Trivia

3 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Dana Pensiun dengan Baik

Barangkali, sudah dari sekarang Anda menabung dan melakukan investasi secara rutin. Dengan begitu kelak dapat menikmati masa tua atau pensiun dengan nyaman dan tenang.

Namun tahukah Anda bahwa tabungan atau investasi yang telah dilakukan bertahun-tahun tersebut bisa saja berkurang atau bahkan hilang? Belum lagi pertanyaan tentang apakah jumlah dana pensiun yang Anda kumpulkan tersebut cukup untuk masa tua nanti?

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang tanda-tanda bahwa Anda telah mempersiapkan dana pensiun dengan baik. Tentu saja tulisan ini bersumber dari berbagai sudut pandang akademis dan peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di berbagai negara.

Sebenarnya terdapat cara yang cukup mudah untuk mengetahui apakah Anda sudah mempersiapkan dana pensiun dengan benar atau tidak. Nah, untuk detail bagaimana menyiapkan dana pensiun dengan baik, silahkan dibaca lebih jauh lagi ya.

3 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Dana Pensiun dengan Baik

1. Menabung dengan Konsisten

Menabung adalah salah satu upaya paling awal untuk menyiapkan dana pensiun. Apalagi jika Anda menabung secara konsisten terus-menerus, maka Anda sudah berada di jalur yang tepat.

Dengan menyisihkan sebagian pemasukan dalam satu bulan untuk ditabung, maka setiap bulannya akan terus bertambah. Dengan begitu uang yang terkumpul di masa tua nanti akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, perlu diketahui juga bahwa menabung memiliki satu musuh utama, yaitu inflasi. Inflasi berarti terjadinya perubahan nilai mata uang. Mungkin uang tabungan Anda dalam satu bulan senilai satu juta cukup besar di tahun ini, tapi beluim tentu memiliki nilai yang sama 10 tahun mendatang. Oleh sebab itu, menabung saja tidak cukup.

Dikutip dari Ideavone, setiap tahunnya Indonesia mengalami inflasi kurang lebih 5%. Hal tersebut menjadi alasan utama mengapa nilai barang di Indonesia cenderung naik setiap tahunnya.

Kunjungi supermarket bangunan dari Roma Bangunan untuk mendapatkan produk-produk rumah tangga terbaik.

2. Melakukan Investasi

Tanda kedua yang menunjukkan Anda telah menyiapkan dana pensiun dengan baik adalah investasi. Berbeda dengan menabung, melakukan investasi ini cenderung profit-oriented.

Dalam melakukan investasi, Anda harus melihat apakah investasi tersebut bisa mendapatkan profit atau tidak. Di sinilah perbedaan kedua antara menabung dan investasi, dimana jika menabung musuh utamanya adalah inflasi, sedangkan investasi memiliki tingkat risiko yang relatif lebih tinggi karena bisa mengalami kerugian.

Meskipun memiliki risiko, investasi adalah cara terbaik untuk menyiapkan dana pensiun. Hal tersebut dikarenakan dengan investasi Anda tidak perlu lagi bingung dengan inflasi dan sebagainya.

Oleh sebab itu, Anda perlu belajar mengenai investasi agar dapat memperoleh profit yang banyak. Bukan malah sebaliknya, kehilangan banyak uang.

3. Tidak Pernah Menggunakan Dana Pensiun

Nyatanya, ada banyak orang yang menarik dana pensiun dari rekening hanya untuk menutupi biaya dan kebutuhan lainnya. Kebiasaan seperti itu adalah jalan pintas kegagalan dalam menyiapkan dana pensiun Anda, karena dapat menghilangkan potensi pertumbuhan investasi.

Mau tidak mau, Anda harus mengubah kebiasaan kurang baik tersebut. Jika Anda sudah melakukan hal tersebut, maka segeralah untuk memperbaiki manajemen keuangan tabungan pensiun Anda.

Join grup Telegram Teknovidia yuk! Dan dapatkan insight serta koneksi baru di Industri Software & Informatika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *