan momen-momen istimewa dengan ide bisnis kreatif dan untuk menarik calon pembeli.

9. Souvenir Pernikahan Custom

Ide bisnis yang masih memiliki peluang salah satunya adalah souvenir pernikahan. Mengapa masih memiliki peluang? Anda sering melihat souvenir pernikahan yang itu-itu saja dan hanya mengikuti tren. 

Ini bisa menjadi kesempatan untuk Anda dengan ide bisnis anak muda yang masih fresh. Ide bisnis kreatif yang jarang ada di souvenir pernikahan bisa Anda jalankan untuk merebut peluang.

10. Clothing Line

Mengapa clothing line termasuk dalam daftar bisnis kreatif? Masih banyak ide-ide fresh dan unik mengisi bisnis ini. Anda bisa mengembangkannya mulai sekarang dengan atau tanpa pengetahuan di bidang fashion. 

Terkadang ide-ide out of the box memiliki nilai lebih dibandingkan desain pada umumnya. Konsep yang matang dan pembaruan yang Anda lakukan pasti akan mendapatkan hasil.

Mengapa Perlu Memikirkan Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada?

Berpikir kreatif akan membawa banyak kebaikan dalam hidup Anda. Hal ini merupakan bagian dari mendewasakan diri sembari menjalankan bisnis. Berikut beberapa alasan mengapa perlu memikirkan ide bisnis kreatif yang jarang ada, antara lain:

1. Menciptakan Solusi

Tak jarang sebagai pengusaha harus menghadapi beberapa tekanan dan tantangan selama menjalankannya. Jika Anda menyadari, bahwa setiap tantangan yang Anda hadapi akan membantu menciptakan solusi. 

Contohnya saja ide peluang usaha di musim pandemi sekarang ini. Proses berpikir akan membantu Anda mengasah proses kreativitas.

2. Menjadi Pembeda

Setiap individu pasti memiliki kemampuan tergantung pada situasi yang dihadapinya. Namun, setiap individu memiliki proses kreatif yang berbeda. 

3. Bersaing di Kompetisi yang Semakin Ketat

Hal yang wajar dalam hidup adalah menjalani sebuah persaingan. Pepatah yang kuat yang bertahan adalah situasi yang sebenarnya Anda hadapi. Melawan setiap tantangan dan menghadapi persaingan memerlukan kreativitas.

Cara Melatih Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Ada

Proses berpikir perlu dilatih untuk memunculkan ide bisnis kreatif yang jarang ada. Anda perlu menyimak cara-cara berikut ini:

1. Optimis

Untuk berpikir kreatif, Anda perlu menumbuhkan sikap optimis dalam setiap tindakan. Segala tantangan ada dalam berbisnis akan terlewati ketika pikiran dan mendorong terbentuknya sikap optimis sehingga Anda pantang menyerah.

2. Bertanya

Jangan takut untuk bertanya kepada yang lebih berpengalaman jika menghadapi situasi sulit yang belum pernah Anda alami. Banyak bertanya akan membuka peluang untuk mengetahui hal yang lebih banyak lagi.

Demikian juga dengan berpikir secara kreatif. Munculnya ide-ide terkadang berasal dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam pikiran Anda. Sehingga Anda lebih terperinci dalam mengolah setiap informasi yang Anda dapat.

3. Tinggalkan Pikiran yang Konservatif

Jangan khawatir jika Anda harus menerima sebuah perubahan. Terkadang perubahan tersebut akan ditanggapi sebagai ancaman. Untuk menjadi pribadi yang ingin memiliki kreativitas tinggi, tinggalkan pikiran konservatif yang berpatokan pada kondisi nyaman.

Menerima pemikiran yang lebih terbuka tanpa disadari akan merubah beberapa pemikiran Anda. Sikap lebih terbuka akan menghasilkan pikiran positif.

4. Menjaga Kualitas

Dunia bisnis akan terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Sebagai individu yang ingin berpikir kreatif, sebaiknya tidak mudah berpuas diri. Memperbaiki kualitas diri dengan terus memperbaiki diri akan berdampak positif.

Kualitas yang baik akan mencerminkan proses berpikir kreatif Anda. Semakin tinggi kualitas yang dihasilkan akan menuntut kualitas berpikir yang tinggi juga.


Ide bisnis kreatif yang jarang ada akan membantu Anda bertahan di dunia bisnis yang terus mengalami perkembangan. Terus gali potensi diri untuk memunculkan ide-ide inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.