5 Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2, Mana yang Unggul?

teknovidia.comPerbedaan Nintendo Switch V1 dan V2 – Nintendo yang tak habis jamannya oleh waktu masih menjadi game yang disukai banyak orang didunia. Pabrikan juga terus memberikan pembaharuan kepada produk mereka, dan juga menawarkan versi perangkat lama yang ditingkatkan. Contohnya pada Nintendo Switch yang mendapatkan berbagai macam update di versi yang kedua.

Kamu ingin punya konsol game ini tapi merasa kebingungan mau pilih versi yang mana? Jangan khawatir. Dibawa ini kami akan membantu Anda supaya paham perbedaan antara Nintendo Switch V1 dan V2, dari segi harga, tampilan, dan juga spesifikasi yang dimiliki. Yuk simak sampai selesai!

Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2

Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2

Anda tak akan melihat banyak perbedaan dalam penampilan keduanya. Namun pihak pabrikan, Nintendo Co., Limited, telah memberi  banyak sekali  upgrade dibandingkan versi sebelumnya yang dirilis pada tahun 2017 kemudian dengan Switch V2 2021.

Perbedaan dari kedua versi itu terletak pada spek drive serta fitur ketika digunakan untuk bermain. Namun yang unik, untuk harga nintendo swicth yang lebih baru ini jauh lebih murah dari versi sebelumnya. Perbedaan antara Nintendo Switch V1 dan V2 adalah sebagai berikut.

1. Prosesor menjadi lebih canggih

Perbedaan pertama adalah pengoperasian semua fungsi konsol. Nintendo Switch V1 menggunakan prosesor Nvidia Tegra X1 dengan kecepatan clock 1 GHz. Sedangkan versi terbarunya, Nintendo Switch V2 menggunakan Nvidia Tegra X1+ dengan clock speed 1,7 GHz.

Memperbarui chipset inti dari kedua konsol ini akan membuat Switch V2 lebih responsif dan lebih cepat. Ini juga memungkinkan game berjalan lebih lancar dari versi sebelumnya.

2. Tampilan dan pilihan warna

Meski mirip, desain Nintendo Switch V2 sedikit berbeda dengan V1. Perbedaannya adalah logo Nintendo ditambahkan yang ada di bagian belakang dan warna bagian atas dan bawah konsol diubah.

Selain itu, Switch V2 memiliki Joy-Con atau control unit dengan pilihan warna yang berbeda. Muncul dalam warna biru-merah khas Nintendo dan warna perak yang tersembunyi. Memindahkan antena Switch V2 ke lokasi lain. Menariknya, ini memiliki efek positif pada konektivitas kontrol.

3. Daya Tahan Baterai

Perbedaan paling mencolok antara Nintendo Switch V1 dan V2 adalah besaran kapasitas dari baterainya. Menurut yang dikatakan dari situs web Nintendo, Switch V1 bisa tahan sampai antara 2,5 dan 6,5 jam, serta Switch V2 bisa tahan sekitar 4,5 jam sampai 9 jam.

Ada pembahasan komparatif Nintendo Switch V1 dan V2 di beranda iMore. Eksperimen itu telah dilakukan saat sedang memainkan The Legend of Zelda: Breath of the Wild, yang telah dikatakan banyak orang sebagai game konsol yang terbanyak dalam mengkonsumsi isi baterai alias boros baterai. Mereka memberikan kecerahan yang serupa dan settingan yanglainnya, SwitchV1 bisa tahan kurang lebih 3 jam sedangkan Switch V2 bisa tahan kurang lebih sekitar 5,5 jam.

4. Pembaruan fitur

Nintendo Switch V2 juga mempunyai fitur yang lebih banyak jika dibandingkan dengan V1. Salah satu pembaruan fitur ini ialah Bluetooth 5.0, yang bagus untuk menyambungkan ke alat lain contohnya headset bluetooth.

Dengan Bluetooth versi yang paling baru yang bisa mendukung Switch V2, kecepatan koneksinya lebih cepat dan itu jauh sekali. Dan juga memiliki berbagai koneksi yang bisa digunakan.

5. Harga

Melihat harga saat ini (Januari 2023), harga Nintendo Switch V2 lebih mahal dari V1. Ini karena perbedaan spesifikasi yang menjadi lebih baik di versi kedua dan waktu rilis V2 yang jauh lebih baru.

Namun, jika dibandingkan dengan harga peluncurannya, kedua produk tersebut tidak berbeda jauh. Saat peluncuran, Switch V1 dan Switch V2 dibanderol hanya US$299,9 atau sekitar Rp4,7 juta. Saat ini Switch versi sebelumnya sudah beredar di pasaran dengan kisaran harga Rp2,5 juta.


Mengingat Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2, versi yang paling baru ini menjadi pilihan tepat bagi pengguna yang menginginkan konsol game dengan fitur lebih baik. Spesifikasi yang lebih tinggi dan waktu bermain yang lebih lama merupakan poin plus yang jelas. Tetapi jika keduanya bukan masalah Anda, Nintendo Switch V1 masih merupakan opsi yang layak.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA