Wawasan IT

7 Pekerjaan dengan Gaji Fantastis Lulusan Ilmu Komputer dan IT

gaji ilmu komputer it

Ilmu komputer dan Information Technology (IT) telah berkembang secara signifikan dalam satu dekade terakhir. Tentunya banyak peluang kerja yang kini jadi primadona bagi lulusannya. Oleh karena itu, pada artikel ini, Teknovidia akan mengulas beberapa pekerjaan dengan gaji fantastis lulusan Ilmu Komputer dan IT di mancanegara.

Dilansir dari laman computer.org, berikut tujuh bidang pekerjaan yang disebut sangat menggiurkan itu:

1. Software Developer

Dalam kesehariannya, pengembang perangkat lunak akan menghabiskan waktunya untuk mengembangkan aplikasi populer untuk keperluan bisnis ataupun hiburan.

Di luar negeri, seorang pengembang perangkat lunak bahkan bisa memiliki gaji pokok rata-rata sekitar $73.000 per tahun atau sekitar Rp87,5 juta per bulan.

Mereka bekerja dengan Python, C++, Java, atau bahasa pemrograman populer lainnya. Selain itu, mereka juga dituntut untuk tidak hanya memahami seluk-beluk pemrograman, tetapi juga memahami bagaimana mengembangkan suatu produk dari awal hingga akhir.

Memulai karir dalam pengembangan perangkat lunak, bisa dimulai dengan mempelajari bahasa pemrograman atau dengan mengikuti bootcamp.

2. Mobile App Developer

Pengembangan aplikasi adalah bagian dari pengembangan perangkat lunak yang tumbuh cukup pesat.

Jika Anda pernah ingin mengembangkan aplikasi atau game seluler Anda sendiri, pengembangan aplikasi seluler mungkin bisa Anda pilih.

Pengembang aplikasi seluler biasanya berpengalaman baik di iOS maupun Android.

Gaji pengembang aplikasi seluler di mancanegara rata-rata sekitar $97.000 per tahun atau sekitar Rp116,3 juta per bulan.

Anda tentu saja dapat memulai karir di bidang ini dengan mempelajari seluk-beluk mobile app development kit.

3. Research Scientist

Banyak pakar menyebut bahwa prospek pekerjaan untuk ilmuwan riset pun berkembang pesat, dengan pertumbuhan 22% dari 2020 hingga 2030.

Di luar negeri, gaji rata-rata untuk ilmuwan periset komputer dan teknologi informasi ada di kisaran $126.000 per tahun, atau sekitar Rp151,1 juta per bulan.

Ini tentu merupakan pekerjaan menjanjikan karena selain gajinya besar, lulusan ilmu komputer pun bisa menyalurkan passion-nya dalam dunia penelitian.

Tertarik? Jika Anda berminat dengan bidang ini, maka mulailah pekerjaan Anda sebagai ilmuwan riset dengan mempersempit lingkup studi Anda karena biasanya peneliti punya spesialisasi pada penelitian tertentu.

4. Security Analyst

Analis keamanan dipekerjakan di setiap industri untuk memastikan sistem diamankan dengan benar.

Analis keamanan junior dapat bekerja dengan end-user guna memastikan perangkat mereka aman, sementara analis keamanan senior dapat menganalisis sistem yang lebih kompleks seperti misalnya sistem perbankan.

Di mancanegara, gaji rata-rata analis keamanan junior bisa mencapai $70.000 setahun atau sebesar Rp83,9 juta per bulan.

Analis keamanan biasanya memulai karir mereka dengan pengalaman kerja dan sertifikasi Cisco, Microsoft, atau CompTIA.

Analis keamanan dipekerjakan di setiap industri untuk memastikan sistem diamankan dengan benar.

Analis keamanan junior dapat bekerja dengan end-users guna memastikan perangkat mereka aman, sementara analis keamanan senior dapat menganalisis sistem yang lebih kompleks seperti misalnya sistem perbankan.

Di mancanegara, gaji rata-rata analis keamanan junior bisa mencapai $70.000 setahun atau sebesar Rp83,9 juta per bulan.

Analis keamanan biasanya memulai karir mereka dengan pengalaman kerja dan sertifikasi Cisco, Microsoft, atau CompTIA.

5. System Architect

Apakah Anda ingin membangun sebuah sistem yang dapat digunakan oleh semua orang?
System Architect harus punya pengetahuan mendalam tentang teknologi komputasi.

Arsitek sistem biasanya mendapatkan penghasilan rata-rata $155.000 per tahun atau sebesar Rp185,9 juta per bulan.

Oleh karena mereka adalah para profesional yang sangat berpengalaman, seorang arsitek sistem biasanya memulai kariernya dengan menjadi analis sistem junior, dengan sertifikat dari Microsoft dan lain sebagainya.

6. AI Engineer

Kecerdasan buatan ada dimana-mana saat ini, itulah sebabnya masuk akal jika di luar negeri, gaji seorang AI Engineer dapat mencapai $119.000 per tahun atau sekitar Rp142,8 juta per bulan.

Anda pun bisa mendapatkan gaji yang lebih banyak lagi jika Anda naik level ke machine learning engineer atau menjadi seorang senior machine learning engineer.

Untuk menjadi machine learning AI engineer, Anda dapat memulainya dengan menjadi ilmuwan data atau programmer, dan tentunya juga ada bootcamp yang dapat membantu Anda naik level.

7. Video Game Developer

Anda juga dapat mengejar pekerjaan impian dengan berkecimpung dalam desain game.

Di Amerika, gaji rata-rata untuk seorang pengembang game adalah sekitar $71.000 per tahun atau sebesar Rp85,2 juta per bulan.

Terjun ke bidang ini, tentu akan membawa Anda bekerja berjam-jam, namun pada akhirnya, Anda akan memiliki karya yang sangat Anda banggakan.

Pengembang video game adalah programmer yang fokus pada prinsip-prinsip desain dan pengembangan game.

7 bidang pekerjaan ini hanyalah beberapa dari pekerjaan paling populer untuk lulusan ilmu komputer dan IT.

Masih ada arsitek jaringan, penetration tester, penguji jaminan kualitas, database administrator, dan masih banyak lagi. Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published.