Wawasan IT

7+ Web untuk Mencari Jurnal Indonesia dan Internasional

Web untuk mencari jurnal Indonesia dan internasional

Web untuk mencari jurnal ilmiah pasti dibutuhkan oleh mahasiswa. Dalam mengerjakan tugas atau skripsi, dosen biasanya meminta mahasiswa untuk mencari referensi di jurnal ilmiah. Tugas-tugas akademik memang tidak boleh menggunakan referensi sembarangan.

Semua universitas pasti menyediakan perpustakaan yang di dalamnya mahasiswa bisa mengakses koleksi jurnal ilmiah. Namun pada praktiknya, jurnal ilmiah yang tersedia di perpustakaan kampus biasanya kurang lengkap. Tak jarang mahasiswa harus mencari jurnal dari sumber lain.

Jika Anda mengalami hal serupa, beberapa situs di bawah ini akan sangat membantu Anda.

Web untuk Mencari Jurnal Nasional dan Internasional

Beruntung, internet menyediakan sumber daya yang luar biasa kaya untuk menunjang kegiatan akademik. Cukup dengan mengetikkan kata kunci di Google Search, jurnal yang Anda cari pun seketika terpampang di hasil pencarian.

Untuk memangkas waktu, Anda bisa langsung mengunjungi 9 website di bawah ini tanpa harus scrolling Google.

Web untuk Mencari Jurnal Indonesia

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PERPUSNAS)

Web untuk mencari jurnal Indonesia

PERPUSNAS adalah web untuk mencari jurnal rujukan utama mahasiswa se-Indonesia. Di sini, Anda bisa mendapatkan akses ke jurnal, ebook, dan referensi lainnya. Validitasnya tentu saja terjamin karena pihak PERPUSNAS sendiri yang melakukan verifikasi sebelum menambahkan jurnal ke koleksi.

Syarat untuk bisa memanfaatkan e-RESOURCES PERPUSNAS adalah nomor anggota yang sah. Jika Anda belum menjadi anggota, Anda bisa mendaftar dengan mengikuti Persyaratan Pendaftaran.

2. Garba Rujukan Digital (GARUDA)

GARUDA adalah web untuk mencari jurnal yang merupakan bagian dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Di bagian Journal / Conference, Anda bisa mengakses koleksi jurnal Garuda untuk keperluan riset, tugas, dan skripsi.

Saat artikel ini ditulis, total terdapat 14.432 jurnal yang bisa Anda pakai secara gratis. Situs ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk membuka akses akademis seluas-luasnya, khususnya bagi mahasiswa.

3. Indonesia Onesearch

Onesearch adalah web untuk mencari jurnal koleksi perpustakaan, museum, arsip, dan sumber online lainnya di bawah payung PERPUSNAS. Di dalamnya, Anda bisa menemukan jutaan koleksi referensi berkualitas yang terbuka untuk publik.

Saat artikel ini ditulis, Onesearch memiliki 10.272.824 entri unik. Untuk jurnal sendiri terdapat 1.510.032 entri. Dengan jumlah sebanyak ini, Anda bisa mencari referensi untuk tugas dan skripsi dengan lebih leluasa.

Onesearch telah bekerjasama dengan 2.552 institusi, 3.462 perpustakaan, dan 9,888 repositori. Fiturnya pun lengkap, meliputi:

  • Satu Interface Pencarian
  • Anti Duplikat
  • Pencarian Samping
  • Analisa Teks
  • Jendela Pencarian Lokal
  • Integrasi iPusnas
  • Pencarian Fulltext
  • Jejaring Pengetahuan

4. Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

ISJD adalah web untuk mencari jurnal milik PDDI-LIPI. Di website ini, Anda bisa mengakses 9.874 jurnal Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian. Jumlah artikel koleksi ISJD mencapai 401.299 artikel.

Pencarian ISJD bisa menggunakan 3 filter, yaitu berdasarkan judul, pengarang atau bidang. Di bagian bawah halaman, Anda bisa melihat statistik jumlah artikel dari tahun ke tahun.

Di bawahnya lagi, ada Sebaran Anggota dimana jumlah terbanyak adalah Mahasiswa S1 mencapai 9.753 anggota. Disusul dengan Top 10 Penerbit berdasarkan jumlah terbaca yang dipimpin oleh Universitas Brawijaya Jurusan Manajemen dengan jumlah 53.482 terbaca.

5. Moraref Kemenag

Moraref adalah web untuk mencari jurnal milik Kementerian Agama. Kepanjangan Moraref adalah Ministry of Religious Affairs Reference. Website ini khusus mengumpulkan koleksi jurnal bertema agama dari Universitas se-Indonesia.

Sejauh ini, Moraref memiliki koleksi mencapai 3.656 jurnal dan 107.281 artikel. Filter pencarian di Moraref sangat lengkap, meliputi:

  • Alfabet: A-Z.
  • Grade: M1, M2, M3, dan M4.
  • Subjek: Tarbiyah, Sosial, Humaniora, Sains & Teknologi, Ekonomi Islam, Syariah, Dakwah, Ushuluddin, Adab, dan Religion Studies.
  • Institusi: Universitas keagamaan se-Indonesia.

Web untuk Mencari Jurnal Internasional

1. Google Scholar

Web untuk mencari jurnal internasional

Google Scholar adalah web untuk mencari jurnal internasional milik Google Inc. Halaman utamanya sangat mirip dengan Google Search. Cara kerjanya pun sama, hanya saja Google Scholar khusus menampilkan hasil pencarian berupa jurnal ilmiah.

Di Google Scholar, Anda bisa menemukan jurnal dari Universitas se-dunia. Nama besar Google menjadikannya andalan hampir segala urusan, termasuk dalam aktivitas akademik.

2. Directory of Open Access Journal (DOAJ)

DOAJ adalah web untuk mencari jurnal terbesar di dunia. Statistik di bawah ini menunjukkan betapa besarnya DOAJ di kancah jurnal internasional.

  • 80 bahasa
  • 130 negara
  • 12.278 jurnal tanpa AFC (biaya publikasi)
  • 17.562 jurnal
  • 7.359.979 artikel

Dengan jumlah sebanyak ini, Anda bisa mendapatkan lebih banyak referensi dari deretan Universitas terkemuka di dunia. Walaupun berdiri secara independen, DOAJ terbukti mampu menandingi sumber jurnal online lain, bahkan yang dinaungi institusi resmi sekalipun.

82% jurnal DOAJ didapatkan dari organisasi akademis. Seluruh layanan DOAJ bisa Anda pakai 100% gratis karena pemasukan DOAJ murni berasal dari donasi.

3. Dimensions

Dimensions adalah web untuk mencari jurnal global yang unggul dalam hal analitik. Dari tampilannya saja Anda bisa langsung merasakan aura analitik yang khas. Jumlah koleksi Dimensions juga sangat lengkap, yaitu:

  • 126.365.777 publikasi
  • 11.356.639 dataset
  • 6.156.150 hibah
  • 144.315.833 paten
  • 696.931 uji klinis
  • 743.138 dokumen kebijakan

Ratusan juta referensi di Dimensions bisa Anda akses dengan filter yang lengkap. Anda bisa mencari referensi berdasarkan pilihan filter berikut:

  • Tahun publikasi
  • Peneliti
  • Kategori peneliti
  • Tipe publikasi
  • Judul sumber
  • Daftar jurnal
  • Akses terbuka

Pada setiap pilihan filter, terdapat banyak subfilter agar Anda bisa mencari jurnal dengan lebih spesifik. Dengan fitur ini, Anda tidak akan tersesat di koleksi jurnal raksasa milik Dimensions dan bisa menemukan apa yang Anda cari dengan lebih cepat.

4. Science.gov

Science.gov adalah web untuk mencari jurnal milik U.S. Federal Science. Website ini bekerja sebagai search engine yang akan menelusuri 60+ database dan 2.200+ website ilmiah milik 13 agensi federal. Pencarian Science.gov bisa menampilkan hingga 200+ juta hasil.

Sesuai namanya, Science.gov memang fokus pada Sains. Di bagian Topic Pages, Anda bisa mencari jurnal berdasarkan indeks topik dari A sampai Z. Anda harus ekstra sabar karena daftar topik yang ada di website ini sangatlah panjang.

Cara Melihat Kredibilitas Jurnal

Untuk referensi tugas dan skripsi, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan jurnal dari internet. Validitas jurnal dan sumbernya harus Anda pastikan terlebih dahulu.

Dari segi website, Anda bisa melihat kredibilitasnya dari jenis instansi yang menaunginya. Jurnal yang Anda dapatkan dari PERPUSNAS sudah pasti kredibel karena telah melalui verifikasi oleh pemerintah.

Untuk website yang tidak terlalu Anda kenali, kredibilitas bisa Anda periksa dari ekstensi domain. Menurut Ditjen Dikti, website ilmiah yang kredibel biasanya menggunakan ekstensi .ac, .edu, .gov, dan .org.

Lalu untuk memeriksa kredibilitas jurnal nasional, Anda bisa menggunakan Science and Technology Index (SINTA). Akreditasi SINTA diurutkan dari peringkat SINTA 1 sampai SINTA 6.

Sedangkan untuk jurnal internasional. Kredibilitasnya bisa Anda cek di Scimago Journal & Country Rank (SJR). Peringkat jurnalnya terbagi dari Quartile 1 sampai Quartile 4.

Itulah beberapa web untuk mencari jurnal ilmiah nasional dan internasional untuk tugas kuliah dan skripsi.

Published by Ahmat Roihan

Experienced SEO content writer & copywriter, digital marketing enthusiast, tech savvy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.