List Software Terbaik, Panduan & Tips Software, Software

Password Manager: Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Terbaik

Password manager adalah sebuah aplikasi yang sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Di era transformasi digital yang sangat masif ini, pasti Anda akan kesulitan untuk mengingat password dari berbagai akun yang Anda miliki.

Masalah ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah menggunakan aplikasi password manager. Tapi mengingat informasi yang akan disimpan di password manager adalah informasi yang sangat rahasia, maka Anda perlu waspada dalam memilih dan menggunakan aplikasi password manager.

Pada artikel ini Teknovidia akan membahas apa itu password manager, apa itu fungsinya, dan memberikan rekomendasi aplikasi password manager terbaik.

Apa itu Password Manager?

Apa itu password manager? Password manager adalah sebutan untuk sebuah aplikasi yang bisa menyimpan data berupa username dan password untuk berbagai keperluan login. Mulai dari email, jejaring sosial, e-commerce, m-banking, dan akun-akun lainnya.

Password manager biasanya tersedia dalam bentuk extension pada web browser maupun aplikasi mobile yang bisa di-install pada gadget yang Anda gunakan.

Dengan menggunakan password manager Anda bisa menggunakan kombinasi password yang rumit tanpa takut lupa. Anda juga bisa membuat password yang berbeda pada setiap akun sehingga mengurangi kemungkinan password Anda mudah ditebak orang lain.

Lalu bagaimana bisa password manager begitu ampuh dalam mengelola password Anda?

Anda bisa membayangkan kalau password manager itu layaknya sebuah brankas yang aman dan kuat. Semua password Anda dijadikan dalam satu tempat dan dikunci oleh protokol super canggih bernama Advanced Encryption Standard (AES) 256 bit.

Anda hanya memerlukan satu kata kunci sebagai master untuk membuka brankas yang berisi sekumpulan password Anda yang berharga.

Jadi Anda hanya butuh untuk mengingat satu kunci untuk mengetahui seluruh kata kunci yang Anda miliki. Praktis, kan?

Tidak hanya itu, beberapa password manager memiliki keunggulan untuk melakukan pengisian otomatis.

Fungsi Password Manager

Sesuai namanya, fungsi utama dari password managar tentu saja untuk memudahkan penggunanya dalam mengelola password untuk berbagai jenis akun sehingga proses login dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Jika Anda meng-install dan menggunakan password manager dengan baik, maka Anda tidak perlu takut lagi kehilangan akun karena lupa password.

Rekomendasi Aplikasi Password Manager Terbaik

Nah, berikut ini Teknovidia telah merangkum beberapa aplikasi password manager terbaik yang aman dan dapat Anda percaya untuk menyimpan password.

1. LastPass

LastPass adalah salah satu pelopor aplikasi password manager yang telah digunakan oleh lebih dari 25 juta pengguna di seluruh dunia.

Keunggulan utama dari LastPass adalah melimpahnya fitur dalam versi gratis. Di LastPass Anda bisa menyimpan password dalam jumlah yang tidak terbatas, terhubung dengan banyak perangkat sekaligus, dan juga tambahan keamanan melalui scan fingerprint MFA.

Tak hanya itu, tampilan dari LastPass sangat memanjakan mata para penggunanya. Bahkan bisa dikatakan jika versi extension-nya memiliki UI / UX yang sangat baik.

Harga LastPass

  • Gratis 
  • Premium: $3 / bulan
  • Families: $4 / bulan
  • Business: mulai $3-$8 / pengguna 

Keunggulan LastPass

  • Versi gratis yang cukup baik.
  • Bisa login dengan sidik jari dan wajah.
  • Tampilannya baik.

2. 1Password

1Password juga merupakan salah satu penyedia layanan pasword manager tertua yang ada di pasaran. Password manager ini memiliki banyak fitur unggulan sehingga banyak digunakan oleh pengguna.

Tidak seperti LastPass, kekurangan dari 1password adalah hanya tersedia dalam versi berbayar dan hanya menyediakan free trial selama 14 hari.

1Password memiliki banyak fitur canggih, seperti watchover yang bisa memberitahu Anda jika data pribadi bocor di jagad maya. Ada juga fitur Travel Mode yang bisa menghapus sementara data pribadi Anda jika sedang berpergian, sehingga data Anda lebih aman jika perangkat Anda hilang dalam perjalanan.

3. Bitwarden

Selanjutnya, ada Bitwarden sebagai penyedia layanan password manager yang dapat Anda perhitungkan untuk digunakan.

Bitwarden memiliki fitur standar yang cukup lengkap, mulai dari penyimpanan password dan username yang tidak terbatas, dapat terhubung ke berbagai perangkat, hingga bisa menyimpan password secara offline dan terenkripsi.

Tak hanya itu, Bitwarden juga memiliki fitur unggulan seperti kode OTP enam digit, 2FA, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menggunakan layanan ini dalam versi gratis. Namun, jika Anda ingin menggunakan fitur unggulan Anda harus membeli versi premiumnya.

Tak perlu khawatir, harga Bitwarden Premium termasuk yang terjangkau, jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

4. RoboForm

RoboForm adalah password manager terbaik selanjutnya. RoboForm memiliki kemampuan autofill yang sangat baik. Tak hanya fitur autofill password, RoboForm juga bisa melakukan autofill ke berbagai formulir yang cukup kompleks.

Fitur ini sangat berguna jika Anda sering mengisi formulir secara online untuk memasukkan info tentang data diri. Dengan menggunakan RoboForm, pengguna bisa mengisi seluruh data diri hanya dengan satu klik saja. Formulir akan terisi secara otomatis sesuai data yang telah Anda siapkan sebelumnya.

5. Keeper

Selanjutnya ada Keeper, salah satu penyedia password manager terbaik. Namun, sayangnya password manager ini tidak menyediakan versi gratis.

Namun, hal ini wajar mengingat fitur premium yang ditawarkan oleh penyedia layanan password manager ini sangat lengkap dan didukung oleh keamanan tingkat tinggi.

Fitur yang ditawarkan oleh Keeper di antaranya adalah penyimpanan password dan sinkronisasi tak terbatas, enkripsi AES 256 bit, protokol Zero-Knowledge, dan MFA hingga aplikasi bertukar pesan bernama KeeperChat.

Salah satu yang kekurangan atau pun sekaligus bisa dikatakan sebagai keunggulan dari Keeper adalah password manager ini hanya bisa digunakan lewat sidik jari saja.

6. Dashlane

Dashlane merupakan layanan penyedia password manager yang dirilis pada tahun 2012 silam. Dengan cepat Dashlane menjadi password manager terbaik di pasaran.

Dashlane menawarkan kualitas keamanan yang termasuk dalam kategori terbaik, seperti enkripsi AES 256 bit, protokol Zero-Knowledge, dan 2FA.

7. StickyPassword

Jika Anda ingin menggunakan layanan password manager yang tidak terlalu rumit, StickyPassword adalah jawabannya.

StickyPassword adalah password manager yang sederhana dengan fitur yang sudah dibekali dengan enkripsi AES 256 bit.

Nah, itu tadi pembahasan tentang apa itu password manager dan beberapa rekomendasi password manager terbaik.

Artikel tentang Software Bisnis Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.