Perbedaan MP3 Dan MP4 Yang Perlu Diketahui

Teknovidia.com – Seseorang tidak dapat membandingkan Perbedaan MP3 Dan MP4 tanpa menyebutkan bahwa kedua sistem file media tersebut terkait dalam banyak hal. Meskipun filenya hampir identik, perbedaan satu digit antara file MP3 serta MP4 terletak pada cara konten dikompresi di file.

Artikel ini membahas tentang MP3 vs MP4 yang harus tahu , Namun untuk memahami mengapa kedua file ini menjadi begitu populer, Anda harus terlebih dahulu memahami cara pembuatannya.

Berikut Perbedaan MP3 Dan MP4

perbedaan mp3 dan mp4

 

Apa itu MP3?

MP3 ialah singkatan dari MPEG-1 Audio Layer 3. Ini ialah format penyandian audio standar IEC serta ISO dari tahun 1994 yang memakai kompresi lossy.

Insinyur Eropa yang bekerja dalam program penelitian radio digital mengembangkan sistem MP3 pertama pada tahun 1991. MP3 tersedia untuk umum pada Juli 1994 dengan enkoder 13enc.

Namun, ekstensi nama file .mp3 tidak diperkenalkan hingga setahun kemudian untuk menggantikan ekstensi .bit pada saat itu.

Teknik kompresi lossy yang digunakan oleh MP3 menjadi sangat populer dengan dirilisnya sistem file MP3. Ini karena teknologi kompresi sangat mengurangi data dalam rekaman audio MP3 tanpa mengurangi kualitas audio.

Dibandingkan dengan CD audio pada masa itu, MP3 memakai trik psikologis untuk mencapai ukuran file yang lebih kecil yang memakai lebih sedikit memori tetapi memberikan kualitas keluaran yang lebih baik.

Perangkat yang memutar file MP3 telah terbukti memakai daya yang lebih baik daripada perangkat CD serta DVD.

Apa itu MP4?

Perbedaan MP3 Dan MP4 , MP3 ialah singkatan MPEG-1 Layer 3, sementara MP4 ialah singkatan MPEG-4 Bagian 14.

Tidak seperti file MP3 yang cuma menyimpan konten audio, MP4 salah satu file kontainer yang dapat menyimpan berbagai jenis konten termasuk audio, video, serta data.

Fleksibilitas ini, file dalam format MP4 tidak sepopuler MP3. File MP4 dapat berisi segala bentuk data, sehingga sulit untuk mengidentifikasi file berdasarkan nama.

MP4 pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2002 serta dengan cepat mendapatkan popularitas berkat iPod Apple yang memutar file MP4.

Munculnya pemutar media, multimedia, serta smartphone telah menjadikan MP4 sebagai jenis file media utama untuk konten video.

Bagaimana MP3 dan MP4 Menyimpan Data

Perbedaan MP3 Dan MP4 dalam menyimpan data , file MP4 menawarkan cara terbatas untuk menangani file yang disandikan. Ini hal mengapa file MP4 belum sepopuler file MP3.

Aplikasi yang memutar file MP4 harus bergantung pada codec tertentu (coder serta decoder) untuk menentukan bagaimana file dikodekan serta bagaimana mendekode serta mendekompresinya.

Sebagian besar file MP4 mempunyai aliran audio MP3 yang sering diputar bersama konten dalam format lain. Misalnya, file dapat berisi subtitel video MPEG-4 Bagian 10 serta MPEG-4 Bagian 2, audio MP3, serta Teks Berwaktu MPEG-4.

Namun, karena ini bukan file melainkan hanya wadah, file media MP4 dapat berisi lapisan suara dalam berbagai format seperti ALAC, TTSI, AAC, SLS, atau ALS.

Perbandingan mp3 vs mp4

Perbedaan MP3 Dan MP4 , Kesamaan antara file MP4 dan file MP3 melampaui namanya. Keduanya disertifikasi dengan standar internasional untuk format audio serta video. Namun, ada perbedaan penting antara kedua sistem file yang harus diketahui semua orang.

Penting untuk dicatat bahwa ukuran file media MP3 vs MP4 terutama bergantung pada resolusi media. Misalnya, untuk file audio MP3, semakin tinggi bit rate, semakin besar ukuran file serta sebaliknya.

Untuk file MP4, resolusi video serta format lapisan suara yang lebih tinggi menentukan ukuran akhir file. Kompresi yang lebih baik berarti file yang lebih kecil serta waktu baterai yang lebih baik pada perangkat pemutaran kalian.

Setiap orang memakai file MP3 dengan satu atau lain cara setiap hari. Kemungkinan Anda memakai file MP3 saat mendengarkan podcast, membuat daftar putar lagu favorit, atau menyetel nada dering.

File MP3 ideal untuk merekam file audio, sedangkan konten video lainnya seperti film, klip video, serta rekaman kamera dapat disimpan sebagai file MP4.

Ditingkatkan dengan teknologi kompresi yang digunakan dalam file MOV QuickTime Apple, MP4 ialah file media serbaguna yang dapat diputar di sebagian besar pemutar media di semua platform.

Ingin tahu mana yang terbaik untuk digunakan, MP3 atau MP4? Perbedaan MP3 Dan MP4 , Format file yang tepat bergantung pada sifat media tempat kalian ingin menyimpannya. Jika kalian ingin mengonversi format file antara MP3 serta MP4, kalian dapat memakai Movavi Video Converter.

Ini ialah pengonversi video yang mudah digunakan namun kuat yang mengonversi file MP3 ke MP4 serta sebaliknya.

Akhir Kata.

Artikel diatas membahas tentangĀ Perbedaan MP3 Dan MP4 , mp3 vs mp4 . Semoga artikel ini dapat membantu , Terimakasih .

Leave a Comment